PENYULUHAN PENGGUNAAN OBAT RASIONAL DAN PEMANFAATAN TANAMAN OBAT KELUARGA SEBAGAI MINUMAN ALTERNATIF KESEHATAN DI DESA WARUNG BAMBU KARAWANG

Indah Laily Hilmi, Ahsanal Kasasiah, Muhammad Naufal Nurhadi Hidayat, Sophy Wulandari

Abstract


Pengetahuan mengenai kesehatan sangat dibutuhkan oleh setiap orang, demi terwujudnya kehidupan yang sehat dan sejahtera. Peran tenaga kesehatan saat ini tidak lagi hanya sekedar memberikan pelayanan yang baik, tetapi juga bertugas untuk memberikan edukasi yang baik mengenai kesehatan kepada masyarakat. Penggunaan obat dan antibiotik dengan cara dan dosis yang tidak tepat menjadi salah satu permasalahan besar di masyarakat yang berdampak buruk untuk kesehatan pengguna obat tersebut. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini untuk mengedukasi kepada masyarakat khususnya di Desa Warung Bambu mengenai cara penggunaan obat yang tepat dan rasional serta alternatif lain dalam menghindari resistensi obat-obatan dengan menggunakan Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Umumnya TOGA dibuat menjadi seduhan kebugaran yang dapat menjadi salah satu cara alternatif pengobatan tanpa menyebabkan resistensi karena menggunakan bahan alami, dengan cara pengolahan yang benar. Berdasarkan hasil dari pengisian kuesioner Pre-test dan Post-test yang telah dilakukan oleh peserta, didapatkan hasil peningkatan nilai yang menunjukan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan kesehatan masyarakat di Desa Warung Bambu.


Keywords


obat, kesehatan, masyarakat, tanaman

Full Text:

PDF

References


dristy Ratna Kusumo, F. Y. (2020). JAMU TRADISIONAL INDONESIA: TINGKATKAN IMUNITAS TUBUH. Jurnal Layanan Masyarakat, 4, 465-470.

Dinda Hasnatul Salsabila, ,. R. (2021). EDUKASI DAN MENANAM TANAMAN OBAT KELUARGA (TOGA) DI MASA PANDEMI COVID-19. 1-4.

Hasyim1, S. B. (2020). MENADAKAN PENYULUAN MENGENAI PENGGUNAAN OBAT TRADISIONAL. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 47-50.

Ismi Puspitasari, G. N. (2021). PEMANFAATAN TANAMAN OBAT KELUARGA (TOGA) SEBAGAI ALTERNATIF PENGOBATAN MANDIRI. Jurnal Warta LPM, 24, 456-464.

Niluh Puspita Dewi, M. M. (2022). PENYULUHAN PENGGUNAAN OBAT RASIONAL (POR) DALAM SWAMEDIKASI PADA MASYARAKAT DI DESA SEJAHTERA KECAMATAN PALOLO KABUPATEN SIGI. Jurnal Data Abdimas, 25-28.

Fitri Amelia, S.S. (2021). PELATIHAN PEMBUATAN MINUMAN HERBAL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN IMUN TUBUH DI MASA PANDEMI PADA WARGA DESA PAREAN ILIR KAB. INDRAMAYU, JAWA BARAT. 1-4.

Nisa Isneni Hanifa, D. G. W. PENYULUHAN PENGGUNAAN TOGA (TANAMAN OBAT KELUARGA) UNTUK PENGOBATAN DI DESA SENGGIGI. (2020). Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 87-92.

Ramadhan Triyandi, M. I. (2021). PENYULUHAN TANAMAN OBAT TRADISIONAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI DESA MARGA AGUNG KECAMATAN JATI AGUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ruwa Jurai, 72-71.

Siska Mayang Sari, E. T. (2019). PEMANFAATAN TANAMAN OBAT KELUARGA (TOGA) PADA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 1-7.

Sri Zelvani, P. M. (n.d.). PENENTUAN NILAI KALOR JENIS TANAMAN HERBAL JAHE DAN TEMULAWAK. JF FKIK UINAM, 1-6.

Syaiful Eddy, I. D. (2018). PENYULUHAN MENGGALI POTENSI TANAMAN OBAT PADA SMAN 1 RAMBUTAN BANYUASIN SUMATERA SELATAN. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Rafflesia, 31-35.

Yanti Harjono, H. Y. (2017). PENYULUHAN PEMANFAATAN TANAMAN OBAT KELUARGA DI KAMPUNG MEKAR BAKTI 01/01, DESA MEKAR BAKTI KABUPATEN TANGERANG. JPM Ruwa Jurai, 3, 16-20.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i8.2864-2870

Refbacks

  • There are currently no refbacks.