PENINGKATAN EFISIENSI BIAYA LISTRIK ANGKRINGAN DENGAN PLTS RAMAH LINGKUNGAN

Jamaaluddin Jamaaluddin, Dwi Hadidjaja, Dharma EP, Mardiyono Mardiyono

Abstract


Hampir di semua wilayah perkotaan banyak dilihat pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah pada bidang makanan kecil dan angkringan.  Pengusaha makanan kecil dan angkringan ini ketika beerkeliling atau menetap pada suatu tempat selalu kebingungan dengan energi yang digunakan untuk penerangan dagangannya. Mereka melakukan  penyambungan kabel ke rumah penduduk setempat untuk mendapatkan energi listrik. Beberapa yang lainnya menggunakan accu sebagai sumber energi. Yang mana saat accu sudah habis maka dilakukan pengisian kembali dengan menggunakan listrik PLN. Sehingga dengan permasalahan ini perlu dibuatkan suatu sistem perangkat Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang murah, mudah pengoperasian,  sederhana dan mudah mobilisasinya. Dengan dilakukan pemasangan PV dengan Solar Charge Controlle (SCC) dan accu dilengkapi dengan pengaman dan meter yang cukup. Maka pengusaha akan mendapatkan listrik yang murah untuk penerangan di malam  hari. Dengan analisa rencana pemakaian maka akan dapat ditentukan kapasitas Phtovoltaic (PV) dan accu yang akan digunakan. Seberapa besar nilai investasi dan penghematan yang didapatkan akan dipaparkan sehingga pengusaha akan mendapatkan nilai penghematan sebanyak 100 % pada tahun ke 3 usaha.

Keywords


Angkringan; Accu; Nilai Investasi; PLTS; SCC; PV

Full Text:

PDF

References


Desika Karinayah. (2018). Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kabupaten Sidoarjo. Program Studi Ilmu Administrasi Negara, FISIP, Universitas Airlangga, 1–13.

Dewi Astuti. (1999). TANGGAPAN PARA PROFESIONAL SURABAYA TERHADAP PERUBAHAN EKONOMI DAN KEBIJAKAN PEMERINTAH DI BIDANG PERBANKAN. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(1), pp.36-46. http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/man/article/view/15591

Juanti, F., Jumiati, A., & Santoso, E. (2013). Economic Landscape Sub Sektor Perikanan pada Perekonomian Kabupaten Sidoarjo : Model Input Output dan Analytical Hierarchy Process. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi.

Koestedjo, E. H. (2015). Evaluasi Efektivitas Biaya Usaha Kecil Menengah Di Kabupaten Sidoarjo Tahun 2014. Jurnal Ilmiah Sosio Agribis, 15(1), 86–107. https://doi.org/10.30742/jisa.v15i1.502

Lastyo, S. (2019). Kontribusi usaha mikro kecil dan menengah (umkm) pada penyerapan tenaga kerja di kabupaten sidoarjo. 2–3.

Malang, D. I. W. (2015). PENDEKATAN MODEL EKONOMETRI UNTUK PERAMALAN. 1–14.

Martanti Roslini Rahayu, Inne Niswah, F. (2015). Kualitas Pelayanan Pusat Pelayanan Pengaduan Masyarakat (P3M) di Kabupaten Sidoarjo. Publika.

Pratama, E. B., & Hendini, A. (2019). PEMODELAN SISTEM INFORMASI LAYANAN MASYARAKAT (SILAM) PADA KANTOR DESA UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN. KLIK - KUMPULAN JURNAL ILMU KOMPUTER. https://doi.org/10.20527/klik.v6i1.178

Putra, B. I., Jamaaluddin, J., & Dhiya Ayuni, S. (2021). Community Dedication on General Facilities Using Solar Cell System in Kalialo Village, Kupang, Jabon, Sidoarjo. Kontribusia (Research Dissemination for Community Development). https://doi.org/10.30587/kontribusia.v4i2.2529

Schwab, K., Engkus, Hoerudin, C. W., Maolani, D. Y., Turmudi, H., Rochmansjah, H., Setiono, B. A., & Lase, D. (2019). Revolusi Industri Keempat. Jurnal Aplikasi Pelayaran Dan Kepelabuhanan.

Sidoarjo, B. P. S. K. (2014). Statistik Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Sidoarjo tahun 2017 (2017th ed.). Badan Pusat Statistik Sidoarjo.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i5.1844-1852

Refbacks

  • There are currently no refbacks.