PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES MENGGUNAKAN MEDIA LABORATORIUM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA 2018

Eni Sumanti Nasution, Wirna Susanti

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan  model pembelajaran koopertif tipe Example non Examples berbantuan laboratorium lebih baik dibandingkan dengan  menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian yang dilakukan secara quasi eksperimen, populasi Penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Tapung Hulu. Pemilihan sampel dilakukan secara cluster random sampling yaitu kelas X2 dan X1 . Instrumen penelitian ini menggunakan tes Hasil Belajar yang telah valid dan realibel.. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan Uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  Terdapat pengaruh hasil belajar siswa  dengan menggunakan pembelajaran Kooperatif Example Non Examples berbantuan laboratorium hal ini dapat dilihat hasil belajar siswa meningkat dari 41,85 menjadi 81,68.  Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Examples Non Examples berbantuan laboratorium lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Habibah, Syarifah. 2016. Penggunaan Model Pembelajaran Examples Non Examples Terhadap Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tokoh-Tokoh Pergerakan Nasional Kelas V SDN 70 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar No Vol.4 No.3.

Ibrahim. Muslimin. 2000. Model-Model Pembelajaran. Jakarta Rineka Cipta.

Lapono, N. 2008. Belajar dan Pembelajaran SD. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Km. Wardika, Md. Sulastri, Kt. Dibia. 2014. Pengaruh Model Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kls V SD Di Gugus III Kecamatan Tampaksiring .e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Vol. 2 No.1.

Nurul Astuty Yensy. B. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Dengan Menggunakan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas VIII SMP N 1 Argamakmur. Jurnal Exacta, Vol. X No. 1.

Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Susanti, R. 2014. Pembelajaran Model Examples Non Examples Berbantuan Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia Vol 3 No.2.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Surabaya : Buana Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v4i2.85-90

Article Metrics

Sari view : 25 times
PDF - 13 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Eksakta : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA

issn online : 2598-2400 | issn cetak : 2502-101X
Penerbit : Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
eksakta@um-tapsel.ac.id

Eksakta licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Total Pengunjung