PEMBANGUNAN KEMBALI SEKOLAH BAMBU AL AMIN DI DESA KEWITU, KECAMATAN NANGA BERE, KABUPATEN LEMBOR SELATAN, NTT

Novita Verayanti Manalu, Septian Hutagalung

Abstract


Program pengabdian masyarakat "Pembangunan Kembali Sekolah Bambu Al Amin" di Desa Kewitu, Kecamatan Nanga Bere, Kabupaten Lembor Selatan, NTT adalah upaya nyata dalam mencapai tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) terkait dengan pendidikan dan pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Sekolah ini merupakan satu-satunya sarana pendidikan formal di desa tersebut, namun kondisinya sangat memprihatinkan, terutama terkait infrastruktur dan fasilitas yang rusak dan tidak layak. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini melibatkan partisipasi aktif dari masyarakat setempat, serta kolaborasi antara tim pengabdian dan pihak desa. Langkah-langkah yang dilakukan meliputi identifikasi masalah, perencanaan, dan implementasi proyek pembangunan, serta pelibatan masyarakat dalam seluruh proses. Hasil temuan dari program yang dilaksanakan pada 19 – 27 Desember 2022 ini menunjukkan peningkatan akses pendidikan bagi anak-anak sekolah dasar berjumlah 75 orang di Desa Kewitu, yang sebelumnya terbatas akibat kerusakan sekolah, Perbaikan infrastruktur seperti bangunan, meja dan kursi, serta fasilitas lainnya membuat pembelajaran jadi efektif, serta pembekalan perlengkapan sekolah gratis menjadikan semangat siswa belajar. Selain itu, melalui program pelatihan dan penyuluhan, masyarakat lokal juga diberdayakan untuk mengelola dan merawat sekolah tersebut secara berkelanjutan.Kesimpulan: Program pengabdian masyarakat "Pembangunan Kembali Sekolah Bambu Al Amin" di Desa Nanga Bere merupakan langkah konkret dalam mewujudkan tujuan SDGs terkait dengan pendidikan dan pembangunan berkelanjutan di tingkat lokal. Sekolah Bambu Al-Amin yang telah direhabilitasi juga diharapkan dapat menjadi pusat pembelajaran dan pengembangan potensi lokal di desa tersebut. Melalui pendekatan partisipatif, holistik, dan berbasis data, program ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam mencapai tujuan SDGs terkait dengan pendidikan dan pembangunan berkelanjutan di Indonesia, serta menjadi inspirasi untuk program serupa di wilayah lain.


Keywords


Pengabdian masyarakat, rehabilitasi, Sekolah Bambu Al-Amin, NTT

Full Text:

PDF

References


Aji, S. H. R. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Salam; Jurnal Sosial & Budaya Syar’i, 7, 395–402.

Alifah, S. (2021). Peningkatan Kualitas Pendidikan di Indonesia untuk Mengejar Ketertinggalan dari Negara Lain. CERMIN: Jurnal Penelitian, 5 (1), 113–123.

Amedi, A. M. (2018). Analisis Politik Hukum Pendidikan Dasar di Indonesia Demi Menyongsong Era Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs). Padjadjaran Law Review, 6, 43–58.

Annur, S. (2018). Sustainable Development Goals (SDGs) dan Peningkatan Kualitas Pendidikan. Seminar Nasional Pendidikan, 251–255.

Arkiang, F. (2021). Jurnal Pendidikan Analisis Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 di Daerah 3T ( Nusa Tenggara Timur ). 12(1), 57–64.

Arwildayanto. (2018). Analisis Kebijakan Pendidikan Kajian Teoretis, Eksploratif, dan Aplikatif (E. Kuswandi (ed.)). CV Cendikia Press.

Asasi, H. (n.d.). Tujuan 4 : Memastikan kualitas pendidikan yang inklusif dan merata serta mempromosikan kesempatan belajar sepanjang hayat bagi semua Target Nasional untuk Pendidikan. 1, 1–10.

Asriati, N. (2012). Mengembangkan Karakter Peserta Didik Berbasis Kearifan Lokal Melalui Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 3 (2), 107–119.

Baswedan, A. R. (2014). Gawat Darurat Pendidikan di Indonesia. Mentri Pendidikan Dan Kebudayaan.

Darman, R. A. (2017). Mempersiapkan Generasi Emas Indonesia Tahun 2045 Melalui Pendidikan Berkualitas. Jurnal Edik Informatika, 3 (2), 73–87.

Fadia, S., & Fitri, N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. 5, 1617–1620.

Herlambang, Y. T. (2015). Pendidikan Kearifan Etnik Dalam Mengembangkan Karakter. EduHumaniora Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 7 (1).

Indra, N. P. (2019). Meningkatkan Mutu Pendidikan di Indonesia Melalui Supervisi Pendidikan. INA-Rxiv.

Juniadi, M. (2021). Strategi Perpustakaan Umum dalam Mendukung Program Sustainable Development Goals. 5(4), 569–578.

Jehola, K. (2021) Di Nanga Bere Manggarai Barat, Madrasah Mirip Kandang. Artikel ini telah tayang di Pos-Kupang.com dengan judul Di Nanga Bere Manggarai Barat, Madrasah Mirip Kandang, https://kupang.tribunnews.com/2021/03/15/madrasah-mirip-kandang?lgn_method=google.

Kadi, T., Awwaliyah, R., Nurul, U., & Paiton, J. (2017). Inovasi Pendidikan : Upaya Penyelesaian. 01(02), 144–155.

Panuluh, S., & Fitri, M. R. (2016). Briefing Paper 02 Perkembangan Pelaksanaan Sustainable Development Goals ( SDGs ) di Indonesia. September.

Pratomo, Imam Catur. & Herlambang, Y. T. (2021). Pentingnya Peran Keluarga dalam Pendidikan Karakter. JPPD: Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 8 (1), 7–15.

Pribadi, R. E. (2017). Implementasi Sustainable Development Goals ( SDGs ) dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Papua. 5(3), 917–932.

Raharjo, S. B. (2012). Evaluasi Trend Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 16 (2), 511–532.

Safitri, A. O. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membentuk Pribadi yang Berkarakter pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5 (6).

Salam, A., Hamdu, G., & Nur, L. (2022). Pedadidaktika : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Penerapan Education for Sustainable Development ( ESD ) dalam Media Pembelajaran Elektronik di Kelas V Sekolah Dasar : Perspektif Guru Berkelanjutan atau Sustainable Development. 9(1), 242–253.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i2.796-807

Refbacks

  • There are currently no refbacks.