PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN SOFTWARE FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA MATERI PELUANG KELAS VIII SMP
Monica Silalahi, Hasratuddin Hasratuddin, Metrilitna Br Sembiring
Abstract
Dalam penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemahaman konsepmatematis peserta didik yang diberi pembelajaran menggunakan e-modulberbasisdiscovery learning. (2) Menemukan e-modul berbasis discovery learning yang efektif terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan model ADDIE. Yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi dengan teknik pengumpulan data menggunakan skala Likert serta angket respon peserta didik menggunakan skala Likert. Objek penelitian berupa bahan ajar e-modul matematika berbantuan flipbook maker pada materi peluang kelas VIII SMP Swasta Swadaya Sumberejo. Subjek uji coba dilakukan di kelas VIII-1 dengan jumlah 22 orang dan kelas VIII-2 dengan jumlah 22 orang. E-modul divalidasi oleh 4 validator yang terdiri dari tiga dosen dan satu guru matematika SMP Swasta Swadaya Sumberejo. Data validasi dan data kepraktisan dianalisis dengan cara menentukan rata-rata dari setiap penliaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil persentasi validasi ahli media sebesar 90%, ahli materi sebesar 87%, ahli bahasa sebesar 88% dengan kriteria sangat valid; (2) Hasil uji kepraktisan berdasarkan penilaian angket respon peserta didik diperoleh rata-rata 81,1% dengan kriteria sangat praktis. (3) Keefektifan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dari perolehan nilai N-gain pada uji coba I sebesar 0,4 dan uji coba II sebesar 0,8, maka terjadi peningkatan sebesar 0,4. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar e-modul matematika berbasis discovery learning berbantuan flipbook maker pada materi peluang kelas VIII SMP teruji kevalidan, kepraktisan dan keefektifannya.
Keywords
Abstrak, E-Modul, Discovery Learning, Flipbook Maker, Pemahaman Konsep matematis
References
Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajara. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Anggraini, L. M., Stephani, A., dan Ain, S. Q (2021). Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Penalaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematis. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 7(1), 11-18.
Fitria, Susanti. 2015. “Pengembangan E-Modul dengan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Pada Pokok Bahasan Fluida Statis Untuk Peserta Didik SMA/MA Kelas X”. Repository UIN Sunan Kalijaga: Yogyakarta
Kilpatrick, J., dan Swafford, J. (2001). Adding it up: helping learn mathematics. (B. Findell, Ed.). Washington, DC: National Academy Press.
Suyetno, A., Solichin, dan Wahono. (2019). Pengembangan Massive Open Online Courses (MOOCs) pada Materi Pengelasan. Jurnal Teknik Mesin dan Pembelajaran. 2(2), 141-152
Wena, Made. 2013. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara
Widoyoko, E. P. (2017). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
DOI:
http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v8i1.31-39
Article Metrics
Abstract view : 722 times
PDF - 385 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.