KONSEP PEMBELAJARAN PAI UNTUK SISWA PENYANDANG TUNAGRAHITA RINGAN

An Nisaa Zukhrufatul Jannah, Muhammad Annas Budiarto, Ardhian Muhammad Noor Fikriansyah, Faniya Nurul Rohmah, Difa'ul Husna

Abstract


Proses belajar dapat dikatakan baik apabila menimbulkan perubahan tingkah laku peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung. Belajar mengajar adalah proses yang tersusun secara rapi yang terdapat perencanaa, pelaksanaan, serta evaluasi di dalamnya. Pendidikan agama islam merupakan upaya pembentukan karakter dan usaha mengamalkan serta menghayari ajaran agama. Dalam masyarakat kita terdapat istilah ABK (Anak Berkebutuhan Khusus), yakni mereka para penyandang keterbatasan. Tunagrahita merupakan anak yang mengalami gangguan dalam perkembangan mental dan intelektualnya mengalami hambatan. Hal tersebut berdampak negatif kepada anak salah satunya adalah sulit mengendalikan emosi sehingga mengakibatkan anak kurang bahkan tidak dapat beradaptasi dengan lingkungannya. Terdapat klasifikasi tunagrahita salah satunya adalah unagrahita ringan (mampu dididik) Dalam segi pendidikan anak tunagrahita diajarkan akademik untuk kemandirian biasa disebut dengan akademik fugnsional. Anak tunagrahita dimaksimalkan kemampuannya dalam bidang keterampilannya. Pendidikan agama islam bagi penyandang tunagrahita tentunya bertujuan agar mereka mampu mengerjakan kewajibannya sebagai seorang muslim. Maka metode peragaan bagi anak tunagrahita akan sangat membantu mereka dalam materi sholat ataupun wudhu.


Keywords


Konsep Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Tunagrahita Ringan

Full Text:

PDF

References


Khairun Nisa, Sambira Mambela, and Luthfi Isni Badiah. “Karakteristik Dan Kebutuhan Anak Berkebutuhan Khusus.” Jurnal Abadimas Adi Buana 2, no. 1 (2018): 33–40.

M. Maftuhin, A. Jauhar Fuad. “502-Articles-1283-3-10-20180922” 3, no. 1 (2018): 76–90.

Maulidiyah, Farah Nayla. “Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Untuk Anak Tunagrahita Ringan.” Jurnal Pendidikan 29, no. 2 (2020): 93–100.

Mulia, Kalam. “Prof. Dr. Ramayulis , Metodologi Pendidikan Agama Islam , Jakarta, Kalam Mulia, 2005, Hlm. 21 1” (2019): 1–13.

Yusuf, Muhammad, and Amalia Syurgawi. “Konsep Dasar Pembelajaran.” Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam 1, no. 1 (2020): 21–29.

Mumpuniarti. “Pembentukan Peta Kognitif Tunagrahita Ringan Dalam Penguasaan Konsep Pengukuran Dibidang Berhitung Dan Ilmu Pegetahuan Alam” (n.d.).

Simarmata, Justin Eduardo, Ferdinandus Mone, Yosepha Patricia Wua Laja, Agustinus Giovandi Laki, Elisabet Ersamayori Foeh, Juventianus Kenjam, Prudensius Manek, and Moses Timutang. “Pengenalan Konsep Geometri Bagi Anak Tunagrahita Ringan Melalui Media Pembelajaran Alat Peraga.” Jurnal Anugerah 4, no. 1 (2022): 1–9.

Heri Gunawan, (Bandung:, and 2013 Alfabeta. “LANDASAN TEORI Tinjauan Tentang Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti.” Journal of Chemical Information and Modeling 53, no. 9 (2019): 1689–1699.

Nurunnisa, Luvilla Salsabilla, Fakultas Ilmu, Tarbiyah Dan, Universitas Islam, and Negeri Walisongo. ISLAM BAGI ANAK PENYANDANG, 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v8i1.21-30

Article Metrics

Abstract view : 261 times
PDF - 120 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.