PENERAPAN METODE EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI BKKBN PROV SUMSEL MELALUI KEGIATAN OUTBOUND TRAINING DIFASILITATORI ALUGADA MANAGEMENT

Dwi Hurriyati, Rahmat Hidayat

Abstract


Kinerja karyawan merupakan pencapaian kerja karyawan yang terukur berdasarkan standar yang telah ditetapkan. Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan kinerja karyawan menjadi lebih baik,salah satu nya dengan menerapkan metode experiential learning melalui kegiatan outbound. Outbound training ialah suatu program pelatihan di alam terbuka dengan menjalankan prinsip experiental learning atau belajar melalui pengalaman langsung yang disajikan dalam bentuk permainan, diskusi, simulasi dan petualangan sebagai media penyampaian materi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan penerapan model experiental learning untuk menigkatkan kinerja karyawan dan motivasi karyawan dalam bekerja, dan difasilitatori alugada management,
Palembang sumatera selatan.. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan proses dalam melakukan penerapan experiental learning melalui outbound training yang dimulai dari proses perencanaan, pelaksaan dan evaluasi. Pada tahap pelaksanaan, terdapat empat sesi yang dilakukan, yaitu sesi pengenalan diri, sesi penguatan potensi diri, sesi pengukuhan pengalaman dan sesi tindak lanjut.


Keywords


experiental learning, outbound training, kinerja, motivasi

Full Text:

PDF

References


Artobatama, I. 2019. Pembelajaran stem berbasis outbound permainan tradisional. Indonesia Journal of Primary Education. Vol. 2 No. 2.

Beard,C. (2022). Experiential Learning Design. In Experiential Learnig Design.Taylor&Francis.

Hulaikah, M.,Degeng, I. N. S., Sulton, & Murwani,F. D. 2020. The effect of experiential learning and adversity quotient on problem solving ability. International Journal of Instruction, 13(1), 869–884.

Practice, B. 2022. UG JURNAL VOL.16 Edisi 06 Juni 2022 1. 16, 1–7.

Nasem, Arifudin, O., Cecep, & Taryanan, T. (2018). Pengaruh pelatihan dan motivasi terhadap produktivitas kerja tenaga kependidikan stit Rakeyan Santang Karawang. Jurnal ilmiah MEA (Manajemen & Akuntasi), 2(3), 209-218.

Sofyan, Y. 2020. Peranan Konseling Dosen Wali Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Di Perguruan Tinggi Swasta Wilayah Lldikti IV. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 10(2), 237–242.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i5.1674-1679

Refbacks

  • There are currently no refbacks.