PROGRAM PEMBIASAAN PERILAKU PILAH SAMPAH DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN BAGI SISWA SMA DENGAN AUSTISM SPECTRUM DISORDER DI SEKOLAH KHUSUS PELITA BUNDA

Sinta Septena, Mutia Mawardah

Abstract


Beberapa penelitian sebelumnya banyak mengaitkan kemandirian pada siswa dengan autism spectrum disorder dengan aktivitas sehari-hari (AKS). Hasil penelitan menggambarkan anak autis yang tidak mengikuti program AKS adalah anak tersebut tidak memiliki pengembangan keterampilan sendiri untuk makan, berpakaian, aktivitas toilet, kebersihan diri, aktivitas rumah dan masyarakat. Kehidupan sehari-hari memberikan banyak contoh situasi keteraturan, salah satunya misalnya kewajiban untuk membuang sampah. Perilaku pilah sampah merupakan kegiatan mengelompokkan dan memisahkan sampah sesuai dengan jenis, jumlah, atau sifat sampah. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai kemandirian siswa SMA dengan autism spectrum disorder di Sekolah Khusus Pelita Bunda Samarinda dari program pembiasaan perilaku pilah sampah. Metode yang digunakan adalah metode pembiasaan yang pada prosesnya berintikan pengulangan. Dari kegiatan yang telah dilakukan selama masa pengabdian, hasil keseluruhan menunjukkan siswa SMA dengan autism spectrum disorder di Sekolah Khusus Pelita Bunda Samarinda telah mampu untuk melakukan pilah sampah berdasarkan jenisnya secara umum (organik, anorganik dan B3) meskipun dalam praktiknya, siswa masih sering membutuhkan arahan dalam memahami hal baru seperti ketika menentukan jenis sampah yang tidak biasa siswa temui di kehidupan sehari-hari.


Keywords


pembiasaan, perilaku pilah sampah, kemandirian, gangguan spektrum autisme

Full Text:

PDF

References


American Psychiatric Association. (2013). Diagnostic and statistical manual of mental disorders (5th ed.). Arlington, VA: Author.

Budiman, N. (2008). Perkembangan kemandirian pada remaja. Artikel. Bandung : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.

Connelly, J. (2009). The Childhood Autism Rating Scale (CARS).

Desiningrum, dinie Ratri. 2016. Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Psikosain Yogyakarta.

Hidayah, yayuk, Halimah, L., Pandikar, E., & Azhari, N. (2021). Upaya Guru dan Orang Tua Dalam Membangun Karakter Mandiri Siswa Autis di Sekolah Luar Biasa Negeri A Kota Cimahi . JURNAL HURRIAH: Jurnal Evaluasi Pendidikan Dan Penelitian, 2(3), 41-63. https://doi.org/10.5806/jh.v2i3.23

HumairaN., & Sriwulan Ferindian Falatehan. (2021). ANALISIS PERILAKU PEMILAHAN SAMPAH BERDASARKAN THEORY OFPLANNED BEHAVIOR SELAMA PANDEMI COVID-19 . Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 5(1), 18-41. https://doi.org/10.29244/jskpm.v5i1.794

Iswari, Mega and Nurhastuti, Nurhastuti (2018) Pendidikan Anak Autisme. Goresan Pena, Kuningan

Mu’tadin, Z. (2002). Kemandirian Sebagai Kebutuhan Psikologis Pada Remaja. Diakses 8 maret 2023. Dari https://maktabahku.wordpress.com/2008/11/14/kemandirian-sebagai-kebutuhan-psikologis-pada-remaja/

Nashrullah,(2021).Pembentukan Karakter Islami Siswa Berkebutuhan Khusus Melalui Metode Pembiasaan.Journalof Education and Religious Studies, Vol. 01 No. 03Desember 2021. DOI: http://dx.doi.org/10.57060/jers.v1i03.53

Nixon Nixon., Sulis Mariyanti.. (2012). Gambaran Kemandirian Anak Penyandang Autisme Yang Mengikuti Program Aktivitas Kehidupan Sehari Hari (Aks).

Ramadhan, M., & Saripah, I. (2017). Profil kemandirian siswa SMA berdasarkan urutan kelahiran dan implikasinya terhadap bimbingan dan konseling. Indonesian Journal of Educational Counseling, 1(2), 145-162.

Riadi, Muchlisin. (2020). Kemandirian (Pengertian, Aspek, Jenis, Ciri, Tingkatan dan Faktor yang Mempengaruhi). Diakses pada 3/12/2023, dari https://www.kajianpustaka.com/2020/06/kemandirian-pengertian-aspek-jenis-ciri.html

Sa’Diyah, Rika. "Pentingnya Melatih Kemandirian Anak." Kordinat, vol. 16, no. 1, 2017, pp. 31-46, doi: https://dx.doi.org/10.15408/kordinat.v16i1.6453

Suprajitno., & Aida, Rachmi., Buku Bina Aktivitas Anak Autis DI Rumah. 2017.

Ulya, Khalifatul. "Pelaksanaan Metode Pembiasaan di Pendidikan Anak Usia Dini Bina Generasi Tembilahan Kota." Asatiza, vol. 1, no. 1, 2020, pp. 49-60, doi: https://dx.doi.org/10.46963/asatiza.v1i1.58

YPAC. 2011. Buku Pedoman Penanganan dan Pendidikan Autisme YPAC




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i4.1385-1391

Refbacks

  • There are currently no refbacks.