PENDIDIKAN TAUHID MELALUI KITAB HIMPUNAN PUTUSAN TARJIH DI DESA GIRI

Mohammad Ahyan Yusuf Sya'bani

Abstract


Desa Giri yang berada di kawasan kabupaten Gresik setidaknya memiliki banyak potensi yang bisa diwujudkan sebagai desa mandiri, berdikari, dan berdaya saing luas. Sejatinya industrialisasi yang berdampak pada desa Giri yang termasuk wilayah dalam kabupaten Gresik seharusnya tidak hanya berkaitan dengan profit yang didapatkan namun lebih dari itu adanya suatu transformasi sosial dan ekonomi yang diperhatikan. Mungkin tidak hanya itu bahkan transformasi budaya dan keagamaan dipastikan terdampak dari adanya industrialisasi. Pada intinya masyarakat semakin berbeda dalam persoalan kehidupan yang dijalani. Dampak yang pasti terlihat adalah adanya transformasi keagamaan, pendidikan, dan ekonomi. Pasti sangat mudah dilihat bahkan oleh orang biasa pun suatu daerah yang secara masif melaksanakan proses industrialisasi maka akan mengurangi jumlah tingkat peribadatan yang dilakukan di masjid dalam suatu transformasi keagamaan. Hal ini dikarenakan masyarakatnya yang didominasi kalangan pekerja akan terkendala jadwal (shift) pekerjaannya di suatu pabrik sebagai ciri perkembangan dunia industri. Sedangkan tranformasi pendidikan juga terjadi dalam arti di kawasan desa Giri beberapa sekolah sudah memiliki dan menerapkan konsep dalam pendidikannya untuk menyiapkan lulusan yang bisa langsung bekerja pada dunia industri. Dimensi keagamaan dan akidah yang dilupakan menjadi puncak masalah di wilayah ini. Munculnya beragam kasus kriminal dan penyakit masyarakat seperti narkoba, pergaulan bebas, kehidupan malam, perjudian, pencurian dan lainnya. Ini menggambarkan bahwa selama uang mampu mereka dapatkan maka mereka bisa berbuat sesuka hati tanpa memperhatikan etika sosial di masyarakat setempat.

Kata Kunci: Pendidikan, Tauhid, Kitab


Keywords


Pendidikan; Tauhid; Kitab

Full Text:

PDF

References


M. A. Y. Sya’bani and N. Amirudin, “Implementasi Materi Pendidikan Agama Islam dalam Kegiatan Kajian Bulanan bagi Pemuda Gresik,” MARTABE J. Pengabdi. Masy., vol. 4, no. 3, pp. 1–2, 2021, doi: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v4i3.755-760.

M. A. Y. Sya’bani, “Penguatan Pemahaman Keagamaan Jamaah Masjid sebagai Basis Pendidikan Islam di Gresik,” Martabe J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 5, no. 6, p. 2351, 2022, [Online]. Available: http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/martabe/article/view/7627/pdf.

H. R. Setiawan, “Pendidikan Tauhid dalam Al-Quran,” Misykat al-Anwar J. Kaji. Islam dan Masy., vol. 2, no. 2, p. 197, 2019, [Online]. Available: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/MaA16/article/view/4261/3306.

S. S. Sari and A. I. Alfatah, “Nilai-Nilai Pendidikan Tauhid Perspektif Syekh Ahmad Al-Marzuki dalam KitabAqidatul Awam,” J. Islam Nusant., vol. 5, no. 1, p. 104, 2021, doi: 10.33852/jurnalin.v5i1.243.

R. Astuti and E. Munastiwi, “Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Tauhid (Studi Kasus PAUD Ababil Kota Pangkalpinang),” Al-Mudarris J. Ilm. Pendidik. Islam, vol. 1, no. 2, p. 3, 2018, [Online]. Available: https://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/mdr/article/view/1011/979.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i6.1976-1984

Refbacks

  • There are currently no refbacks.