LITERASI KEUANGAN (FINANCIAL LITERACY) DAN JIWA KEWIRAUSAHAAN PADA ANAK MELALUI “CELENGAN TARGET” DI SD MUHAMMADIYAH 1 PAREPARE

Arfianty Arfianty, Ali Wira Rahman, Hasdiana Hasdiana

Abstract


Pendidikan merupakan investasi yang penting bagi masa depan seorang anak. Bukan hanya pendidikan moral serta akademik yang dibutuhkan, namun juga pendidikan mengenai pengelolaan keuangan. Kurangnya kesadaran orang tua tentang pentingnya pendidikan keuangan sejak dini, menyebabkan kurangnya pengetahuan pengelolaan uang yang dimiliki seorang anak.  Siswa SD Muhammadiyah 1 Parepare terdiri dari anak-anak yang mayoritas secara ekonomi merupakan anak- anak dari keluarga kalangan menengah ke bawah. Masalah dalam siswa SD ini adalah sebagian besar uang jajan yang dimiliki anak lebih digunakan untuk membeli makanan kecil atau mainan. Pemberian uang jajan yang diberikan pada anak tidak sebanding dengan pemikiran mereka tentang pengelolaan uang, sehingga mereka belum dapat mengenal uang dengan baik. Tujuan yang ingin dicapai pada kegiatan ini adalah Meningkatkan kesadaran anak untuk menabung agar dapat membiasakan menabung sejak dini sehingga mampu mengelola keuangan dengan baik, Menumbuhkan jiwa kewirausahaan kepada anak sejak dini sehingga membentuk masyarakat yang fokus create jobs dengan memberikan literasi financial, Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dengan memperkenalkan “celengan target” sebagai sarana pembelajaran mengenai pengelolaan uang yang baik serta menjadi awal rintisan bagi institusi lain dalam sharing tentang financial literacy dan kewirausahaan. Adapun metode yang digunakan yakni memberikan sosialisasi dalam bentuk Forum Group Discussion (FGD) dengan mitra, melakukan edukasi langsung  dan evaluasi. Sedangkan kegiatan pelaksanaan dilakukan dengan edukasi langsung dengan orang tua siswa dan pihak terkait juga melakukan edukasi langsung kepada siswa melalui celengan target baik dalam bentuk menonton video, memperkenalkan cara menabung serta teka teki silang.


Keywords


Literasi Keuangan, Jiwa Kewirausahaan, Celengan Target

Full Text:

PDF

References


Arfianty, A., Ramlawati, R., & Mas’ud, M. (2023). Analisis Literasi Keuangan Pada Generasi Millenial Dengan Menggunakan Fintech di Kabupaten Sidenreng Rappang. SEIKO: Journal of Management & Business, 6(1), 367-375.

Amarani, A., & Mahadewi, K. J. (2023). edukasi digital marketing dalam pengembangan potensi wisata desa biaung di era digital. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(4), 1307-1313.

Desmintari, D., & Aryani, L. (2021). meningkatkan pemahaman kewirausahaan dan literasi keuangan pada koperasi desmigraf di desa lontar kecamatan tirtayasa kabupaten serang provinsi banten. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 4(1).

Dienillah, A. A., Wulandari, C. S., Karima, Z. H., Wulandari, K., & Maulina, V. Peningkatan literasi keuangan dan jiwa kewirausahaan pada anak melalui komik “si kece”(keuangan cerdas).

Idrus, I., Arfianty, A., Hatta, M., Nurhikmah, N., & Fikri, M. N. (2022, October). Pemberdayaan Masyarakat melalui Peningkatan Kompetensi Pelaku Usaha Home Industry di Desa Ujung Lero, Pinrang. In Prosiding Seminar Nasional Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyaha'asyiyah (Vol. 1, pp. 007-014).




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i6.1914-1919

Refbacks

  • There are currently no refbacks.