PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGGUNAAN LIMA TENSES YANG SERING DIGUNAKAN UNTUK PERCAKAPAN SEHARI - HARI BAGI SISWA - SISWI SMK

Muchammad Sofyan Firmansyah, Hana Yulinda Fithriyani, Ricky Maulana Mulyadi

Abstract


Pengabdian kepada masyarakat berjudul “Peningkatan Kemampuan Penggunaan Lima Tenses Yang Sering Digunakan Untuk Percakapan Sehari - Hari Bagi Siswa - Siswi SMK N 1 Slawi,” dilaksanakan untuk pemenuhan tridharma dosen dengan melihat keterkaitannya dengan masalah disekitar terutama pada lingkungan pendidikan. Metode pelaksanaan PkM ini dilakukan dengan teknik presentasi dan praktek yang diikuti dengan evaluasi. Metode ini sukses membentuk kepercayaan diri peserta yang kebanyakan adalah siswa – siswi kelas 10 & 11. Tenses merupakan kemampuan dasar yang harus dikuasai dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris akan tetapi cara untuk memahami tenses bukan dengan menghapal melainkan dengan mengetahui pola keterangan dan kata kerja yang disesuaikan dengan konteks kalimat. Pengabdi merasa jika pembelajaran Tenses berbahasa Inggris masih perlu ditingkatkan untuk para siswa – siswi sekolah menengah kejuruan mengingat para siswa – siswi ini diproyeksikan untuk langsung menghadapi dunia kerja.


Keywords


Bahasa Inggris, Tenses, Percakapan, SMK

Full Text:

PDF

References


Adha, Kholifatul. 2014. “Panduan Mudah Public Speaking.”

Anon. n.d. “Top 5 Most Useful English Tenses | Udemy.” Retrieved March 22, 2022 (https://www.udemy.com/course/useful-english/).

Efiaty, Sekhah. 2011. “Metode Presentasi Dalam Proses Pembelajaran.” Wordpress, Bernas. Com.

Purnomo, Budi. 2017. “POLITENESS ON WHATSAPP: THE RESPONSES TO GREETINGS AND CONGRATULATIONS BY ENGLISH SPEAKING GROUPS IN INDONESIA.” UNNES International Conference on ELTLT, Vol 6, Iss 1, Pp 109-112 (2017) VO - 6 (1).

Uno, H. Hamzah B., Lamatenggo, Nina, Satria, and koni. 2010. “Desain Pembelajaran.” DESAIN PEMBELAJARAN Pengertian.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i6.2059-2065

Refbacks

  • There are currently no refbacks.