PENGEMBANGAN UMKM JAMUR TIRAM DALAM UPAYA PEMULIHAN EKONOMI MASYARAKAT CIANJUR PASCA GEMPA

U. Ahmad Ali Andre, Nurul Rusdiansyah, Dania Meida Rosyidah, Agistia Putri Suherman, Muhamad Rival Anugerah, Nandi Setiawan, Devini Maharani Putri

Abstract


Gempa bumi Cianjur menyebabkan pelemahan berbagai aspek salah satunya adalah perekonomian. Bidang perekonomian yang paling terdampak adalah UMKM salah satunya budidaya jamur tiram. Jamur tiram merupakan salah satu komoditas Desa Talaga yang dikembangbiakkan dengan media baglog. Tujuan dan manfaat dari penelitian ini adalah untuk melakukan pengembangan UMKM terutama budidaya jamur tiram dan untuk mengurangi angka pengangguran di Desa Talaga. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan observasi, wawancara dan studi pustaka. Desa Talaga merupakan daerah yang cukup strategis untuk budidaya jamur tiram, proses budidaya yang dilakukan meliputi penyiapan serbuk gergaji, pencampuran media, pengomposan, pembuatan baglog, sterilisasi, inokulasi, inkubasi dan pemeliharaan. Pengembangan UMKM budidaya jamur merupakan salah satu solusi untuk pemulihan ekonomi masyarakat pasca gempa di Desa Talaga.


Keywords


gempa bumi, pengembangan umkm, jamur tiram

Full Text:

PDF

References


Anah, L., Sugi, L., Ningsih, R., Laili, C. N., & Hasyim, U. (2023). ARSY : Aplikasi Riset kepada Masyarakat To Business Recovery After Pandemic Covid-19 Transformasi Bisnis Digital UMKM Jamur Tiram Sebagai Solusi Pemulihan Usaha Pasca Pandemic Covid-19. 3(2), 271–276.

Energi, P., & Lingkungan, R. (2023). 3 1,2,3. 2(2), 771–778.

Sunandar, A., Sumarsono, R. B., Witjoro, A., & Husna, A. (2018). Budidaya Jamur Tiram: Upaya Menyerap Tenaga Kerja Dan Meningkatkan Kesejahteraan Pemuda Desa. ABDIMAS PEDAGOGI: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 114–121.

Zulfarina, Z., Suryawati, E., Yustina, Y., Putra, R. A., & Taufik, H. (2019). Budidaya Jamur Tiram dan Olahannya untuk Kemandirian Masyarakat Desa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 5(3), 358. https://doi.org/10.22146/jpkm.44054




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i4.1459-1465

Refbacks

  • There are currently no refbacks.