PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN SIMPLE SENTENCE DENGAN METODE JARI-INGGRIS BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Muchammad Sofyan Firmansyah, Arifany Ferida

Abstract


Siswa – siswi SMK yang disiapkan untuk bisa menghadapi dunia kerja ini mulai menyadari pentingnya menguasai kemampuan berbahasa Inggris. Meski demikian masih banyak dari mereka yang belum mampu untuk menyusun kalimat berbahasa Inggris dengan baik dalam mengutarakan ide atau pendapat mereka. Pengabdian kepada masyarakat berjudul “Peningkatan kemampuan berkomunikasi menggunakan simple sentence kepada siswa – siswi SMK” ini diadakan untuk memberikan suatu pemahaman bahwa hal terpenting dalam berkomunikasi adalah tersampaikannya informasi. Metode yang digunakan dalam pelatihan simple sentence ini adalah metode jaring (jari Inggris) yang mana suatu kalimat itu membutuhkan minimal 3 komponen dan akan lebih baik jika memiliki 5 komponen. Pengabdian kepada mayarakat ini dilakukan di SMK Muhammadiyah Adiwerna dan diikuti oleh +/- 30 siswa – siswi kelas 12. Banyak siswa – siswi yang berani mencoba untuk berkomunikasi dengan berbahasa Inggris menggunakan metode jaring. Metode jaring memudahkan siswa dalam menyusun suatu kalimat sederhana berdasarkan kaidah tatabahasa (grammatical)

Keywords


Bahasa Inggris, Kalimat Sederhana, Sekolah Menengah Kejuruan

Full Text:

PDF

References


Adha, Kholifatul. 2014. “Panduan Mudah Public Speaking.”

Anon. n.d.-a. “Cara Membuat Kalimat Sederhana Bahasa Inggris | Englishvit.com.” Englishvit. Retrieved January 17, 2023 (https://englishvit.com/artikel/cara-membuat-kalimat-sederhana-bahasa-inggris-6547).

Anon. n.d.-b. “Most Common English Verb Tenses | Ginseng English | Learn English.” Retrieved March 22, 2022

(https://ginsengenglish.com/blog/english-verb-tense-frequency).

Anon. n.d.-c. “SMK Muhammadiyah Adiwerna.” Retrieved January 9, 2023 (https://smkmuhadw.sch.id/).

Anon. n.d.-d. “Top 5 Most Useful English Tenses | Udemy.” Retrieved March 22, 2022 (https://www.udemy.com/course/useful-english/).

Azar, Betty Schrampfer. 1996. Basic English Grammar. Prentice Hall Regents.

Efiaty, Sekhah. 2011. “Metode Presentasi Dalam Proses Pembelajaran.” Wordpress, Bernas. Com.

Karimah, Izzati. 2021. “Klausa Pemerlengkapan Dalam Bahasa Inggris Dan Bahasa Indonesia.” Universitas Gadjah Mada.

Purnomo, Budi. 2017. “POLITENESS ON WHATSAPP: THE RESPONSES TO GREETINGS AND CONGRATULATIONS BY ENGLISH SPEAKING GROUPS IN INDONESIA.” UNNES International Conference on ELTLT, Vol 6, Iss 1, Pp 109-112 (2017) VO - 6 (1).

Purwanti, Ratna. 2020. “Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini Melalui Metode Gerak dan Lagu.” Jurnal Ilmiah Potensia 5(2):91–105. doi: 10.33369/jip.5.2.%p.

Schrampfer Azar, Betty. 1999. “Understanding and Using English Grammar.” Published by Binarupa Aksara.

Uno, H. Hamzah B., Lamatenggo, Nina, Satria, and koni. 2010. “Desain Pembelajaran.” DESAIN PEMBELAJARAN Pengertian.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i6.2066-2074

Refbacks

  • There are currently no refbacks.