PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK MELALUI DIGITAL MARKETING DI KELURAHAN MALANU DISTRIK SORONG UTARA
Abstract
Runtuhnya perekonomian dunia sejak pandemi COVID-19 menjadi salah satu sebab berubahnya trend bisnis mengarah ke bisnis online. Bisnis online merambah di semua lini dari anak muda sampai ibu-ibu rumah tangga. Namun pengetahuan tentang bisnis online masih sangat minim khususnya para ibu-ibu rumah tangga. Peran ibu-ibu rumah tangga dalam penguatan ekonomi keluarga salah satunya adalah dengan membuka usaha jualan masakan jadi, akan tetapi pengelolaan usaha yang selama ini dilakukan adalah dengan cara yang sederhana dalam bentuk lapak-lapak, sehingga diperlukan upaya bagaimana cara memasarkan produknya sehingga dapat menjangkau konsumen yang lebih luas dan dapat bertahan dalam persaingan dagang. Tujuan dari pengabdian ini adalah memberikan pelatihan digital marketing untuk ibu rumah tangga di Kelurahan Malanu dengan metode pelatihan pengenalan media sosial yaitu facebook untuk memasarkan hasil masakan. Kemudian hasil yang dapat diambil menunjukan bahwa potensi ibu rumah tangga sebenarnya mempunyai pengaruh terhadap perekonomian rumah tangga agar tetap terjaga. Pelatihan digital marketing pada ibu rumah tangga di Kelurahan Malanu diharapkan dapat membantu ibu rumah tangga yang mempunyai usaha dalam mengoptimalkan teknologi serta media untuk memperlancar usaha dalam membantu perekonomian.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abadi. (2015). Sell Like a Wolf: Million Dollar Sales Techniques. Elex Media Komputindo.
Fahriyah, A., & Yoseph, R. (2020). Keunggulan Kompetitif Spesial sebagai Strategi Keberlanjutan UKM di Era New Normal. Prosiding Seminar Stiami, 7(2), 104–119.
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. In Jurnal Manajemen Dewantara (Vol. 1, Issue 2). https://doi.org/https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175
Keller, K. L., & Kotler, P. (2015). Holistic marketing: a broad, integrated perspective to marketing management. In Does Marketing Need Reform?: Fresh Perspectives on the Future (pp. 308-313). Routledge.
Hadiono, K .,Candra, R., Santi, N,.(2020). Menyongsong Transformasi Digital. Proceeding SENDIU 2020.
Pradiani, T. (2017). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. JIBEKA, 11(2), 46–53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45.
Pangestika, Nur Lia (2018). Pengaruh pemanfaatan media sosial whatsapp terhadap penyebaran informasi pembelajaran di SMA Negeri 5 Depok. BS thesis. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Santoso, B. I., Agustini, P. M., & Kurnia, A. (2020). sosialisasi Digital Marketing untuk Ibu- Ibu Rumah Tangga di Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur. Indonesian Journal for Social Responsibility, 2(2), 35–42. https://doi.org/10.36782/ijsr.v2i2.24
Shin. (2018). The Sales Codes: Kitab untuk Para Sales. Alfa Cemerlang Edindo.
Soerojo, D. R. (2019). A. Sales Breakthrough: Buku Wajib Orang Sales. Gramedia Pustaka Utama.
Susanto, G. (2017). The Power of Digital Marketing. Elex Media Komputindo.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i5.1832-1837
Refbacks
- There are currently no refbacks.