ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS VII SMP 1 NEGERI KECAMATAN BARUMUN BARU
Abstract
Pelatihan di sekolah dasar sangat penting untuk informasi siswa karena siswa akan mendapatkan semua seluk-beluk tentang dunia pengajaran di sekolah dasar serta mata pelajaran matematika. Permasalahan yang dibicarakan dalam proposisi ini adalah pengujian kemampuan pemahaman konsep kegiatan matematika bilangan bulat pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Barumun Baru Daerah Barumun Baru. Landasan permasalahan dalam pendalaman ini adalah akibat nilai belajar siswa pada materi tugas bilangan bulat terlalu rendah dilihat dari ulangan dan pertemuan, hal ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman yang wajar terhadap materi. Investigasi ini bertujuan untuk mengatasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan materi dan memunculkan ide-ide baru. Investigasi ini merupakan penilaian emosional dengan menggunakan metode klarifikasi. Untuk mengumpulkan data penting. Tes ini menggunakan instrumen pengumpulan data, pengumpulan dan tes. Penanganan informasi harus dimungkinkan secara subyektif secara grafis. Data sekunder berasal dari guru matematika, dan data primer berasal dari kelas VII SMP 1 Barumun Baru. Berdasarkan hasil ujian, dapat dikatakan bahwa siswa sebenarnya kurang memahami materi kegiatan bilangan bulat karena mereka tidak mampu menangani bilangan dengan berbagai tanda atau nilai negatif, memahami cara menyikapi, atau memberi nilai pada garis bilangan. tinggalkan properti tugas. angka absolut. Kurangnya pemahaman siswa dalam menangani soal-soal bilangan pada materi pokok usaha berhitung bilangan adalah siswa tidak dapat menentukan bagian-bagian yang diketahui sehingga siswa tidak mempunyai pemikiran terhadap soal yang akan diteliti dalam soal tersebut dan tidak dapat memikirkan soal-soal yang akan diteliti dalam soal tersebut. Mereka tidak membuat model numerik sehingga mereka tidak tahu bagaimana menyelesaikannya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah ,Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Jakarta: Sandra Jaya, 1996
Ahmad Susanto, Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Kencana Prenada Media Grup, 2013
Alex Osbron, Cara Belajar Yang Efisien, Yogyakarta: Liberty, 1995
Bangbang Warsita, Teknologi Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta Pres 2009
Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta: Balai Pustaka, 1995
Endro wahyono,Rumus pintar matematika SD Jakarta Selatan:Kawah Media,2009
Erman Suherman, Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Jica:Upi, 2001
Hamzah B. Uno. Orientasi baru dalam psikologi pembelajaran, Jakarta: PT. Bumi Aksara 2008
Hasratuddin, Mengapa Belajar Matematika ? Medan: Perdana publshing, 2015
John M.Echol ,Hasan Shadily , Kamus Inggiris Indonesia, Jakarta: Gramedia 1996
John w. Santro, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Grup 2004
Joko Sugyono,Metodologi Penelitian dalam Teori dan PraktekJakarta:Rineka Cipta 2001
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung: Remaja Rosda karya 2013
Mursyid Sumaatmadja, Teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Grup,2013
Ngalimpurwanto, Psikologipendidikan, Bandung; PT RemajaRosdakarya 2007
Roy Hollands, Kamus Matematika, Jakarta:Erlangga 1999
Rusman, Model-model Pembelajaran Mengembangkan profesionalisme Guru, Jakarta: Rajawali Pers, 2011
S.Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta 2004
Soedjadi. Kiat pendidikan Matematika di Indonesia , Jakarta: Dirjendikti Depdiknas, 2000
Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif Konsep Landasan, dan inplementansinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan KTSP, Jakarta: Kencana, 2009
Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2003
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v9i1.72–80
Article Metrics
Abstract view : 475 timesPDF - 133 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.