UPAYA MENGEMBANGKAN KREATIVITAS MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 228 PALEMBANG

Maya Puspitasari, Selvia Agustina, Ikhwan Rahmaddani, Rena Dwi Muntari, Rahmat Ari Wibowo, Rahayu Astuti, Fatoni Agus Setiawan, Riska Sriharyanti, Dwika Tamara Ilma, Putri Nurbaiti, Hudaidah Hudaidah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak kegiatan ekstrakurikuler Pramuka yang dilakukan dalam kegiatan projek kepemimpinan terhadap perkembangan kreativitas peserta didik kelas VA di SDN 228 Palembang. Penelitian ini dilakukan pada 11 orang peserta didik yang mengikuti kegiatan pramuka di SDN 228 Palembang. Metode penelitian ini yaitu kualitatif desksripstif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi serta studi literatur untuk mengkaji pengembangan kreativitas peserta didik melalaui kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Penerapan kegiatan ekstrakurikuler pramuka dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan dengan rangkaian materi yang bermacam-macam seperti pengenalan konsep kepramukaan, tali temali dan semafor serta ditutup oleh pementasan Dance Semafor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan ekstraskurikuler pramuka dapat mengembangkan kreativitas peserta didik seperti 1) Peserta didik dapat memiliki kepercayaan diri dalam mengungkapkan ide-ide/gagasan; 2) Peserta didik Berpikir kreatif dalam menemukan solusi untuk tantangan dan masalah; 3) Peserta didik mampu membuat berbagai bentuk pioneering dan hiasan dengan tali temali; 4) Peserta didik anggota Pramuka mampu menyusun sandi dengan sempurna hingga bisa dimengerti; 5) Dapat menghasilkan ide-ide baru dalam membuat gerakan Dance semafor.


Keywords


Kegiatan Ekstrakulikuler, Pramuka, Kreativitas

Full Text:

PDF

References


Ardianti, S. D., Pratiwi, I. A., & Kanzunnudin, M. (2017). Implementasi Project Based Learning (PjBL) Berpendekatan Science Edutainment terhadap Peserta Didik. Jurnal Refleksi edukatika, Vol 7 (2) 145-150.

Astuti, R., & Aziz, T. (2019). Integrasi pengembangan kreativitas anak usia dini di TK Kanisius Sorowajan Yogyakarta . Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 3(2), 294–302. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.99.

Bangun, S. Y. (2018). Peran Pelatih Olahraga Ekstrakurikuler dalam Mengembangkan Bakat dan Minat Olahraga pada Peserta Didik. Jurnal Prestasi, 29-37.

Fronika, S., Huljannah, M., Prayudha, A., & Novoyanti, S. (2022). Meningkatkan Kreatifitas Siswa melalui Kegiatan Ekstrakulikuler di Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 728-732.

Hamdiyah, A. B., & Fauziah, L. S. (2022). Efektivitas Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dalam Meningkatkan Kreativitas. Indonesian Journal of Islamic Elementary Education, 25-35.

Ilham, D. (2019). Menggagas Pendidikan Nilai dalam Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Kependidikan: DIDAKTIKA, 109-122.

Magrisa, T., Wardhani, K. D., & Saf, M. R. (2018). Implementasi Metode SMART pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 49-55.

Mahfud. (2013). Berpikir dalam Belajar Membentuk Karakter Kreatif Peserta Didik. Jurnal At Tarbawi Al Haditsah, 1–26. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v1i1.1229.

Ngalimun. (2013). Perkembangan dan Pengembangan Kreativitas. Yogyakarta: Yogyakarta Aswaja Pressindo.

Nora, D. E., & Junaidi, J. (2020). Pelaksanaan Pramuka Wajib dalam Implementasi Kurikulum 2013 Sebagai Pembentukan Karakter Peserta Didik di MAN 1 Padang. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 1 (3), 147-159. https://doi.org/10.24036/sikola.v1i3.

Nurdin, N., Jahada, J., & Anhusadar, L. (2022). Membentuk Karakter melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka pada Anak Usia 6-8 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 952-959.

Nurhidayanti, N., & Indrawadi, J. (2020). Pembinaan Sikap Peduli Sosial Siswa Melalui Kegiatan Pramuka Di SMP Negeri 10 Padang. Journal of Civic Education, 3(1), 52-60. https://doi.org/10.24036/jce.v3i1.330.

Nuryanto, S. (2017). Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler di SD Al Irsyad 01 Purwokerto. Jurnal Kependidikan, 115-129.

Partono, P., Wardhani, H. N., Setyowati, N. I., Tsalitsa, A., & Putri, S. N. (2021). Strategi Meningkatkan Kompetensi 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication, & Collaborative). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 41-52.

Rahmayani, S., & Ramadan, Z. H. (2021). Peran Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Membentuk Karakter Peduli Sosial Siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 475–480. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.40779.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung, Jawa Barat: Alfabeta.

Syahroni, I., & Munastiwi, E. (2021). Kegiatan Kepramukaan sebagai Sarana Menumbuhan Kreativitas Peserta Didik di MTs 2 Darul Aitam Mengkuru. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika), Vol 9 (1), hal 13-22.

Utomo, J. (2015). Pelaksanaan Ekstrakurikuler Pramuka Di SD Negeri IV Wates. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Wiyani, N. A. (2013). Manajemen Kelas. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Zubaidah, S. (2018). Mengenal 4C: Learning and Innovation Skill untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 1. Conference: 2nd Science Education National Conference. Madura: Universitas Trunojo Madura.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i6.1934-1946

Refbacks

  • There are currently no refbacks.