UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACAAL-QURAN DI DESA BEGANDING, KECAMATAN SIMPANG EMPAT, KABUPATEN KARO

Indra Ma’aruf Kusniadi, Najmi Wahida, Mira Rostika, Sida Hadiyati Sipayung, Aisyah Nurkhofifah Lubis, Miftahul Zannah, Siti faridah, Nur Afni Octavia

Abstract


Tulisan ini dimaksud untuk meneliti serta mendeskripsikan kagiatan mahasiwa dalam upaya meningkatan kemampuan membaca Al-Quran di Desa Beganding, Simpang Empat, Kabupaten Karo, dan memaparkan kendala serta upaya untuk mensukseskan kegiatan tersebut, jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, hasil dari penelitian ini adalah memberikan gambaran bahwa kemampuan masyarakat di desa beganding kabupaten karo masih tergolong sangat lemah, dengan hitungan 10% bisa membaca dengan tajwid yang baik 40% perlu bimbingan intensif dan  50% buta huruf. Faktor penyebab masyarakat kurang  mampu membaca  Al-Quran ialah jauhnya akses pendidikan agama sehinga banyak masyarakat yang tidak mengkonsumsi ilmu keagamaan serta minimnya Sumber daya manusia di desa tersebut yang mampu memberikan pemahaman masyarakat tentang pentingnya membaca Al-Quran serta belajar membaca  Al-Quran dengan baik dan benar.


Keywords


Upaya, Kemampuan, dan Membaca

Full Text:

PDF

References


Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. 2013. Tajwid Lengkap Asy-Syafi’I, Jakarta : Pustaka Imam Syafi’I

Aziz, Mursal dan Zulkipli Nasution. 2020. Metode Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an: Memaksimalkan Pendidikan Islam Melalui Al-Qur’an. Medan : CV. Pusdikra MJ.

Hanafi. 2006. Pelajaran Tajwid Praktis. Jakarta : Bintang Indonesia

Ramayulis. 2001. Metodologi Pembelajaran Agama Islam. Jakarta : Kalam Mulia




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i3.897-900

Refbacks

  • There are currently no refbacks.