PENDAMPINGAN PENULISAN KARYA ILMIAH DALAM RANGKA PERSIAPAN MADRASAH YOUNG REASERCHES SUPERCAMP (MYRES) DI MTs.N 1 LOMBOK BARAT

Khaerus Syahidi, Fartina Fartina, Kholida Ismatulloh, Laxmi Zahara, Syahrial A

Abstract


Pengabdian masyarakat ini dilatarbelakangi oleh permasalahan mitra dengan lomba penulisan karya ilmiah tingkat madrasah dan siswa yang belum memiliki prestasi karya ilmiah, seperti tips menulis proposal penelitian, hasil penelitian ilmiah yang belum dipublikasikan, atau siswa belum melakukannya dengan baik di Madrasah Young Researcher Supercamp (MYRES) dalam rangka Lomba Karya Tulis Ilmiah. Berikut ini adalah bagaimana pengabdian masyarakat dilakukan: 1) Teknik Pengajaran; 2) Metode Tanya Jawab; dan Metode Simulasi untuk menjelaskan kepada mahasiswa pentingnya kiat-kiat dalam menulis proposal penelitian dan karya ilmiah serta memotivasi mereka, maka dipilihlah metode ceramah. Baik saat menerima petunjuk cara melaksanakan karya ilmiah maupun saat praktik, format pertanyaan dan jawaban sangat penting bagi peserta pelatihan. Metode simulasi ini sangat penting bagi peserta pelatihan karena memberi mereka kesempatan untuk mempraktekkan apa yang telah mereka pelajari. Ini memungkinkan mereka melihat seberapa baik mereka dapat menerapkan kegiatan penulisan ilmiah teknis dan masalah apa yang perlu diperbaiki nanti. Penilaian latihan dilakukan pada saat interaksi dan menjelang akhir persiapan, pada bagian pencapaian target persiapan dan selanjutnya pada pelaksanaan persiapan. Penilaian siklus dan hasil (pencapaian penyusunan target) dilakukan dengan dokumentasi. Sementara itu, kuesioner digunakan untuk menilai berbagai aspek pelaksanaan pelatihan. Dua pendekatan yang digunakan untuk mengukur keberhasilan pemberian bantuan penulisan karya ilmiah adalah: 1) Penilaian selama tindakan, dan (2) penilaian setelah tindakan selesai. Indikator penilaian rata-rata telah melampaui indikator keberhasilan pada pertemuan kedua, hal ini menunjukkan bahwa kegiatan pendampingan penulisan karya ilmiah dalam rangka persiapan Madrasah Young Researcher Supercamp (MYRES) berhasil ditetapkan sebesar 80%.


Keywords


Kunci: Pendampingan Penulisan, Karya Ilmiah, Madrasah Young Reaserches Supercamp (MYRES).

Full Text:

PDF

References


Asmara, Y. (2022). JURNAL CEMERLANG : Pengabdian pada Masyarakat PENDAMPINGAN PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI SISWA SMA NEGERI 5 LUBUKLINGGAU JURNAL CEMERLANG : Pengabdian pada Masyarakat Lubuklingau Provinsi Sumatera Selatan dengan status Akreditasi A dan. 5(1), 128–135.

Fatah, A., Wakid, M., dan Yoga, N. A. 2015. Pelatihan Penulisan Makalah Pendamping/ Prosiding dalam Rangka Menghadapi Pelaksanaan Permenpan Nomor 16 Tahun 2009. Laporan Pengabdian kepada Masyarakat tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. (Online), (http://staff.uny. ac.id/sites/default/files/pengabdian/nirmalaadhi-yoga-pambayun-mpd/pelatihan-penulisan-makalah-pendampingprosiding dalam-rangka-menghadapi-pelaksanaan-permenpan-nomor-.pdf), diakses 12 Januari 2017.

Asmara, Y. (2022). JURNAL CEMERLANG : Pengabdian pada Masyarakat PENDAMPINGAN PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI SISWA SMA NEGERI 5 LUBUKLINGGAU JURNAL CEMERLANG : Pengabdian pada Masyarakat Lubuklingau Provinsi Sumatera Selatan dengan status Akreditasi A dan. 5(1), 128–135.

Gunawan, I., Triwiyanto, T., & Kusumaningrum, D. E. (2018). Pendampingan penulisan artikel ilmiah bagi para guru sekolah menengah pertama. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 128–135. www.sciencedirect.com;

JUKNIS_MYRES_2022_rev.pdf. (n.d.).

Nur Prabawati, M., & Ryane Muslim, S. (2018). Abdimas Umtas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM-Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya. Abdimas Umtas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM-Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, 2, 154–161.

Syahidi, K., Hizbi, T., Hidayanti, A., Ditinjau, B., Kemampuan, D., & Kritis, B. (2020). The Effect of PBL Model Based Local Wisdom Towards S tudent ’ s Learning Achievements on Critical Thinking Skills Pengaruh Model PBL Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Prestasi. Kasuari : Physics Education Journal ( KPEJ ) Universitas Papua, 3(1), 61–68.

Syahidi, K., Zahara, L., & Ariandani, N. (2019). Pendekatan Scientific Approach dalam Mengembangkan Alat Praktikum IPA Terintegrasi Lingkungan untuk Meningkatkan Keterampilan dan Kreativitas Guru IPA. Kappa Journal, 3(2), 148–155. https://doi.org/10.29408/kpj.v3i2.1638

Usmayadi, Fartina, Khaerus Syahidi, Kertanah. (2021). Penerapan Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Saintific Approach Berbasis Lingkungan Sekitar terhadap Prestasi Belajar Siswa. LAMBDA : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA Dan Aplikasinya, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.58218/lambda.v1i1.43




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i5.1796-1801

Refbacks

  • There are currently no refbacks.