MEMBANGUN KETERAMPILAN DIGITAL WOMENPRENEUR MELALUI SEKOLAH WIRAUSAHA NASYIATUL AISYIYAH

Muhamad Ganda Saputra, Farokhah Muzayinatun Niswah, Elvina Assadam

Abstract


Peran wanita dalam keluarga tentu sangat penting, selain sebagai istri dan ibu, juga tak sedikit yang berperan dalam membantu perekonomian keluarga. Adanya wanita karir dalam keluarga tentunya dapat membantu keuangan keluarga, terutama pada masa pandemi Covid-19 yang mayoritas keluarga mengalami penurunan finansial. Karir pilihan banyak perempuan, terutama seorang ibu adalah sebagai wirausaha. Banyak perempuan yang menjalankan usaha dari rumah, dari usaha sederhana di depan rumah sampai usaha dalam skala nasional. Era 4.0 yang menuntut semua go digital mendorong sektor usaha untuk tumbuh dan berkembang. Melalui digitalisasi, berbagai jenis usaha akan mampu menjangkau konsumen lebih besar dibandingkan dengan dilakukan secara offline. Namun, ternyata keterampilan dalam menggunakan media online tidak dimiliki oleh semua wirausaha, terutama wirausaha perempuan (womenpreneur). Terdapat kesenjangan digital antara perempuan dan laki-laki di Indonesia.

Perlu adanya peningkatan keterampilan digital bagi para womenpreneur. Salah satu organisasi perempuan Muslim terbesar di Indonesia adalah Nasyiatul Aisyiyah, yang memiliki kontribusi besar dalam pemberdayaan perempuan Muslim di Indonesia. Melalui Sekolah Wirausaha Nasyiatul Aisyiyah, para womenpreneur akan mendapatkan pelatihan wirausaha dari para pakar untuk meningkatkan keterampilan digital, digital marketing, pencatatan keuangan, dan strategi meningkatkan usaha. Mitra sasaran dalam program ini adalah womenpreneur yang tergabung dalam anggota Pimpinan Cabang Nasyiatul Aisyiyah Sukodadi, Lamongan. Para anggota dilatih sehingga bisa menguasai teknik pemasaran secara online dan menguasai platform-platform yang bisa dilakukan untuk meningkatkan jaringan usaha yang mereka miliki. Hasil post-test menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan dan keterampilan berwirausaha pada para peserta pelatihan.

Keywords


Womenpreneur, Keterampilan Digital, Digital Marketing, Sekolah Wirausaha, Nasyiatul Aisyiyah

Full Text:

PDF

References


Isyfi’afiani. (2018). Advancing Women’s Digital Skills and Economic Empowerment through Girls in Tech Indonesia: A Case Study. Salasika Indonesian Journal of Gender, Women, Child, and Social Inclusion's Studies, 21-32.

Kominfo. (2020, November). Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika. Retrieved from https://aptika.kominfo.go.id/wp-content/uploads/2020/11/Survei-Literasi-Digital-Indonesia-2020.pdf

Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah. (2016). TAnfidz Keputusan Muktamar Nasyiatul Aisyiyah ke XIII. Yogyakarta: Gramasurya.

Katadata. (2022, Februari 15). Databoks. Retrieved from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/06/04/penggunaan-e-commerce-indonesia-tertinggi-di-dunia

Dewi, A. S. (2020). Investigating the Impact of Instagram on Women Entrepreneurs’ Empowerment. Annual International Conference on Social Sciences and Humanities (AICOSH 2020) (pp. 56-61). Atlantis Press.

Hasibuan, L. (2022, September 22). Retrieved from CNBC Indonesia: https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20220922175954-33-374277/65-umkm-ri-dikelola-perempuan-tapi-ini-masalahnya

Belwal, S., Belwal, R., & Al Saidi, F. (2014). Characteristics, motivations, and challenges of women entrepreneurs in Oman’s Al-Dhahira region. Journal of Middle East Women’s Studies, 135–151.

Agussani, & Bahri, S. (2019). A Qualitative Study on the Role of Family and Social Circles among Women Entrepreneurs in Indonesia. International Journal of Innovation, Creativity and Change. , 222-239.

Paoloni, P., Secundo, G., Ndou, V., & Modaffari, G. (2018). Women Entrepreneurship and Digital Technologies: Towards a Research Agenda. 4th IPAZIA Workshop on Gender Issues (pp. 181-194). Italy: Springer .

Agussani. (2020). Are Women The Dominant Entrepreneurs In Indonesia? The International Journal of Social Sciences and Humanities Invention, 5936-5947.

Sihotang, J., Puspokusumo, R. W., Sun, Y., & Munandar, D. (2020). Core competencies of women entrepreneur in building superior online business performance in Indonesia. Management Science Letters, 1607–1612.

Oggero, N., Rossi, M. C., & Ughetto, E. (2019). Entrepreneurial Spirits in Women and Men. The Role of Financial Literacy and Digital Skills. . Working Paper 197/19 Center for Research on Pensions and Welfare Policies, 1-34.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i11.4204-4211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.