BIMBINGAN TEKNIS PEMBUATAN KUESIONER UNTUK PENELITIAN DOSEN PEMULA

Maximus Gorky Sembiring, Rahmat Budiman, Sri Wahyu Krida Sakti, Andriyansah Andriyansah, Erman Arif, Fatia Fatimah, Widya Rizky Pratiwi

Abstract


Dalam impelemntasi tridharma Perguruan Tinggi, dosen dituntut untuk mempublikasikan hasil risetnya. Sehingga, untuk mencapai standart kualitas dan kuantitas publikasi, diperlukan bimbingan teknis  dan pelatihan terkait salah satu instrumen penelitian berupa kuesioner bagi dosen pemula. Bimbingan teknis ini dapat membantu dosen pemula memetakan riset dan membuat peta jalan riset hingga dosen mencapai jabatan fungsional Guru Besar. Bimbingan teknis ini mendorong untuk para dosen pemula memiliki keterampilan dalam membuat perangkat penelitian kuesioner karena dengan kuesioner peneliti dapat menggali hal-hal yang tidak terpantau saat observasi. Pelatihan sekaligus bimbingan teknis pembuatan kuesioner ini dilaksanakan dalam Forum Group Discussion (FGD) yang konten pertemuannya bermuatan diskusi kelompok  dengan peserta yang dipilih secara khusus dan bersedia mengikuti bimbingan pembuatan kuesioner bagi mereka yang baru berstatus sebagai tenaga pengajar atau dosen pemula. Kegiatan tela dilaksanakan pada tanggal 26 Mei hingga 28 Mei 2023 bertempat di Jakarta Selatan. Tahapan Pelaksanaan yaitu sharing terkait fungsi, tujuan, manfaat kuesioner oleh pakar, tanya-jawab antara pakar dan peserta terkait materi, praktik pembuatan form kuesioner untuk beberapa metode penelitian oleh peserta, prensentasi terkait kuesioner yang telah dibuat peserta, perserta berdiskusi dengan sesama peserta untuk saling memberikan masukan, dan pakar memberikan masukan terkait kuesioner yang telah dibuat oleh peserta. Beberapa materi bimbingan yang dijelaskan yaitu teknik membuat kuesioner dapat disusun berdasarkan urutan pertanyaan dengan sesuai kebutuhan penelitian. Peneliti diarahkan untuk membuat pertanyaan yang mudah dan sederhana. Disarankan peneliti untuk tidak  membangun relasi terlalu jauh, namun perlu  membangun kepercayaan agar  responden bersedia untuk memberikan jawaban, pertanyaan atau pernyataan kuesioner dikembangkan sesuai dengan kebutuhan penelitian, kuesioner mencakup identitas peserta jika dibutuhkan. Selain materi bimbingan terkait teknik pembuatan kuesioner yang baik, pemateri juga mengajarkan teknik pembuat kuesioner secara elektronik yang dapat memudahkan peneliti. Sebagai catatan, Pembuatan kuesioner sebelum sampai kepada responden sebaiknya diuji cobakan atau ditelaah oleh rekan sejawat untuk dapat memastikan bahwa bahasa dan maknanya dapat dipahami oleh banyak orang.


Keywords


Bimbingan Teknis, Pembuatan Kuesioner, Dosen Pemula, Forum Grup Discussion

Full Text:

PDF

References


Ambadar, H. U., Hardjomuljadi, S., & Amin, M. (2022). FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA SENGKETA KONSTRUKSI PADA PROYEK EPC BROWNFIELD. Konstruksia, 13(1), 17-28.

Andriyansah. (2014). Saatnya Pintar Menulis Artikel. PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera (Satunusa).

Andriyansah. (2023). Menulis publikasi karya ilmiah untuk mahasiswa diploma dan sarjana. CV. Adanu Abimata.

Andriyansah, Arifin, A. H., Sultan, Z., Pratiwi, W. R., Hartono, R., Salam, S., & Hidayat, T. (2023). Membangun Budaya Literasi Al-Quran Pada Anak Pendidikan Dasar di Daerah Sub Urban. Jurnal Bina Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2).

Andriyansah, & Fatimah, F. (2021). Edukasi Mahasiswa Doktoral. Dua Pustaka (CV). https://penerbitduapustaka.blogspot.com

Ary, M., & Sanjaya, R. (2020). Strategi Perencanaan Dan Pengembangan Program Studi Menggunakan Analisis Swot (Studi Kasus Program Studi Sistem Informasi Ars University). Jurnal Tekno Insentif, 14(1), 1–8.

Fatimah, F., & Andriyansh. (2013). Raih sukses belajar di pendidikan jarak jauh. Graha Ilmu. www.grahailmu.id

Febrianti, T., & Wibowo, D. E. (2019). Kajian Hubungan Terapeutik dalam E-Counseling di Era Distrupsi. Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 413–416.

Mardi, M. (2021). Digitalisasi Pembuatan Animasi Di Smk Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Karya Sesuai Tuntutan Industri. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(4), 385–395.

Ningrum, S. W., Akrunanda, I., & Perdanakusuma, A. R. (2019). Evaluasi dan Perbaikan Usability Aplikasi Mobile Ojesy Menggunakan Metode Usability Testing dan Use Questionnaire. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer.

Pamungkas, D. E., & Sukarman, S. (2020). Transformasi Dunia Pendidikan Di Sekolah Dasar Dalam Masa Pandemi Covid-19.

Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 211–219.

Pratiwi, W. R., Acfira, L. G., & Andriyansah. (2023). Membangun Keberanian sebagai Tourism English Public Speaker untuk Generasi Muda Bulukumba. Bidik: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 4–14. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/bidik.v3i2.13129

Pratiwi, W. R., Acfira, L. G., Ilmudinulloh, R., Gusti, H. I., & Andriyansah, A. (2023). PELATIHAN TOURISM ENGLISH PUBLIC SPEAKING UNTUK GENERASI MUDA BULUKUMBA. AMALIAH: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 7(1), 93-97.

Rohimat, S. (2021). Analisis Keefektifan Pembelajaran Kimia Secara Daring Di Sma Negeri 6 Kota Serang Pada Masa Pandemi Covid-19. EDUPROXIMA: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 3(2), 90–97.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan penelitian kuantitatif: quantitative research approach. Deepublish.

Rusdiana, E., & Nugroho, A. (2020). Respon mahasiswa pada pembelajaran daring bagi mahasiswa mata kuliah pengantar hukum Indonesia UNESA. Integralistik, 31(1), 1–12.

Safarina, N. A., & Suzanna, E. (2021). Gambaran Resiliensi Masyarakat Aceh Setelah Mengalami Pengalaman Traumatis. Jurnal Psikologi Terapan (JPT), 3(1), 20-28., 3(1), 20–28.

Saptaria, L., & Setyawan, W. H. (2021). Desain pembelajaran technopreneurship untuk meningkatkan motivasi berwirausaha mahasiswa uniska kediri. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 77–89.

Saraski, S. A., Lubis, A. N., & Parapak, R. P. A. (2022). Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Dosen Favorit Menggunakan Metode Profile Matching. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(1), 46-53., 3(1), 46–53.

Sembiring, M. G. (2022). Tiga Keterampilan Utama Dan Tiga Adab Baru Guru Virtual Era Digital. In Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru.

Sembiring, M. G., & Nugraha, Y. A. (2022). LECTURER SOFT-SKILLS COMPETENCIES DEVELOPMENT MODEL: SUPPORTING LEARNING IN DIGITAL ERA AND “KAMPUS MERDEKA” PROGRAM. JOURNAL OF HUMANITIES AND SOCIAL STUDIES, 6(3), 276–281.

Sulaeman, M., & Barima, H. (2022). Peningkatan Kinerja Pegawai Sebagai Konsekuensi dari Tingkat Pendidikan, Kompetensi, Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja, dan Kompensasi. Optimal. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 16(1), 53–65.

Syamsuddin, R., & Fuady, M. I. N. (2020). Upaya Penguatan Badan Penelitian dan Pengembangan serta Inovasi Daerah di Kota Palopo. Jurnal Wawasan Yuridika, 4(1), 63–79.

Wakano, D. (2015). Potensi Akar Wangi (Vetivera zizanioides) Dalam Merehabilitasi Tanah Tercemar Logam Berat Timbal (Pb) Di Perkebunan Sayur Desa Waiheru Ambon. BIOSEL (Biology Science and Education). Jurnal Penelitian Science Dan Pendidikan, 4(2), 25–36.

Zulkarnain, I., Gemina, D., & Yunningsih, E. (2019). Pengaruh Total Quality Management Terhadap Kinerja Karyawan Pt Bcd Bogor. Jurnal Sosial Humaniora, 10(1), 40–49.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i5.1714-1721

Refbacks

  • There are currently no refbacks.