MESIN PENGGILING SOLUSI MENGURANGI LIMBAH KERANG HIJAU DI DESA BAYUURIP, KECAMATAN UJUNG PANGKAH, KABUPATEN GRESIK

Didik Sugiono, Shultoni Mahardika, R. Yudi Hartono, Supardi Supardi, Abd. Salam, Catur Satria Sowan S, Ahmad Faishol

Abstract


Desa Bayu Urip merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Ujung Pangkah, Kabupaten Gresik. Desa ini merupakan salah satu desa yang memiliki potensi karena wilayah dekat dengan laut, membuat mayoritas warga desa bekerja sebagai nelayan. Selain menangkap ikan, desa Bayuurip juga membudidayakan kerang hiaju sebagai penghasil laut.Desa ini menghasilkan kerang yang cukup tinggi sebagai hasil lautnya,berdampak banyak menghasilkan limbah cangkang kerang sebagai hasil sampingnya.Kegiatan pengabdian ini untuk memberikan solusi dalam mengurangi limbah, diperlukan suatu  mesin penghancur atau penggiling cangkang kerang hijau yang ramah lingkungan sehingga perlahan - lahan dapat mengurangi problem limbah tersebut serta target luaran pemahaman dan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan meningkat. Metode pengabdian masyarakat ini membuat mesin penggiling cangkang kerang hijau yang terciptanya mesin sesuai kebutuhan.Mesin mesin penggiling memiliki penggerak Diesel Engine berdaya 6,5 HP dan memiliki kecepatan putar motor 3000 Rpm. Kapasitas produksi mesin ini yakni 60 kg/jam untuk menggiling atau menghancurkan cangkang kerang hijau. Rata-rata ukuran penggilingan yang didapatkan dari mesin yaitu 0-2 mm. 


Keywords


Mesinpenggiling, cangkangkerang hijau, limbah, kesehatan

Full Text:

PDF

References


Adrie Frans Assa,dkk,(2020) Pkm Upaya Penambahan nilai Ekonomi Kerang Hijau Melaluipelatihan Pembuatan Bakso,Nugget,dan Kerupuk di Blok Empang, Laporan kemajuan Pengabdian Masyarakat, Universitas Kristen Krida Wacana Jakarta, no. S2 (January 15, 2007): 348–358.

Faujiah, Anna, 2013, Jurnal Amdal Pengelolaan Limbah Kulit Kerang Di Kelurahan Cilincing Jakarta Utara.

Widiyanti, A., Rahmayanti, A., Hamidah, L.N., Chikmawati, Z., Prayogi, Y.R., A’yuni, Q., 2019, Pengelolaan Sampah Dengan Sistem 3R di Bank Sampah Cangkringsari Berseri Desa Cangkringsari Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo, e-Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan Sains (SNasTekS), hal. 77-82.

Sularso, K. (1994). Dasar-Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin. Pradnya Paramita Jakarta.

Taufiqurrohman, M; Winarno Arif; Sulistyo, Wahyu, 2007, Rancang Bangun Mesin Penghancur Kulit Kerang Untuk Meningkatkan Nilai Tambah Dari Limbah Pengupasan.

Wandes Sitanggang. (2020). Rancang Bangun Alat penghancur Cangkang Siput Kapasitas 100 kg/jam,Skripsi Program Studi Teknik Mesin,Fakultas Teknik Universitas Medan Area.

Sukardi.2004. Metodologi Pengabdian Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i4.1425-1432

Refbacks

  • There are currently no refbacks.