PENDAMPINGAN PENGURUSAN SERTIFIKASI PRODUK MAKANAN HALAL BAGI PELAKU USAHA STREETFOOD DALAM MENDUKUNG MALANG MENJADI HALAL TOURISM CITY

R. Tanzil Fawaiq Sayyaf, Luciana Anggraeni, Salsabila Khoirunnisa

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk mendukung Kota Malang menuju Halal Tourism City. Berdasarkan amanat Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2022 tentang Penetapan Label Halal sebagai pelaksanaan Pasal 37 UU Nomor 33 Tahun 2014. Target pemerintah pada tahun 2024 seluruh produk makanan, minuman dan obat-obatan wajib mempunyai sertifikat halal. Pelaksanaan pengabdian ini dilakukan kepada pelaku usaha di sepanjang Jalan Tirto Utomo yang memiliki pelaku usaha kecil sampai mikro yang menyediakan pelbagai jenis makanan dan minuman. Peserta diberikan pendampingan dan penyuluhan tentang makanan halal sampai prosedur teknis untuk melakukan sertifikasi halal. Penyuluhan dilakukan untuk memberikan penguatan dan pemahaman tentang pentingnya untuk melakukan sertifikasi halal pada produk yang dipasarkan oleh Mitra. Pelatihan dilakukan untuk memberikan skill dalam penyusunan dokumen yang menjadi prasyarat untuk mendaftarkan ikrar halal Muhammadiyah. Pendampingan dilakukan dengan cara memberikan pengarahan, komunikasi, dan penulisan penyusunan manual SJH (Sistem Jaminan Halal). Pendampingan dilakukan dengan cara mendorong Mitra untuk melakukan pendaftaran sertifikasi halal gratis melalui program SEHATI atau melalui Ikrar Halal Muhammadiyah. Adapaun pengabdian ini dilaksankan melalui tiga  tahapan  yaitu: pra konstruksi,  konstruksi dan pasca   konstruksi.


Keywords


Sertifikasi Halal; Streetfood, Halal Tourism City

Full Text:

PDF

References


Aang Yusril M (2020) ‘Model Pengembangan Industri Halal Food Di Indonesia’, At-Tasyri’: Jurnal Hukum dan Ekonomi Syariah, 1(01), pp. 30–49. Available at: https://doi.org/10.55380/tasyri.v1i01.21.

Ahyani, H. et al. (2021) ‘POTENSI HALAL FOOD TERHADAP PEREKONOMIAN MASYARAKAT DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 Proses in Jurnal IAIN Batusangkar 31 jan 2021 - Halal Food’.

Al-baari, A.N. (2014) ‘Implementasi Jaminan Produk Halal Bagi Jaringan Pengusaha Muslim Indonesia dan Saudagar Muhammadiyah Kota Semarang’, 4(2), pp. 62–66.

Ali, M. (2016) ‘The Concept of Halal Food in Sharia Perspective and Product Responsibility of Halal Industr’, Ahkam: Jurnal Ilmu Syariah, 16(2), pp. 291–306. Available at: https://doi.org/10.15408/ajis.v16i2.4459.

Hasanah, A. et al. (2021) ‘Peningkatan Kualitas UMKM Kabupaten Pati Melalui Pengenalan Sertifikasi Halal’, Indonesian Journal of Halal, 4(2), pp. 67–70.

Huda, N. et al. (2022) ‘Strategic Model for Halal Tourism Development in Indonesia: A Preliminary Research’, … Journal of Halal …, 2(2022), pp. 53–64. Available at: https://doi.org/10.15575/ijhar.v4i2.11849.

Hudaefi, F.A. and Jaswir, I. (2019) ‘Halal Governance in Indonesia: Theory, Current Practices, and Related Issues’, Journal of Islamic Monetary Economics and Finance, 5(1), pp. 89–116. Available at: https://doi.org/10.21098/jimf.v5i1.1049.

Jaih Mubarok, Khotibul Umam , Destri Budi Nugraheni, V.A. et al. (2018) ‘Modul Hukum Ekonomi Islam’, in Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, p. 14. Available at: https://doi.org/10.26618/j-hes.v3i1.2117.

Purnama, T.S., Zirmansyah, Z. and Fitriyana, I. (2021) ‘Pesantren as a Halal Center Institution Towards Religious Tourism Development’, Indonesian Journal of Halal Research, 3(1), pp. 1–7. Available at: https://doi.org/10.15575/ijhar.v3i1.10768.

Rokhim, S. et al. (2021) ‘End Point Polymerase Chain Reaction for Porcine Detection on Food Product of UIN Sunan Ampel Surabaya Canteen’, Indonesian Journal of Halal Research, 3(1), pp. 21–26. Available at: https://doi.org/10.15575/ijhar.v3i1.11149.

Sucipto, S. et al. (2021) ‘Traceability of Halal Control Point in Material, Production, and Serving to Support Halal Certification in Universitas Brawijaya Canteen’, Indonesian Journal of Halal Research, 3(2), pp. 75–86. Available at: https://doi.org/10.15575/ijhar.v3i2.11401.

Syafitri, M.N., Salsabila, R. and Latifah, F.N. (2022) ‘Urgensi Sertifikasi Halal Food Dalam Tinjauan Etika Bisnis Islam’, Al Iqtishod: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ekonomi Islam, 10(1), pp. 16–42. Available at: https://doi.org/10.37812/aliqtishod.v10i1.305.

Yulia, Lady (2015) ‘Strategi Pengembangan Industri Produk Halal’, Jurnal Bisnis Islam, 8(1), pp. 121–162.

Zahrah, A. and Fawaid, A. (2019) ‘Halal Food di Era Revolusi Industri 4.0: Prospek dan Tantangan’, Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, 3(2), pp. 121–138. Available at: https://doi.org/10.21009/hayula.003.2.01.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i6.2048-2058

Refbacks

  • There are currently no refbacks.