MENINGKATKAN PEMAHAMAN MITIGASI BENCANA PADA ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN SAINS, VIDEO EDUKASI DAN PRAKTIK SIMULASI

Firdha Hayati, Anwar Zain, Uswatun Nisa, Hanifah Hanifah, Anisa Fitri Syahida

Abstract


Provinsi Kalimantan Selatan mengalami hujan berturut turut selama 14 hari dengan intensitas tinggi mengakibatkan bencana alam. Fenomena ini menimbulkan banjir, longsor, hilangnya pemukiman warga, gugurnya korban jiwa serta rusaknya lingkungan dan fasilitas umum. Sebanyak 10 dari 13 Kabupaten/ Kota terdampak banjir di Kalimantan Selatan. Selain orang dewasa yang menjadi korban, anak-anak juga menjadi kelompok masyarakat yang paling banyak terkena dampak segi materil dan juga dari segi psikologis/ traumatis.  Berlatar belakang tersebut maka peneliti tertarik untuk mengadakan kegiatan mitigasi bencana pada anak usia dini melalui kegiatan sains, video edukasi dan juga praktik simulasi bencana alam. Kegiatan ini bertujuan agar anak dapat mampu memahami dan mengurangi risiko bencana alam banjir dengan menjaga lingkungan dan sejenisnya. Kemudian anak diharapkan mampu menanggulangi bencana alam dengan menyelamatkan diri. Kegiatan ini dilaksanakan sebanyak 1 kali dengan memberikan materi pembelajaran melalui kegiatan sains, menunjukkan video edukasi dan mendampingi praktik simulasi dalam penanganan bencana. Hasil dari kegiatan ini ialah anak mampu memahami proses terjadinya hujan, penyebab timbulnya banjir maupun cara menjaga kelestarian lingkungan yang aman dari banjir dan anak mampu mempraktikan cara menyelematkan diri dari bencana setelah sebelumnya diberikan pengetahuan tentang mitigasi bencana.


Keywords


disaster mitigation; science activity; simulation practice

Full Text:

PDF

References


Anggarasari, N. H., & Dewi, R. S. (2019). Mitigasi Bencana pada Anak Usia Dini. EARLY CHILDHOOD:JURNAL PENDIDIKAN, 3(1), 68–77. https://doi.org/10.35568/EARLYCHILDHOOD.V3I1.438

Ardianto, A. (2013). Implementasi Pendidikan Mitigasi Bencana Gempa Bumi Oleh Guru Di SMP Al Islam Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/2013 - UMS ETD-db. Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Brame, C. J. (2016). Effective Educational Videos: Principles and Guidelines for Maximizing Student Learning from Video Content. CBE Life Sciences Education, 15(4), es6.1-es6.6. https://doi.org/10.1187/CBE.16-03-0125

Bryant, R. A., Gibbs, L., Gallagher, H. C., Pattison, P., Lusher, D., MacDougall, C., … Forbes, D. (2018). Longitudinal Study of Changing Psychological Outcomes following the Victorian Black Saturday Bushfires. The Australian and New Zealand Journal of Psychiatry, 52(6), 542–551. https://doi.org/10.1177/0004867417714337

Clapper, T. (2010). Role Play and Simulation: Returning to Teaching for Understanding. Education Digest: Essential Readings Condensed for Quick Review.

Fothergill, A. (2017). Children, Youth, and Disaster. Oxford Research Encyclopedia of Natural Hazard Science.

https://doi.org/10.1093/ACREFORE/9780199389407.013.23

Hardiyana, A., Afiani, W. F., & Fajria, N. R. (2022). Efektivitas Pendidikan Anak di Lingkungan Keluarga dalam Pembentukan Moral Anak Usia Dini. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 5(1), 27–42. https://doi.org/10.24252/NANANEKE.V5I1.26277

Hasmira, H., Anwar, A., & Yusuf, M. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn pada Siswa Kelas IV di SD Negeri 1 Ngapa. Jurnal Wahana Kajian Pendidikan IPS, 1(2), 128–137. https://doi.org/10.33772/JWKP-IPS.V1I2.7452

Hayudityas, B. (2020). Pentingnya Penerapan Pendidikan Mitigasi Bencana di Sekolah untuk Mengetahui Kesiapsiagaan Peserta Didik. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 94–102. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/407

Kousky, C. (2016). Impacts of Natural Disasters on Children. Journal of Spring, 26(1), 73.

Muslina, M., Halim, A., & Khaldun, I. (2018). Kelayakan Media Animasi Hukum Newton II Tentang Gerak pada Bidang Miring dan Katrol di SMA Kabupaten Aceh Besar. JIPI (Jurnal IPA & Pembelajaran IPA), 1(1), 64–72. https://doi.org/10.24815/jipi.v1i1.9568

Nurjanah, Sugiharto R, Kuswanda, D., & BP Siswanto, A. (2012). Manajemen Bencana. Retrieved from https://lib.stialan.ac.id/index.php?p=show_detail&id=8196&keywords=

Öztürk Yılmaztekin, E., & Erden, F. T. (2017). Investigating early childhood teachers’ views on science teaching practices: the integration of science with visual art in early childhood settings. Early Child Development and Care, 187(7),

–1207. https://doi.org/10.1080/03004430.2016.1160899

Priyandita, I. S. (2021). A Teacher’s Reflection on Effective Learning in Early Childhood. Proceedings of the 5th International Conference on Early Childhood Education (ICECE 2020), 538, 306–309. https://doi.org/10.2991/ASSEHR.K.210322.065

Putri Rahmi, -. (2020). Pengenalan Sains Anak Melalui Permainan Berbasis Keterampilan Proses Sains Dasar. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 43–55. https://doi.org/10.22373/BUNAYYA.V5I2.6389

Rahiem, M. D. ., & Widiastuti, F. (2020). Pembelajaran Mitigasi Bencana Alam Gempa Bumi untuk Anak Usia Dini melalui Buku Bacaan Bergambar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 36–50. https://doi.org/10.2/JQUERY.MIN.JS

Tabi’in, A. (2017). Menumbuhkan Sikap Peduli pada Anak melalui Interaksi Kegiatan Sosial. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 1(1). https://doi.org/10.21043/JI.V1I1.3100

Zahro, I. F., Atika, A. R., & Westhisi, S. M. (2019). Strategi Pembelajaran Literasi Sains Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 121–130. https://doi.org/10.33369/JIP.4.2.121-130




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i5.1533-1544

Refbacks

  • There are currently no refbacks.