REKONSTRUKSI PENYUSUNAN DAN PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN BUMNag BARINGIN SAIYO BERDASARKAN PSAK ETAP

Lesmana Niagara, Khairunnisaa Khairunnisaa, Sri Adella Fitri, Nita Fitria, Mega Rahmi

Abstract


BUMNag Baringin Saiyo masih memiliki kendala dalam penyusunan laporan keuangannya. Masih menghadapi kendala tentang SDM yang kurang paham dengan ilmu akuntansi yang memadai untuk melakukan pencatatan laporan keuangan. BUMNag Baringin Saiyo ini masih melakukan pencatatan laporan keuangannya dengan sederhana seperti pencatatan uang masuk dan uang keluar. Tujuan Pendampingan pengabdian ini dilakukan yaitu untuk membantu BUMNag dalam Penyusunan Laporan Tahunannya yang berdasarkan dengan PSAK ETAP. Adapun metode yang digunakan yaitu 1. Focus group discussion (FGD) 2. Mengumpulkan data dan transaksi yang berkaitan dengan kegiatan operasional. 3. Pengurus BUMNag memberikan data transaksi tahun 2022 dalam bentuk soft copy yang berisi data transaksi dan rekening korannya. 4. Melakukan penyesuaian data transaksi yang di softcopy dengan rekening koran yang asli 5. Setelah data terkumpul semua, maka tim akan memulai melakukan pemanduan dalam menyusun Laporan Keuangannya. Dari pendampingan yang telah dilakukan selama tahun 2023 maka sudah tersusunan Laporan Keuangan BUMNag tahun 2022 yang berupa atas laporan posisi keuangan, laporan laba rugi, laporan biaya operasional serta catatan atas laporan keuangan. Selain itu juga membuatkan contoh atau templet yang berguna untuk panduan dalam menyusun laporan keuangan tahunan pada tahun berikutnya, sehingga BUMNag bisa menyusun laporan keuangan sendiri.

 


Keywords


Laporan Keuangan; BUMNag

Full Text:

PDF

References


Alfurkaniati. (2017). Pengantar Akuntansi I. CV. Madenatera.

Dharma, S. (2012). Manajemen Kinerja Falsafat Teori dan Penerapannya. Pustaka.

Fitri, S. A., & Usra, Z. I. (2022). Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan BerdasarkanSAK ETAP pada BUMNag

Wahana Karya Mandiri Barulak. SENTIMAS: Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 542–550.

https://journal.irpi.or.id/index.php/sentimas

Fitri, S. A., & Yozu, A. M. (2022). Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan BUMNag Saiyo Sakato Nagari Gurun Menggunakan Microsoft Excel Sederhana. Jurnal Abdimas Adpi Sosial Dan Humaniora, 3(3), 392–397. https://doi.org/10.47841/jsoshum.v3i3.244

Hans Kartikahadi., D. (2012). Akuntansi Keuangan Menengah berbasis Sak Berbasis IFRS Buku I. Selemba Empat.

Ikatan Akuntan Indonesia. (2009). Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (S. Empat (ed.)).

Ikatan Akuntan Indonesia. (2019). Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK-ETAP). Selemba Empat.

Kasmir. (2017). Analisis Laporan Keuangan. PT Raja Grafindo Persada.

Martani, D. (2017). Akuntansi Keuangan Menengah. Selemba Empat.

Oliyan, F., Heriyanto, R., & Santi, E. (2022). Bimtek Penyusunan Laporan Keuangan BUMNag Tungku Tigo Sajarang. Jurnal ABDIMAS: Pengabdian Dan Pengembangan Masyarakat, 4(1), 31–36.

Pemerintah Daerah. (2018). Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Barat Nomor 7 Tahun 2018 Tentang Nagari. 21, 1–9.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i5.1545-1554

Refbacks

  • There are currently no refbacks.