VALIDITAS MODUL AJAR BERBASIS TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI

Siti Maryam Pulungan, Almira Amir, Misahradarsi Dongoran

Abstract


Sumber belajar adalah segala sumber yang dimanfaatkan guru dalam proses pembelajaran baik secara terpisah maupun terkombinasi untuk tercapainya tujuan pembelajaran. Perangkat pembelajaran yang dibutuhkan oleh guru salah satunya yaitu modul ajar. Modul ajar merupakan kata lain RPP pada kurikulum merdeka. Profil pelajar rahmatan lil alamin komponen yang mesti dimiliki modul ajar. Profil pelajar rahmatan lil alamin dapat mewujudkan perilaku taffaquh fiddin peserta didik. Tenaga pendidik diharuskan menguasai penggunaan perangkat teknologi dalam penerapan modul ajar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengahasilkan modul ajar yang valid. Jenis penelitian yang digunakan yaitu model pengembangan 4-D yaitu Define (Pendefenisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), and Dessiminate (Penyebaran). Tetapi, penelitian ini dibatasi sampai tahap pengembangan. Penelitian ini dilaksanakan di UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan dan SMA Negeri 1 Angkola Selatan. Validator modul ajar ini yaitu 3 validator yaitu dosen jurusan tadris biologi UIN SYAHADA. Penelitian ini menghasilkan modul ajar berbasis technological pedagogical and content knowledge yang valid dengan rata-rata nilai validitas 91,48%.


Keywords


Modul Ajar TPACK Ilmu Keislaman Validitas

Full Text:

PDF

References


Akhmadi, A. (2023). Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil “Alamin Melalui Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Madrasah Aliyah. Jurnal Perspektif, 15(2), 121–130. Diakses pada pkl.15.21/03-09-2024

Barlian, D. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu

Diakses pada pkl. 16.59/03-09-2024 https://journal.stitaf.ac.id/index.php/ibtida

Fauziah, G. E., & Aulia Rohmawati (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P2RA) pada Siswa MI : Sebuah Upaya Membangun Karakter Disiplin dan Bertanggung Jawab pada Siswa. IBTIDA’: Media Komunikasi Hasil Penelitian Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, vol. 04(02), hlm.216.

https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/13658

Laely Armiyati. (2022). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) mahasiswa calon guru di Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia. vol.09(02). Hlm. 67

Nofriyenti ,Tasya, Syamsurizal, Fitri Arsih, & Ria Anggriyani.(2023). Validitas Modul Ajar Hereditas Manusia Berbasis Problem Based Learning (PBL): Journal On Teacher Education. vol. 4(4). Hlm. 29. Diakses pada pkl. 17.14/03-09-2024

Pendidikan. JOEL: Journal of Educationand Language Research, 10(1): 1-52.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Bumi Aksara. Hlm. 93

Yurinda, B., dan Nurbaiti Widyasari. (2022). Analisis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Guru Profesional dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. vol. 8(1). Hlm. 49




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v10i1.95-99

Article Metrics

Abstract view : 152 times
PDF - 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.