PEMBERDAYAAN REMAJA PANTI ASUHAN AISYIYAH KOTA PANGKALPINANG UNTUK MEWUJUDKAN GENERASI KETIR (KREATIF, ELIGIBLE, TELADAN, INOVATIF, DAN RELIGIUS)

Putri Cahyani Agustine, Iful Rahmawati Mega, Rifan Putra Pratama, Saparido Saparido, Tiara Putri Safira, Melya Mardiana, Meilidya Fuziani

Abstract


Peningkatan karakter remaja dapat diintegrasikan dalam berbagai aspek tanpa mengurangi dan menghilangkan peran pendidikan lingkungan keluarga, sekolah, dan budaya masyarakat. Remaja yang menjadi subyek utama yaitu remaja panti asuhan Aisyiah Kota Pangkalpinang. Kegiatan remaja ini masih sangat kurang: (1) tidak ada jam tambahan untuk belajar; (2) waktu luang diisi dengan mengobrol dan bermain; (3) kurang perhatian terhadap lingkungan halaman dan tanaman; (4)  membutuhkan tambahan waktu hafalan surat pendek, doa harian, dan BTQ; (5) belum ada pengalaman pembuatan produk rumah tangga; (6) memerlukan tambahan keterampilan berbahasa Inggris. Sehingga, untuk menciptakan karakter KETIR (Kreatif, Eligible, Teladan, Inovatif, dan Religius) perlu pendampingan untuk menguatkan karakter sehingga usia remaja mereka bisa berkualitas.

Keywords


remaja, panti asuhan, generasi KETIR

Full Text:

PDF

References


Aslati, S. S. (2018). Pemberdayaan Remaja Berbasis Masjid. Jurnal Masyarakat Madani ISSN: 2338-607X, 1-11.

Agustine, P. C., Mega, I. R., & Lathiifah, I. J. (2021). Pelatihan Pembuatan Produk Rumah Tangga untuk Memupuk Jiwa Kewirausahaan dan Kreativitas Remaja.

Dindin, D. (2021). Menggali Potensi Jiwa Kewirausahaan Generasi Muda Berbasis Pancasila. Generasi Pancasila, 1(1).

Farida, E. A., & Kridaningsih, A. (2022). Pengaruh Media Sosial Terhadap Wawasan Kebangsaan Pada Generasi Muda. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 9(2), 1-6.

Hakim, L. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Peraihan Konsep (Concept Attaiment Model) Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Kelas X Ipa Sma Al-Falah Bandung (Studi Ekperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Sub Tema Jurnal Umum Perusahaan Jasa Kelas X IPA SMA Al-Falah Bandung) (Doctoral dissertation, FKIP Unpas).

Irianto, S. (Ed.). (2012). Otonomi perguruan tinggi: suatu keniscayaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Jannah, M. (2017). Remaja dan tugas-tugas perkembangannya dalam islam. Psikoislamedia: Jurnal Psikologi, 1(1).

Kementerian Pendidikan Nasional, Badan Penelitian Dan Pengembangan, Pusat Kurikulum, P. P. B. D. K. B. (2010). Pedoman Sekolah.

Mega, I. R., & Sugiyarti, S. (2021). Peningkatan Kecakapan Hidup Melalui Program Pelatihan Kreativitas Untuk Melatih Kemandirian Ekonomi. Adimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 29. https://doi.org/10.24269/adi.v5i1.3096

Shidiq, A. F., & Raharjo, S. T. (2018). Peran Pendidikan Karakter Di Masa Remaja Sebagai Pencegahan Kenakalan Remaja. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 176. https://doi.org/10.24198/jppm.v5i2.18369

Priyono, D. P. “Strategi Yayasan Setia Muda Dalam Pemberdayaaan Anak Muda Melalui Kesenian Musik Gambang Kromong (Studi di Yayasan Setia Muda, Kelurahan Cipedak, Kecamatan Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan) (Bachelor's thesis, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Yayat Rahmat Hidayat. (1967). 済無No Title No Title No Title. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 4(2), 763–773.

Yulita, A., Rahmat, A., & Bastian, A. (2022). Pengaruh Empowering Leadership terhadap Perilaku Kerja Inovatif dengan Mediasi Berbagi Pengetahuan. JURNAL KOMUNITAS SAINS MANAJEMEN, 1(2), 118-126.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i5.1757-1765

Refbacks

  • There are currently no refbacks.