UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI LEARNING START WITH QUESTION (LSQ) DI SMP NEGERI 7 PADANGSIDIMPUAN

Masdelima Azizah Sormin, Rafika Ikhsan

Abstract


Permasalahan  penelitian ini adalah rendahnya kemampuan keaktifan  dan hasil belajar matematika siswa.Untuk mengatasi masalah tersebut, penelitian ini diterapkan model pembelajaran strategi learning start with question (LSQ). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi learning start with question (LSQ) dan mengetahui hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan strategi learning start with question (LSQ). Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII-A SMP Negeri 7 Padangsidimpuan terdiri dari 19 siswa. Teknik dan alat pengumpulan data yaitu angket dan test. Hasil penelitian setelah diterapkan pendekatan strategi learning start with question (LSQ) meningkat dilihat hasil angket keaktifan siswa pada siklus I dengan persentase ketuntasan 47,33%, sedangkan siklus II 78,33% dengan peningkatan 30%. Hasil test dalam belajar meningkat dengan perolehan siklus I rata-rata persentase ketuntasan 26,31%, pada silus II rata-rata persentase ketuntasan 84,89% dengan peningkatan 58,68%. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan strategi learning start with question (LSQ) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 7 Padangsidimpuan.


Keywords


Strategi Learning Start With Question (LSQ), Keaktifan, Luas dan Keliling Lingkaran.

Full Text:

PDF

References


Anggoro, Bambang Sri. 2015. “Pengembangan Modul Matematika Dengan Strategi Problem Solving Untuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa.” Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika.

Ayuningtyas, Putry, Herdini, and Abdullah. 2015. “Penerapan Strategi Belajar Aktif Learning Start with A Question (LSQ) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Hidrokarbon Di Kelas X SMA Negeri 10 Pekanbaru.” Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Silviani, Tri Rahmah, Jailani Jailani, Evvy Lusyana, and Aida Rukmana. 2017. “Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika Menggunakan Inquiry Based Learning Setting Group Investigation.” Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif.

Sujana, I Wayan Cong. 2019. “FUNGSI DAN TUJUAN PENDIDIKAN INDONESIA.” Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar.

Washburn, Carl et al. 2018. “済無No Title No Title.” Safety Science 53(1): 1–10. https://doi.org/10.1016/j.advengsoft.2017.07.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.jairtraman.2019.101687%0Ahttp://scholar.google.com/scholar?q=Fatigue Solutions for Maintenance: From Science to Workplace Reality&btnG=&hl=en&num=20&as_sdt=0%2C22%0Ahttp://www.av.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v8i1.57-64

Article Metrics

Abstract view : 672 times
PDF - 191 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.