SOSIALISASI DAN PENDAMPINGAN PENGOLAHAN TANAMAN KECOMBRANG ( ETLINGERA ELATIOR) SEBAGAI UPAYA UNTUK MEWUJUDKAN USAHA PRODUKTIF IBU AISYIYAH RANTING DESA SITARATOIT

Yusnita Wahyuni Silitonga, Rafiqah Amanda Lubis, Muhammad Nizar Hanafiah Nasution

Abstract


Desa Sitaratoit merupakan salah satu desa di provinsi Sumatera Utara yang berjarak  kurang lebih 10  km  dari  Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan. Penduduk desa Sitaratoit berkisar 350 kepala keluarga. Warga muhammadiyah di desa ini berjumlah 83 KK. Pada umumnya mereka bekerja sebagai petani seperti kebanyakan masyarakat desa Sitaratoit. Tanaman unggulan di desa tersebut adalah salak, akan tetapi juga banyak ditemukan tanaman pertanian lain yang tidak termanfaatkan secara maksimal seperti tanaman kecombrang. Dalam kegiatan pengabdian ini yang dilibatkan adalah ibu-ibu Aisyiyah. Ibu-ibu Aisyiyah di desa ini cukup aktif dalam kegiatan persyarikatan, akan tetapi mereka belum memiliki usaha produktif. Melalui kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat membangkitkan minat ibu Aisyiyah untuk melakukan kegiatan yang bersifat produktif. Kegiatan pada pengabdian ini adalah sosialisasi dan pendampingan pengolahan tanaman kecombrang menjadi olahan pangan seperti stick kecombrang dan siala jelly


Keywords


Kecombrang, Ibu Aisyiyah, Desa Sitaratoit

Full Text:

PDF

References


Chan E., Lim Y. and Omar M. 2007. Antioxidant and Antibacterial Activity of Leaves of Etlingera species (Zingiberaceae) in Peninsular Malaysia. Food Chemistry, 104(4):1586–1593.

Naufalin, R., Jenie, B.S.L., Kusnandar, F., Sudarwanto, M., Rukmini, H. 2005. Aktivitas anti bakteri ekstrak bunga kecombrang terhadap bakteri patogen dan perusak pangan. J. Teknol. Industri Pangan. 16(2):119-125.

Lachumy SJT., Sasidharan S., Sumathy V. and Zuraini Z. 2010. Pharmacological Activity, Phytochemical Analysis and Toxicity of Methanol Extract of Etlingera elatior (Torch Ginger) Flowers. Asian Pacific Journal of Tropical Medicine, 3(10): 769-774.

Simatupang, Horas M. C. , Yunasfi Djayus, and Dwi Suryanto. 2018. "Pengujian Ekstrak Daun Kecombrang (Nicolaia speciose Horan) sebagai Pencegah Pertumbuhan Jamur Saprolegnia sp. pada Ikan Gurami (Osphronemus gouramy) secara In Vitro." Jurnal Aquacoastmarine 6 (2): 116-125.

Valianty K. 2002. Potensi Antibakteri Minyak Bunga Kecombrang. Skripsi. Purwokerto: Jurusan Teknologi Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Jenderal Soedirman.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i7.2272-2277

Refbacks

  • There are currently no refbacks.