PENDAMPINGAN UMKM TELOR ASIN “ENDOG IN” MENUJU UMKM NAIK KELAS

Rita Kusumawati, Ika Nurul Qamari, Achmad Faisal Hadiyanto, Muhammad Rifandi

Abstract


Mitra dalam program pengabdian ini adalah UMKM Endog’in. Usaha yang dimiliki oleh bapak Kiki Anggara ini memproduksi dan menjual telur asin dan kerupuk telur asin. Usaha yang dirintis sejak tahun 2020 ini berlokasi di Maredan RT0l RW 39 Sendang Tirto Berbah Sleman Yogyakarta, memiliki beberapa permasalahan diantaranya pada aspek produksi dan aspek keuangan. Permasalahan yang dihadapi oleh usaha ini masih terbatasnya peralatan produksi dan pemahaman mitra terkait kualitas produk dan belum optimalnya pengelolaan keuangan usaha. Untuk mengatasi  permasalahan-permasalahan yang dihadapi mitra dan dalam rangka mendukung mitra UMKM menuju UMKM naik kelas, maka dalam program ini dilakukan beberapa kegiatan yaitu: pemberian hibah peralatan produksi, pelatihan dan pendampingan kualitas produk, pelatihan dan pendampingan pencatatan keuangan digital. Hasil dari program ini adalah mitra memiliki tambahan peralatan produksi sehingga proses produksi lebih efisien, mitra memiliki pemahaman tentang pentingnya menjaga kualitas produk, dan memiliki kemampuan dalam pencatatan keuangan digital.


Keywords


kerupuk, telur asin, UMKM, Yogyakarta

Full Text:

PDF

References


Amalia, N. (2019). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Mie Endess Di Bangkalan). Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 96–104. https://doi.org/10.21107/jsmb.v6i2.6688

Amamilah, S. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Buku Kas Untuk UMKM. Abdimas Jurnal Pengabdian Mahasiswa, 1(2), 37–42. https://doi.org/10.34010/abdikamsia.v1i2.5700

Herlambang, A. S., & Komara, E. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Kualitas Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi kasus pada Starbucks Coffee Reserve Plaza Senayan). Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Perbankan (Journal of Economics, Management and Banking), 7(2), 56. https://doi.org/10.35384/jemp.v7i2.255

Jansen, F. Y., Worang, F. G., & Arie, F. V. (2022). Keputusan Pembelian Konsumen Smartphone Samsung Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unsrat 2019-2020. Jurnal EMBA, 10(1), 279–288.

Kristanto, H., & Pudjoprastyono, H. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Minat Beli Laptop Acer pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur. Jurnal STEI Ekonomi, 30(02), 11–19. https://doi.org/10.36406/jemi.v30i02.462

Kusumawati, R., Akmalia, A., & Rifandi, M. (2022). Pendampingan Usaha Rumahan Din’s Roti & Snack: Penggunaan Pemasaran Digital dan Aplikasi Buku Kas. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 366. https://doi.org/10.31100/matappa.v5i3.1975

Laili, R. R., & Canggih, C. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Label Halal Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Body Lotion Citra (Studi Kasus Mahasiswa Surabaya). Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 8(6), 743. https://doi.org/10.20473/vol8iss20216pp743-756

Nalhadi, A., Fahriadava, A. B., Ramadhan Bintang Brilian, Cahyadi Dadi, Sahrupi, Shofa Jihan Mohamad, & Supriyadi. (2022). PENDAMPINGAN UMKM “NUR LIA” DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS PRODUKSI KERIPIK PISANG. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 213–218.

Patmawati, N., & Muharsih, L. (n.d.). PELATIHAN PEMBUKUAN KEUANGAN DIGITAL. Abdima Jurnal Pengabdian Mahasiswa, 2(2), 7811–7818.

Putra, A., & Santi, F. (2020). Penerapan Buku Kas pada UMKM Bojonegoro. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Perpajakan, 2(2), 28–33.

Putri, M. A., & Utami Sri Endang. (2023). EDUKASI AKUNTANSI DIGITAL MELALUI APLIKASI BUKUKAS PADA UMKM DI TERAS MALIOBORO 1. 3(2), 1–10.

Sitanggang, D. H. I. (2020). Analisis Determinan Faktor Penyebab Umkm Naik Kelas Di Era Pandemi Covid19. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 43–50. https://doi.org/10.24967/psn.v1i1.806

Teguh Afwan, M., & Budi Santosa, S. (2019). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Konsumen Mebel Madina di Kota Banjarnegara). Diponegoro Journal of Management, 8(1), 1–10. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Widyayanti, E. R. (2022). Pelatihan Manajemen Usaha : Pencatatan Keuangan Usaha Menggunakan Aplikasi Keuangan Digital. Journal of Community Service and Empowerment, 3(1), 1–10.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v%25vi%25i.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.