PENDAMPINGAN PENULISAN BUKU AJAR BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK GURU SEKOLAH DASAR

Wati Sukmawati, Zulherman Zulherman

Abstract


Buku pelajaran merupakan komponen penting dalam proses pembelajaran di sekolah dasar. Pembelajaran memiliki dampak baik pada perubahan pribadi maupun profesional. Salah satu cara untuk mencapai hasil belajar yang diinginkan adalah dengan mengadopsi pendekatan kontekstual, yang mengintegrasikan kondisi lingkungan siswa ke dalam pembelajaran. Program pelayanan nirlaba ini bertujuan menerapkan pendekatan kontekstual melalui pembuatan buku teks yang mengandung nilai-nilai kearifan lokal, sehingga siswa dapat mengaplikasikan konsep yang dipelajari di sekolah untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di sekitarnya. Tujuan utama dari program nirlaba ini adalah membantu guru sekolah dasar di Kabupaten Indramayu dalam mengembangkan buku teks kontekstual. Metode yang digunakan terdiri dari dua tahap utama, yaitu pelatihan dan pendampingan. Hasil pelayanan menunjukkan antusiasme yang tinggi dari para guru, karena mereka berada di daerah terpencil dan sebelumnya tidak pernah mendapatkan perhatian dari pihak lain. Melalui program ini, para guru yang terlibat dapat membuat buku teks kontekstual

Keywords


pendampingan, buku ajar, kontekstual.

Full Text:

PDF

References


Anjarini, T., Lathifah, D. A., & Hidayati, A. U. (2022). Pelatihan Penerapan Media Pembelajaran Kontekstual Sekolah Dasar Masa Pandemi bagi Guru SD Muhammadiyah Purworejo. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(2), 727–732. https://doi.org/10.54082/jamsi.311

Elmer, T., & Stadtfeld, C. (2020). Depressive symptoms are associated with social isolation in face-to-face interaction networks. Scientific Reports, 10(1), 1–12. https://doi.org/10.1038/s41598-020-58297-9

Firlia, A., & Sukmawati, W. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kontekstual Materi Sumber Energi Kelas III di SD Muhammadiyah 37 Tangerang Selatan. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(3), 899. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.844

MacDonald, L., Fejzic, J., & Cottrell, W. N. (2018). Pharmacy students’ understanding and perceptions around medication adherence. Pharmacy Education, 18(1), 41–49.

Restian, A., Inayati, N., Andalas, E. F., & Malang, U. M. (2022). PENDAMPINGAN PENYUSUNAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK KONTEKSTUAL-BILINGUAL BAGI GURU SDN 2 Resona : Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat. 6(2), 81–90.

Rosa, E., Salom, R., & Perea, M. (2022). Contextual diversity favors the learning of new words in children regardless of their comprehension skills. Journal of Experimental Child Psychology, 214, 105312. https://doi.org/10.1016/j.jecp.2021.105312

Rosli, R., Abdullah, M., Siregar, N. C., Abdul Hamid, N. S., Abdullah, S., Beng, G. K., Halim, L., Daud, N. M., Bahari, S. A., Majid, R. A., & Bais, B. (2020). Student Awareness of Space Science: Rasch Model Analysis for Validity and Reliability. World Journal of Education, 10(3), 170. https://doi.org/10.5430/wje.v10n3p170

Sadikin, A., Johari, A., Sukmono, T., Sanjaya, M. E., & Natalia, D. (2019). Peningkatan Pembelajaran Biologi Melalui Contoh-Contoh Kontekstual Bagi Guru-Guru MGMP di Kabupaten Tanjung Jabung Barat-Jambi-Indonesia. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 64–73

.

Sailer, M., Schultz-Pernice, F., & Fischer, F. (2021). Contextual facilitators for learning activities involving technology in higher education: The C♭-model. Computers in Human Behavior, 121(March), 106794. https://doi.org/10.1016/j.chb.2021.106794

Sukmawati, W. (2014). PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN SAINTIFIK INKUIRI PADA POKOK BAHASAN KLASIFIKASI MATERI UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DAN SIKAP SAINS SISWA. 139.

Sukmawati, W., Kadarohman, A., Sumarna, O., & Sopandi, W. (2021). Analysis of reduction of COD ( Chemical Oxygen Demand ) levels in tofu waste using activated sludge method. 2(April), 339–345.

Sukmawati, W., Sari, P. M., & Yatri, I. (2022). Online Application of Science Practicum Video Based on Local Wisdom to Improve Student’s Science Literacy. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2238–2244. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i4.1940

Sulkipani, S., Chotimah, U., Faisal, E. El, & Juniko, K. Y. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan Buku Ajar Berbasis Kontekstual Pada Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 12(01), 1. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v12i01.9273

Wati Sukmawati, Asep Kadaroman, Omay Suwarna, W. S. (2020). Development of Teaching Materials Based on Conceptual Change Text on Redox Materials for Basic Chemicals on Redox Concept. Edusains, 12(2), 243–251. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/edusains/article/view/15090/pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i5.1555-1560

Refbacks

  • There are currently no refbacks.