KOMUNIKASI KEPEMIMPINAN DALAM PENGELOLAAN ORGANISASI KOMUNITAS PEREMPUAN TANGGUH NASIONAL

Dwi Purbaningrum, Juni Alfiah Chusjairi, Rini Sudarmanti

Abstract


Dinamika organisasi terbentuk melibatkan anggotanya yang memiliki latar belakang yang berbeda-beda.  Ketersediaan perangkat struktur kepemimpinan  diperlukan untuk menakhodai bekerjanya suatu organisasi.  KOMPETeN sebagai salah satu entitas komunitas perempuan perlu memaksimalkan peran dan fungsi komunikasi kepemimpinan dalam pengelolaan anggotanya terutama pada saat pandemi Covid 19, dimana gerak organisasi terbatas untuk dapat saling berkoordinasi melalui tatap muka langsung. Upaya mengkonfirmasi kesalahpahaman tidak lagi dapat dengan mudah dilakukan satu sama lain  sehingga berpotensi menimbulkan konflik. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan penguatan pada pengelolaan organisasi melalui penyegaran pada kemampuan komunikasi kepemimpinan untuk menghasilkan kerjasama tim yang lebih baik. Metode  yang dilakukan adalah diskusi dan wawancara melalui pendekatan Appreciative Inquiry. Intervensi kepada para pengelola organisasi meliputi pemberian materi, diskusi, ice breaking, kuis atau permainan dalam pertemuan daring.  Pengembangan wawasan dan contoh pengelolaan komunikasi organisasi diharapkan dapat memberikan pengalaman aplikatif mengenai kecakapan mengelola organisasi guna mencapai tujuan sesuai dengan harapan pembentukkannya.

Keywords


KOMPETeN, kepemimpinan, perempuan, appreciative inquiry

Full Text:

PDF

References


Andriani, S., & Firdaus, D. H. (2017). FENOMENA DAN MOTIVASI IBU RUMAH TANGGA BERKOMUNITAS DALAM ENTREPRENEUR PERSPEKTIF GENDER DI KOTA MALANG (Studi Kasus pada Komunitas Preman Super, Club Sosialita, dan Asosiasi Pengrajin Kota Malang/APKM). EGALITA, 11(1). https://doi.org/10.18860/egalita.v11i1.4555

Bhegawati, D. A. S., Suryandari, N. N. A., & Novarini, N. N. A. (2020). Peranan ibu rumah tangga nelayan di Desa Kusamba dalam pengelolaan keuangan dari usaha hasil perikanan untuk meningkatkan ekonomi keluarga dimasa pandemi COVID-19. Prosiding Webinar Nasional Peranan Perempuan/Ibu Dalam Pemberdayaan Remaja Di Masa Pandemi COVID-19, Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Indonesia, B. P. S. R. (2021). Perempuan dan Laki-laki di Indonesia 2021 (A. Chamami & I. Sahara (eds.)). Badan Pusat Statistik.

Juita, F., Mas`ad, M., & Arif, A. (2020). Peran Perempuan Pedagang Sayur Keliling Dalam Menopang Ekonomi Keluarga Pada Masa Pandemi COVID-19 di Kelurahan Pagesangan Kecamatan Mataram Kota Mataram. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(2). https://doi.org/10.31764/civicus.v8i2.2916

Nugraha, Y. E., & Utami, S. E. (2021). Pemberdayaan Pengrajin Tenun Ikat Melalui Inovasi Masker Tenun Sebagai Upaya Meningkatkan Pendapatan di Masa Pandemi COVID-19. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.24036/abdi.v3i2.114

Purbaningrum, D. (2012). Organisasi dan Komunikasi Organisasi. Kutubkhanah, 15(1).

Ridwan, T., Kamaludin, R., Siri, T., Priyanto, A., Khusaeni, N., & dan Sulistianingsih, F. (2020). Pemberdayaan Ekonomi Ibu-Ibu Jamaah Masjid Jagatamu Akibat Pandemi Covid-19 di Kelurahan Tukmudal Sumber Cirebon. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 1(5).

Sofiati, S., & Anggraeni, I. (2021). Strategi Memikat Dan Mempertahankan Pelanggan Melalui Digital Marketing Dan Aplikasi Keuangan Fintech Warung Jamu Tradisional Pada Era Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Padma Sri Kreshna, 3(1). https://doi.org/10.37631/psk.v3i1.396

Sri, M. K. R. I. M. (2022, January 10). Menkeu: Perempuan Berperan Penting dalam UMKM. Rakernas PPUMI Kementrian Keuangan Republik Indonesia. https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/berita/menkeu-perempuan-berperan-penting-dalam-umkm/#:~:text=Di tingkat usaha mikro%2C 52,ribu pelaku usahanya adalah perempuan.

Stephen W. Littlejohn, Foss, K. A., & Oetzel, J. G. (2012). THEORIES OF HUMAN COMMUNICATION Eleventh Edition. In Waveland Press, Inc. (Vol. 53, Issue 95). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Sudarmanti, R., Bauwe, S. Van, & Longman, C. (2015). WOMEN’S EMPOWERMENT: EXAMINING LEADERSHIP COMMUNICATION OF WOMEN ENTREPRENEURS IN INDONESIA AND THE USA. Jurnal Komunikasi, Malaysian Journal of Communication. https://doi.org/10.17576/jkmjc-2015-3101-08

Watkins, J. M., Mohr, B., & Kelly, R. (2011). Appreciative Inquiry: Change at the Speed of Imagination: Second Edition. In Appreciative Inquiry: Change at the Speed of Imagination: Second Edition. https://doi.org/10.1002/9781118256060

Whitney, D., & Trosten-bloom, A. (2014). The Power of Appreciative Inquiry. The Power of Appreciative Inquiry a Practical Guide to Positive Change, 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i6.1966-1975

Refbacks

  • There are currently no refbacks.