IMPLEMENTASI PROYEK PENGELOLAAN SAMPAH UNTUK MENUMBUHKAN NILAI PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 149 PALEMBANG

Tri Mauliyana, Yora Dinda Fatima, Sulha Dinina, Wahyu Putri Indah Lestari, Tri Astuti, Sri Putri Maya Sari, Eltasia Ulfa, Dwi Oktaviyani AS, Febri Kurniasari, Ghina Damaiyanti Sanda, Hudaidah Hudaidah

Abstract


Karakter peduli lingkungan merupakan sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan, dan mengembangkan upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi. Salah satu penyebab rusaknya lingkungan adalah sampah. Baik sampah organik maupun sampah anorganik. Sampah di lingkungan sekolah dapat menyebabkan sakit dan perasaan tidak nyaman pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Oleh karna itu guru beserta warga sekolah perlu mengajarkan dan mencontohkan sikap perduli lingkungan melalui pengolahan sampah organik dan anorganik. Dengan memanfaatkan sampah yang ada di lingkungan sekolah diolah menjadi barang yang bermanfaat dan bernilai jual tinggi. Apalagi sampah anorganik perlu pengolahan yang tepat dan tidak menjadi limbah. Karena sampah anorganik sulit untuk didaur ulang. Tujuan dari kegiatan ini adalah menumbuhkan sikap perduli lingkungan, pemanfaatan dan pengolahan sampah, serta meningkatkan kreativitas siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, hasil dari penelitian ini berupa kata-kata dan gambar. Hasil dari kegiatan proyek ini sangat membawa pengaruh yang besar dilingkungan sekolah. Mulai dari siswa-siswi yang membuang sampah pada tempatnya, bisa membuat berbagai kerajinan tangan dari barang-barang bekas dan tidak membutuhkan pupuk berpestisida untuk membantu penyuburan tanaman karena sudah ada pupuk organik yang di buat. Semua sampah diolah dan dimanfaatkan sebaik mungkin, agar terciptanya lingkungan sekolah yang bersih, sehat dan nyaman untuk belajar

Keywords


peduli lingkungan, pengolahan sampah, organik dan anorganik

Full Text:

PDF

References


Hamsa, A., & Sulaiman, R. (2021). Penyuluhan Pengolahan Sampah Pada Anak di Komunitas Youth Sikolata. Madaniya, 2(3), 313–322. https://doi.org/10.53696/27214834.96

Kurniaty, Y., Nararaya, W. H. B., Turawan, R. N., & Nurmuhamad, F. (2016). Mengefektifkan Pemisahan Jenis Sampah Sebagai Upaya Pengelolaan Sampah Terpadu di Kota Magelang. Varia Justicia, 12(1), 135–149.

Lubaba, M. N., & Alfiansyah, I. (2022). Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 9(3), 687–706. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i3.576

Mery, M., Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840–7849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3617

Prasdiantika, R., Shintawati, D., & Zulaidah, A. (2022). Pemanfaatan Limbah Ampas Jamu Menjadi Kompos Organik Cair Di Srondol Kulon. Majalah Inspiratif, 8, 77–89.

Pratama, A. T. (2015). Sistem Pengolahan Sampah Ramah Lingkungan di Sekolah Kota Medan. Biosel: Biology Science and Education, 4(1), 1. https://doi.org/10.33477/bs.v4i1.524

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i5.1636-1648

Refbacks

  • There are currently no refbacks.