PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PELATIHAN DAN KETERAMPILAN HOME INDUSTRY GUNA MENINGKATKAN UMKM DI DESA PANANGGAHAN KECAMATAN SORKAM KABUPATEN TAPANULI TENGAH

Riwayani Gultom, Nelly Azwarni Sinaga, Fauziah Nur Simamora

Abstract


Tujuan pelaksanaan pengabdian program kemitraan masyarakat (PKM) ini adalah (1) pemahaman home industry di tengah masyarakat Desa Pananggahan, (2) melatih masyarakat Desa Pananggahan agar terampil dalam home industry guna meningkatkan UMKM. Metode pelaksanaan kegiatan pelatihan  meliputi lima tahapan, yaitu : (1) Tahap Persiapan pelatihan, (2) Tahap pelaksanaan Pelatihan, (3) Tahap Evaluasi Akhir. Mitra pengabdian masyarakat PKM adalah Masyarakat Desa Pananggahan Kecamatan Sorkam Kabupaten Tapanuli Tengah. Program ini dilaksanakan salah satu upaya untuk menambah wawasan masyarakat dalam home industry. Kegiatan ini juga berguna sebagai motivasi bagi masyarakat dalam berusaha untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat di Desa Pananggahan.Program ini diharapkan dapat berjalan dengan baik dan wawasan masyarakatpun bertambah.


Keywords


Terampil, Home Industry, UMKM

Full Text:

PDF

References


Agustina, Tri Siwi. (2015). Kewirausahaan: Teori dan Penerapan pada Wirausaha dan UKM di di Indonesia. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Ananda, Riski. ”Peran Home Industri Dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga (Studi Kasus Home Industri Keripik Di Kelurahan Kubu Gadang),” Jurnal JPM FISIP. (Oktober, 2016).

Helmalia, H., & Afrinawati, A. (2018). Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Padang. JEBI (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 3(2), 237.

Kasmir (2016), Kewirausahaan, Raja Grafindo Persada, Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v4i3.1097-1100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.