STRATEGI DAKWAH DKM DALAM MEMAKMURKAN MASJID JAMI’ DARUSSALAM PERUMAHAN CIKEAS GARDENIA KABUPATEN BOGOR

Firdaus Indra Redani, Iwan Hermawan, Kasja Eki Waluyo

Abstract


Masjid adalah salah satu media dakwah yang sangat berpengaruh terhadap rutinitas masyarakat pada umumnya. Masjid megah belum tentu diimbangi semangat memakmurkan masjid. Hal ini berbeda dengan Masjid Jami’ Darussalam di Perumahan Cikeas Gardenia Kabupaten Bogor, selain untuk salat berjamaah juga menjadi pusat kegiatan sosial kemasyarakatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi dakwah DKM dalam upaya memakmurkan Masjid Darussalam di Perumahan Cikeas Gardenia Kabupaten Bogor. Penelitian ini menggunakan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian yaitu strategi yang dilakukan DKM dengan melibatkan semua jamaah, remaja masjid, maupun masyarakat. Dalam kegiatan keagamaan seperti agenda tahunan PHBI acara maulid dikhususkan untuk remaja masjid menjadi panitia, acara isra’ mi’raj dikhususkan untuk ibu-ibu majlis ta’lim sebagai panitia, acara kegiatan idul adha dikhususkan untuk bapak-bapak di lingkungan setempat menjadi panitia, dan acara Ramadhan atau Idul Fitri dikhususkan untuk remaja masjid kembali supaya gairah generasi pemuda sekarang lebih mengedepankan iman dan taqwa.

Keywords


Strategi Dakwah, DKM, Masjid

References


Chaniago, S. A. (2014). Perumusan Manajemen Strategi Pemberdayaan Zakat. Pekalongan, 12.

Fahruroji, A. (2020). Strategi Pengembangan Kegiatan Keagamaan Remaja Di DKM Masjid Baitul Mu‟minin Maja Lebak. Banten, 8.

Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif Dan Mixed Methode. Kuningan : Hidayatul Quran Kuningan.

Ilyas, M. (2019). Upaya Pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (Dkm) Dalam Pembinaan Keberagamaan Remaja. Bogor : Prosiding Al Hidayah PAI, 11.

Iskandar, A. (2019). Ikhtiar Memakmurkan Rumah Allah Panduan Operasional Masjid. Sukabumi : CV Jejak.

Rosadi, B. F. (2014). Masjid Sebagai Pusat Kebudayaan Islam. Yogyakarta : Jurnal An Nur.

Umar, U. (2019). Pendidikan Masyarakat Berbasis Masjid. Yogyakarta : CV Budi Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v7i1.91-98

Article Metrics

Abstract view : 340 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 90 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.