PEMANFAATAN APLIKASI CANVA DALAM PEMBUATAN VIDEO ANIMASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

Endaryono Endaryono, Mahyudi Mahyudi, Aswin Saputra

Abstract


Pembelajaran tingkat sekolah dasar mempunyai ciri khusus karena di dalamnya lebih menekankan pada aspek ketertarikan, keterkaitan materi belajar dengan situasi dunia nyata serta suasana belajar yang menyenangkan. Para pendidik diharapkan mampu melakukan usaha agar pembelajaran menjadi lebih kreatif dan menarik. Hal ini menuntut guru untuk dapat mengikuti perkembangan media pembelajaran dan teknologi pendidikan untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Pada kenyataannya di lapangan masih didapati guru yang belum memahami penggunaan aplikasi sebagai media pembelajaran, seperti aplikasi Canva Aplikasi ini dapat digunakan untuk mendukung kualitas pembelajaran. Tim pelaksana Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Universitas Indraprasta melakukan pelatihan untuk memberikan pengetahuan bagi para guru di SDIT Harapan Ummat Jakarta dengan pelatihan video animasi menggunakan aplikasi Canva untuk proses pembelajaran. Dalam aplikasi Canva terdapat template yang beragam untuk menarik minat siswa dalam proses pembelajaran khususnya pembelajaran di sekolah dasar seperti membuat video animasi. Berbagai template disajikan dalam power point, pemberian warna, gambar, huruf, dan sebagainya sehingga media pembelajaran yang dibuat menjadi lebih menarik. Pelatihan pembuatan video animasi menggunakan aplikasi Canva telah dilaksanakan di SDIT Harapan Ummat Jakarta dengan lancar dan berhasil.


Keywords


CANVA, video animasi, pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Aka, Kukuh Andri. 2017. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar di SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran di SD. Vol 1, No. 2a.

Awaliah, LN. 2022. Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Prosiding Galuh Mathematics National Conference (GAMMA NC) 2022. Universitas Galuh.

Canva.2017. Arti Warna dan Simbolis https://www.canva.com/id_id/belajar/artiwarna-dan-simbol-dari-merk/ (Diakses: 20 Desember 2022)

Januarisman, E., & Ghufron, A. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 166-182.

Mugara, R. 2011. Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Prodi Pengembangan Kurikulum. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sanjaya, W. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Sari, H. V., & Suswanto, H. 2017. Pengembangan media pembelajaran Berbasis Web Untuk mengukur hasil Belajar siswa pada mata pelajaran Komputer Jaringan Dasar program Keahlian teknik komputer dan jaringan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(7), 1008-1016.

Sulistyanto, Hermawan. 2017. PAKOM Pelatihan Pengoperasian Komputer Bagi Perangkat Desa di Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar. Warta LPM, Vol. 20, No. 2, September 2017: 111-114.

Taufik, Muhammad. Et al. 2018. Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis WEB Kepada Guru IPA SMP Kota Mataram. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat 1(1), 77-81.

Triyanto, Agus. 2010. Implikasi Perkembangan Tenologi Komputer dan Internet Bagi Konselor Sekolah. Paradigma No.09 Th. V Januari 2010, ISSN 1907-297X.

Usodo, Budi. 2016. Pelatihan Penerapan beberapa Aplikasi dari Microsoft dalam Pembelajaran Bagi Guru-Guru Matematika SMA di Kabupaten Sragen. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, Vol. 4, No.9, Hal 743-752 November 2016




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i6.2238-2246

Refbacks

  • There are currently no refbacks.