PENINGKATAN KEMAMPUAN PHYSICAL LITERACY BAGI GURU PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI KECAMATAN PALOH

Fitriana Puspa Hidasari, Mimi Haetami, Andika Triansyah, Doni Pranata, Ahmad Atiq, Muhammad Fachrurrozi Bafadal, Victor Simanjuntak, Wiwik Yunitaningrum, Witri Suwanto, Rizki Hazazi Ali

Abstract


Kecamatan Paloh merupakan kecamatan yang terletak di kabupaten sambas provinsi kalimantan barat, kecamatan paloh merupakan kecamatan terluar indonesia berdampingan dengan negara malaysia. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para guru-guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan. Khususnya menanamkan konsep physical literacy bagi guru-guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan baik pada jenjang Sekolah dasar, Menengah dan menengah atas. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan pada tanggal 18-19 Januari 2023 dengan jumlah peserta 20 orang. Peningkatan kemampuan physical literacy dilakukan dengan metode Forum Grup Discussion, melalui demonstrasi praktek dan penyampaian materi. Evaluasi untuk melihat kemampuan physical literacy para guru melalui pemberian lembar observasi, dan selain itu evaluasi terhadap pengabdian kepada masyarakat yang telah dilaksanakan di evaluasi berdasarkan kepuasan para peserta terhadap materi dilakukan melalui pemberian lembar observasi dan presentase hasil survey kepuasan 20 peserta adalah 80 % sangat puas, 15% Puas dan 5% Cukup Puas terhadap pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Dari pelaksanaan kegiatan ini dapat disimpulkan para peserta mampu mengetahui dan menerapkan konsep physical literacy pada pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan.


Keywords


Physical Literacy, Paloh, Pengabdian

Full Text:

PDF

References


Bulqini, A., Puspodari, P., Arfanda, P. E., Suroto, S., & Mutohir, T. C. (2021). Physical Literacy in Physical Education Curriculum. ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 10(2), 55–60.

Cornish, K., Fox, G., Fyfe, T., Koopmans, E., Pousette, A., & Pelletier, C. A. (2020). Understanding physical literacy in the context of health: a rapid scoping review. BMC Public Health, 20, 1–19.

Edwards, L. C., Bryant, A. S., Keegan, R. J., Morgan, K., & Jones, A. M. (2017). Definitions, foundations and associations of physical literacy: a systematic review. Sports Medicine, 47, 113–126.

Gowshall, M., & Taylor-Robinson, S. D. (2018). The increasing prevalence of non-communicable diseases in low-middle income countries: the view from Malawi. International Journal of General Medicine, 11, 255.

Pinto, I. C., & Martins, D. (2017). Prevalence and risk factors of arterial hypertension: A literature review. Journal of Cardiovascular Medicine and Therapeutics, 1(2), 1–7.

Whitehead, M. (2018). Physical literacy: Throughout the lifecourse. Routledge.

Widodo, A. (2018). Makna dan Peran pendidikan jasmani dalam pembentukan insan yang melek jasmaniah/ter-literasi jasmaniahnya. Motion: Jurnal Riset Physical Education, 9(1), 53–60.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i4.1364-1369

Refbacks

  • There are currently no refbacks.