PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES MENGGUNAKAN MEDIA LABORATORIUM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA 2018

Eni Sumanti Nasution, Wirna Susanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan  model pembelajaran koopertif tipe Example non Examples berbantuan laboratorium lebih baik dibandingkan dengan  menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian yang dilakukan secara quasi eksperimen, populasi Penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Tapung Hulu. Pemilihan sampel dilakukan secara cluster random sampling yaitu kelas X2 dan X1 . Instrumen penelitian ini menggunakan tes Hasil Belajar yang telah valid dan realibel.. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan Uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  Terdapat pengaruh hasil belajar siswa  dengan menggunakan pembelajaran Kooperatif Example Non Examples berbantuan laboratorium hal ini dapat dilihat hasil belajar siswa meningkat dari 41,85 menjadi 81,68.  Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Examples Non Examples berbantuan laboratorium lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

References


Habibah, Syarifah. 2016. Penggunaan Model Pembelajaran Examples Non Examples Terhadap Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tokoh-Tokoh Pergerakan Nasional Kelas V SDN 70 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar No Vol.4 No.3.

Ibrahim. Muslimin. 2000. Model-Model Pembelajaran. Jakarta Rineka Cipta.

Lapono, N. 2008. Belajar dan Pembelajaran SD. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Km. Wardika, Md. Sulastri, Kt. Dibia. 2014. Pengaruh Model Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kls V SD Di Gugus III Kecamatan Tampaksiring .e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Vol. 2 No.1.

Nurul Astuty Yensy. B. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Dengan Menggunakan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas VIII SMP N 1 Argamakmur. Jurnal Exacta, Vol. X No. 1.

Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Susanti, R. 2014. Pembelajaran Model Examples Non Examples Berbantuan Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia Vol 3 No.2.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Surabaya : Buana Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v4i2.85-90

Article Metrics

Abstract view : 1676 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 580 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/