ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS VII SMP 1 NEGERI KECAMATAN BARUMUN BARU

Tukar Efendi Siregar

Abstract


Pelatihan di sekolah dasar sangat penting untuk informasi siswa karena siswa akan mendapatkan semua seluk-beluk tentang dunia pengajaran di sekolah dasar serta mata pelajaran matematika. Permasalahan yang dibicarakan dalam proposisi ini adalah pengujian kemampuan pemahaman konsep kegiatan matematika bilangan bulat pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Barumun Baru Daerah Barumun Baru. Landasan permasalahan dalam pendalaman ini adalah akibat nilai belajar siswa pada materi tugas bilangan bulat terlalu rendah dilihat dari ulangan dan pertemuan, hal ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman yang wajar terhadap materi. Investigasi ini bertujuan untuk mengatasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan materi dan memunculkan ide-ide baru. Investigasi ini merupakan penilaian emosional dengan menggunakan metode klarifikasi. Untuk mengumpulkan data penting. Tes ini menggunakan instrumen pengumpulan data, pengumpulan dan tes. Penanganan informasi harus dimungkinkan secara subyektif secara grafis. Data sekunder berasal dari guru matematika, dan data primer berasal dari kelas VII SMP 1 Barumun Baru. Berdasarkan hasil ujian, dapat dikatakan bahwa siswa sebenarnya kurang memahami materi kegiatan bilangan bulat karena mereka tidak mampu menangani bilangan dengan berbagai tanda atau nilai negatif, memahami cara menyikapi, atau memberi nilai pada garis bilangan. tinggalkan properti tugas. angka absolut. Kurangnya pemahaman siswa dalam menangani soal-soal bilangan pada materi pokok usaha berhitung bilangan adalah siswa tidak dapat menentukan bagian-bagian yang diketahui sehingga siswa tidak mempunyai pemikiran terhadap soal yang akan diteliti dalam soal tersebut dan tidak dapat memikirkan soal-soal yang akan diteliti dalam soal tersebut. Mereka tidak membuat model numerik sehingga mereka tidak tahu bagaimana menyelesaikannya.

 


Keywords


pemahaman konsep, operasi bilangan bulat

Full Text:

PDF

References


Abdullah ,Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Jakarta: Sandra Jaya, 1996

Ahmad Susanto, Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Kencana Prenada Media Grup, 2013

Alex Osbron, Cara Belajar Yang Efisien, Yogyakarta: Liberty, 1995

Bangbang Warsita, Teknologi Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta Pres 2009

Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta: Balai Pustaka, 1995

Endro wahyono,Rumus pintar matematika SD Jakarta Selatan:Kawah Media,2009

Erman Suherman, Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Jica:Upi, 2001

Hamzah B. Uno. Orientasi baru dalam psikologi pembelajaran, Jakarta: PT. Bumi Aksara 2008

Hasratuddin, Mengapa Belajar Matematika ? Medan: Perdana publshing, 2015

John M.Echol ,Hasan Shadily , Kamus Inggiris Indonesia, Jakarta: Gramedia 1996

John w. Santro, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Grup 2004

Joko Sugyono,Metodologi Penelitian dalam Teori dan PraktekJakarta:Rineka Cipta 2001

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung: Remaja Rosda karya 2013

Mursyid Sumaatmadja, Teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Grup,2013

Ngalimpurwanto, Psikologipendidikan, Bandung; PT RemajaRosdakarya 2007

Roy Hollands, Kamus Matematika, Jakarta:Erlangga 1999

Rusman, Model-model Pembelajaran Mengembangkan profesionalisme Guru, Jakarta: Rajawali Pers, 2011

S.Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta 2004

Soedjadi. Kiat pendidikan Matematika di Indonesia , Jakarta: Dirjendikti Depdiknas, 2000

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif Konsep Landasan, dan inplementansinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan KTSP, Jakarta: Kencana, 2009

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2003




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v9i1.72–80

Article Metrics

Abstract view : 475 times
PDF - 133 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.