PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG PEMBERIAN DAN PEMILIHAN BAHAN PANGAN LOKAL YANG BAIK UNTUK PEMBUATAN MP-ASI DI KABUPATEN GRESIK

Diani Octaviyanti Handajani, Suprapti Suprapti, Aidha Rachmawati

Abstract


Seorang anak akan mengalami masa pertumbuhan dan perkembangan otak secara optimal pada usia 0 sampai dengan 24 bulan awal kehidupannya, sehingga hal tersebut merupakan salah satu aspek prioritas untuk diperhatikan oleh orang tua, untuk itu perlunya nutrisi yang optimal pada masa tersebut, sehingga pentingnya orang tua mengetahui tentang pemberian dan pemilihan bahan makanan pada Makanan Pendamping ASI untuk buah hati mereka, karena salah satu faktor penyebab gizi buruk pada balita adalah kurangnya pengetahuan pada keluarga tentang gizi dan cara penanggulangannya sehingga balita kurang mendapatkan makanan bergizi seimbang yang cukup. Desa Sidojagung terdapat keterbatasan akan pengetahuan terhadap pemberian dan pemilihan bahan makanan pada Makanan Pendamping ASI untuk buah hati mereka. Tujuan dari Pengabdian Masyarakat ini dapat membantu ibu balita dan ibu kader di Desa Sidojangkung untutk mengetahui tentang pemberian dan pemilihan bahan makanan untuk Makanan Pendamping ASI. Pengabdian masyarakat ini menunjukan bahwa kegiatan ini berjalan dengan lancer dan 25 ibu 100% menerima pendidikan dengan baik


Keywords


Pendidikan MP-ASI, Pemilihan Bahan Pangan, Gizi Balita

Full Text:

PDF

References


Mufida. 2015. Prinsip Dasar MP-ASI Untuk Bayi Usia 6-24 Bulan. Jurnal Pangan dan Agroindustri. 3 (4): 1646–51.

Husnah. 2017. Nutrisi Pada 1000 Hari Pertama Kehidupan. Jurnal Kedokteran Syiah Kuala. 179–83.

Kementrian RI. 2021. Profil Kesehatan Indonesia 2020. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Available from: https://pusdatin.kemkes.go.id/resources/download/pusdatin/profil-kesehatan-indonesia/Profil-Kesehatan-Indonesia-Tahun-2020.pdf

Dinkes Jawa Timur. 2020. Profil Kesehatan Provinsi Jawa Timur Tahun 2019. Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur.

Acharya P, Khanal V. 2015. The Effect Of Mother’s Educational Status On Early Initiation Of Breastfeeding: Further Analysis Of Three Consecutive Nepal Demographic And Health Surveys Global Health. BMC Public Health. 15(1).

Putu Aurilia Chlaresta Putri, I G A Ari Widarti NMD. 2018. Pola Pemberian Mp-Asi Dan Status Gizi Bayi Usia 6-12 Bulan Di Wilayah Kerja Upt Kesmas Tampaksiring I. Jurnal Nutrition Sci. 7 (4).

Adriani, M., Wirjatmadi B. 2016. Peranan Gizi dalam Siklus Kehidupan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Hanindita M. 2020. Fakta Tentang MPASI. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Provensi Sumatera Barat DK. 2006. Petunjuk Pelaksanaan Dan Teknis Pemberian MP-ASI Lokal. Profinsi Sumatara Barat.

Arifin Z. 2016. Gambaran Pola Makan Anak Usia 3-5 Tahun Dengan Gizi Kurang Di Pondok Bersalin Tri Sakti Balong Tani Kecamatan Jabon – Sidoarjo. Midwiferia.

Nur A, Valensia Y, A Lobo MY. 2021. Pelatihan Pengolahan Pangan Lokal Sumber Protein Untuk Meningkatkan Status Gizi Balita Di Kampung Nelayan Oesapa Kupang. To Maega Jurnal Pengabdian Masyarakat.4 (2) : 170.

Diani, O.H, dkk 2021. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu. Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia. 16 (3).

Yendi, dkk. 2017. Hubungan Antara Peran Ibu Dalam Pemenuhan Gizi Anak Dengan Status Gizi Anak Praekolah Di TK Dharma Wanita Persatuan 2 Tlogomas Kota Malang. Nurs News (Meriden).

World Health Organization. 2013. Global Strategy For Infant And Young Child Feeding. Geneva. Geneva : World Health Organization.

Fauziah SA, Sudarti. 2017. Pengaruh Penyuluhan Tentang Pangan Lokal Untuk Balita Terhadap Pengetahuan Ibu Balita Di Cokrobedog. Med Respati Jurnal Ilmu Kesehatan. Available from: http://medika.respati.ac.id/index.php/medika/article/view/42

Murlan, Ruwiah, Suardi S LW, NL P. 2015. Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Ibu Balita Dalam Pemanfaatan Sisa Produk Virgin Coconut Oil (Blondo Vco) Pada Makanan Lokal Untuk Peningkatan Gizi Balita Di Kabupaten Buton. Buletin. Penelitan Sist Kesehat. 18(3).




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i5.1624-1628

Refbacks

  • There are currently no refbacks.