PEMBUATAN PUPUK ORGANIK CAIR TANAMAN KOPI BERBAHAN DASAR LIMBAH PERTANIAN DI KELOMPOKTANI PAHOTTAS KECAMATAN PARBULUAN KABUPATEN DAIRI

Arie Hapsanai Basri, Windy Manullang, Aisar Novita

Abstract


Kopi Arabika merupakan salah satu produk pertanian yang sangat berpotensi dari Kabupaten Dairi. Luas areal Kopi Arabika di Dairi yang terbilang cukup tinggi belum diimbangin dengan produktifitasnya yang hanya sekitar 700 kg/ha setiap tahun nya. Hal ini diakibatkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah faktor pemupukan. Pembuatan POC dari limbah yang ada di lahan  petani bertujuan untuk : 1) mengurangi biaya produksi khususnya biaya pupuk, 2) menjaga ekosistem di lingkungan pertanian dengan memanfaatkan bahan organic, 3) meningkatkan produksi tanaman dengan POC sebagai sumber hara tanaman, 4) penggunaan dosis yang tepat, 5) waktu dan pengaplikasian POC yang baik,dan  6) petani mampu membuat pupuk sendiri dari bahan alami. Pembuatan POC diawali dengan pemaparan materi dan diskusi bersama petani Kelompok tani Pahottas Kecamatan Parbuluan IV Kabupaten Dairi dan di lanjutkan dengan praktek masing-masing pembuatan POC yang kemudian dibawa ke rumah masing-masing untuk proses selanjutnya selama 2 minggu.  Hasil dari pembuatan POC ini adalah POC yang siap diaplikasikan ke berbagai tanaman di lahan petani.


Keywords


Kopi Arabika;Limbah Pertanian;Pupuk Organik Cair;POC

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Kabupaten Dairi. 2021. Kabupaten Dairi Dalam Angka 2021. Badan Pusat Statistik Kabupaten Dairi. Indonesia.

Badan Pusat Data dan Statistik Indonesia. 2020. Statistik Kopi Indonesia. Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i7.2341-2347

Refbacks

  • There are currently no refbacks.