PENGEMBANGAN DAHAN AJAR INOVATIF KIMIA LARUTAN BERDASARKAN KURIKULUM 2013 TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER

Salim Efendi, Ramlan Silaban, Iis Siti Jahro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui: (1) apaktih hasil implementasi bahan ajar inovatif kimia larutan hasil pengembangan berdasarkan kurikulum 2013 memberiktin hasil belajar yang lebih baik kepada siswa SMAIMA Kelas XI semester II dibandingkan dengan siswa tanpa implementasi bahan ajar kimia hasil pengembangan berdasarkan kurikulum 2013. (2) apakah implementasi bahan ajar inovatif kimia larutan hasil pengembangan berdasarkan kurikulum 2013 dapat menumbuhkembangkan ktirakter siswa SMAIMA Kelas XI semester II yang lebih baik dibandingkan dengan siswa tanpa implementasi bahan ajar kimia yang telah dikembangkan berdasarkan kurikulum 2013. (3) Apakah terdapat hubungan antara karakter yang terkembang dengan hasil belajar kimia siswa SMAJMA Kelas XI semester II yang dibelajarkan dengan bahan ajar inovatif kimia larutan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI semester II SMA Negeri 3 Medan. Adapun perlakuan sampel sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen I dan kelas Eksperimen II Pengumpulan data dilakukan dengan tes objektif untuk hasil be/ajar siswa sebelum dan sesudah proses pembelajaran, lembar observasi selama proses pembelajaran dilakuktin untuk mengukur karakter yang. Data dianalisis menggunakan SPSS 17.0 dengan taraf signi.fikan 0,05. Hasil penelitian yang diperoleh (1) Terdapat perbedaan yang digni.fikan hasil belajar siswa yang diberi pembelajaran dengan implementasi bahan ajar inovatif kimia larutan hasil pengembangan dalam penelitian ini lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa tanpa implementasi bahan ajar inovatif kimia larutan yang dikembangkan pada model Problem Based Learning (2) Terdapat perbedaan yang signi.fikan perkembangan karakter siswa SMA/MA Kelas XI semester II yang diajarkan dengan implementasi bahan ajar inovatif kimia larutan hasil pengembangan berdasarktin kurikulum 2013 terintegrasi pendidikan karakter pada model Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan dengan perkembangan karakter siswa yang diajarkan dengan model Problem Based Learning tanpa implementasi bahan ajar inovatif kimia larutan hasil pengembangan  berdasarkan kurikulum 2013 terintegrasi pendidikan karakter (3) Terdapat hubungan yang signi.fikan antara ktirakter yang terkembang (Toleransi dan Demokratis) dengan hasil belajar.

Kata Kunci :    Bahan Ajar Kimia Larutan, Based Learning, Hasil Belajar, Toleransi, Demokratis

References


Borg, Walter R.. & Gall, M.D. 1983. Educational Research: An Introduction (4ed). New York & London: Longman.

Depdiknas. 2005. Pedoman Pengembangan Buku Pelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Dick, W dan Carey. (2005). The Systemic Design Of Intructional (6 th ed). New York : Omegatype Typography, Inc

Djamarah, S.B., (2000), Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta

Hamalik, 0, (2003), Proses Be/ajar Mengajar, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.

Hargis, J.(2010) The Self-Regulated Leamer Advantage:Leaming. (http:/www.jhargis. com/).Science on the Internet. (Diakses 16 November 2014).

Holliday, W. G., (2002), Selecting A science Textbook, Science Scope, 25(4): 16

Jippes, E, van Engelen, J.M. L.; Brand, P.L.P. dan Qudkerk, M,. (2010). Competency-Based (CanMEDS) residency training prograrne in radiology: systematic design procedure, curriculum and success factors, Eur Radio!. 20(4): 967-977.

Jungnickel, P.W.., Kellley, Hammer, D.P,. Haines, S.T, dan Marlowe,K.F,.(2009). Addressing Competencies for the Future in the Professional Curriculum , American Journal of Pharmaceutical Education 73(8): 1-15

Siturnorang, M., Retno, D.W. (2013), Pengernbangan Buku Ajar Kirnia SMA Melalui Inovasi Pernbelajaran dan Integrasi Pendidikan Karakter, Prosiding Seminar Hasil Lembaga Penelitian Unimed, 1-8.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v2i1.32-39

Article Metrics

Abstract view : 1120 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 195 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.