PELATIHAN PEMBUATAN MARTABAK MANIS BAGI MASYARAKAT DESA PATUPANGAN KECAMATAN BARUS KABUPATEN TAPANULI TENGAH

Nur Ainun Hasibuan, Andrian Irsyan, Kaharuddin Simamora, Fitryany Daulay

Abstract


Tujuan pelaksanaan program Pengabdian Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah guna meningkatkan keterampilan mereka dalam membuat martabak manis. Pelatihan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas estetika, organoleptik, daya tahan dan keamanan martabak manis agar tetap dipertahankan dan ditingkatkan sehingga lebih bervariasi dan dapat meningkatkan penghasilan masyarakat Desa Patupangan yang bersumber dari hasil penjualan martabak manis. Pelaksanaan pelatihan meliputi 3 tahapan, yaitu : (1) Tahap Persiapan Pelatihan, (2) Tahap Pelaksanaan Pelatihan, (3)Tahap Evaluasi Akhir. Mitra pengabdian masyarakat PKM adalah Masyarakat Desa Patupangan Kecamatan Barus Kabupaten Tapanuli Tengah.

Permasalahan mitra yang paling utama adalah bagaimana meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Patupangan Kecamatan Barus Kabupaten Tapanuli Tengah agar menjadi lebih baik dan berkembang melalui pelatihan pembuatan martabak manis. Selain hal tersebut, masyarakat Desa Patupangan Kecamatan Barus Kabupaten Tapanuli Tengah diharapkan semakin memahami peluang usaha dengan memanfaatkan bahan-bahan yang murah dan mudah didapat tapi bisa memberikan keuntungan yang lumayan. Program ini diharapkan dapat berjalan dengan baik dan wawasan masyarakatpun bertambah.


Keywords


Martabak, Patupangan.

Full Text:

PDF

References


Kamil Mustofa. 2010. Model Pendidikan dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Nahriana, Tuti Supatminingsih, Elfira. 2021. Proses pembuatan produk dan hasilnya. Hasil pelatihan PKM.

Ratnaningsih, Permana AW, Richana N. 2010. Pembuatan Tepung Komposit Dari Jagung, Ubi Kayu, Ubi Jalar dan Terigu (Lokal dan Impor) untuk Produk Mi. Prosiding Pekan Serealia Nasional. Jakarta

Solo. A-Z BAKERY. Syarbini, M. 2013. Referensi Komplet A-Z Bakery Fungsi Bahan, Proses Pembuatan Roti, Panduan Menjadi Bakepreneur. Solo: Serangkai Pustaka Mandiri.

Sora, N. 2015. Pengertian Penjualan dan Pemasaran.Yogyakarta: Andi Offset.

Syarbini H. M. 2013. Referensi Komplit Bahan, Proses Pembuatan Roti, dan Panduan Menjadi Bakepreneur




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v4i2.746-751

Refbacks

  • There are currently no refbacks.