FUN GAMES PENGEMBANGAN DIRI SDN 69 BATU TIROA

Cayati Cayati, Jusmawati Jusmawati, Baharuddin Hafid, Sri Evi, Rian Mansyur

Abstract


Pembelajaran yang menyenangkan akan selalu menggugah rasa ingin tahu siswa terhadap sesuatu, sebuah game edukasi diharapkan dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, bermakna, dinamis dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh permainan tradisional dalam mengembangkan kecerdasan jamak anak usia dini Bermain itu menyenangkan, belajar melalui permainan memungkinkan seorang anak untuk optimal. Pembentukkan karakter atau kepribadian disiplin peserta didik harus ditanamkan sejak dini, baik dilingkungan keluarga, masyarakat maupun sekolah. Upaya sekolah dalam menerapkan atau menanamkan sikap disiplin tersebut adalah melalui kegiatan kokurikuler dan atau ekstrakurikuler. Pendidikan karakter merupakan pondasi untuk masa depan dan pendidikan karakter anak sebagai landasan penerapan disiplin untuk tolok ukur anak berperilaku. Disiplin menjadi salah satu tujuan dari adanya pembentukan karakter baik seseorang atau peserta didik. Adanya kedisiplinan yang tertanam pada diri seseorang melahirkan suatu sikap tanggung jawab yang besar. Baik tanggung jawab pada diri sendiri maupun tanggung jawab pada orang lain. Disiplin menjadi salah satu tujuan dari adanya pembentukan karakter baik seseorang atau peserta didik. Adanya kedisiplinan yang tertanam pada diri seseorang melahirkan suatu sikap tanggug jawab yang besar. Baik tanggung jawab pada diri peserta didik merupakan perwujudan dan tercapainya salah satu tujuan pendidikan. disiplin merupakan perilaku yang menunjukkan kepatuhan seseorang terhadap suatu tatanan tertentu melalui aturan yang berlaku. penting dalam menentukan kesuksesan belajar peserta didik dan banyak manfaat lain yang dapat diambil apabila peserta didik menerapkan kedisiplinan. Pembentukkan karakter atau kepribadian disiplin peserta didik harus ditanamkan sejak dini, baik dilingkungan keluarga, masyarakat maupun sekolah. Upaya sekolah dalam menerapkan atau menanamkan sikap disiplin tersebut adalah melalui kegiatan kokurikuler dan atau ekstrakurikuler.


Keywords


Fun Games, pengembangan Diri Pada Anak

Full Text:

PDF

References


Sintia, N. (2018). Pengembangan Kemampuan Sosial Anak Melalui Outbound Umur 4-5 Tahun Di Tk As-Sallam 1 Sukarame Bandar Lampung. [Skripsi]. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Rizal, AYC. (2017). Model Permainan Outbound untuk Meningkatkan Teamwork Anak Berkebutuhan Khusus di Kelas Tinggi di SD Luar Biasa PKK Provinsi Lampung. [Skripsi]. Lampung: Universitas Lampung.

Wahjoedi, dkk. (2017). Model Pengembangan Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Berbasis Outbound di Kota Singaraja.

Abidin, Y. (2016). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.

Evayanti, Dewi. 2018. Pendidikan Karakter Disiplin Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan di SDN Gendongkuning. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 33 (7), 302-303.

Jusmawati Jusmawati, Bellona Mardhatillah Sabillah (2023). Pemberdayaan Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 4 Dalam Peningkatan Kemampuan Literasi Baca Tulis (CaLis) Di SD Negeri Batulaccu.

Mislia, Mahmud dan Manda. 2016. The Implementation of Character Education throught Scout Activities. International Education Studies, 9 (6), 130-138.

Juwantara, Ridho Agung. 2019. Efektivitas Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Menanamkan Karakter Jujur Disiplin dan Tanggung Jawab Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Premier Educandum. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 9 (2), 160-171.

Kristi, Cenya dan Suprayitno. 2020. Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di UPT SD Negeri 18 Gresik. JPGSD, 8 (3), 569-580.

Larasati, Eki Dwi. 2017. Pendidikan Karakter Mandiri Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5 (6), 387.

Pratiwi, W. (2017). “Konsep Bermain Pada Anak Usia Dini”. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Volume 5, Nomor 2, hlm 106-117.

Nur, H. (2013). “Membangun Karakter Anak Melalui Permainan Anak Tradisional”. Jurnal Pendidikan Karakter, Volume III, Nomor 1.

Iswatiningsih, D. (2019). “Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal di Sekolah”. Jurnal Satwika, Volume 3, Nomor 2, hlm 155-164.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i6.2027-2033

Refbacks

  • There are currently no refbacks.