PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF TIPE COOPERATIVE SCRIPT DAN INDEX CARD MACTH PADA MATA PELAJARAN PAI DI KELAS XI IPA SMAN 2 MERANGIN JAMBI

Dedi Yuisman

Abstract


Abstrak: Melihat metode mengajar yang ada di SMAN 2 Merangin Jambi, tampak bahwa guru masih cenderung menggunakan pembelajaran konvensional dalam proses pembelajaran.. Salah satu metode yang dapat digunakan agar siswa bisa terlibat aktif, melatih kemampuan analisis, berpikir kreatif, kritis dan induktif adalah dengan menggunakan metode pembelajaran aktif tipe cooperative script dan index card macth. Penelitian ini dibatasi pada hasil belajar PAI siswa melalui penerapan metode pembelajaran aktif tipe cooperative script dan index card macth pada mata pelajaran PAI, sehingga rumusan masalah pada penelitian ini yaitu, apakah hasil belajar dengan penerapan metode pembelajaran aktif tipe cooperative script dan index card macth lebih baik dari pembelajaran konvensional dalam mata pelajaran PAI pada siswa kelas XI IPA di SMAN 2 Merangin Jambi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar dengan penerapan metode pembelajaran aktif tipe cooperative script dan index card macth lebih baik dari pada pembelajaran konvensional dalam mata pelajaran PAI pada siswa kelas kelas XI IPA di SMAN 2 Merangin Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), metode penelitian adalah metode eksperimen dengan rancangan penelitian adalah Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas kelas XI IPA di SMAN 2 Merangin Jambi yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling, terpilih XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes hasil belajar ranah kognitif berupa tes esay. Hasil penelitian dapat digambarkan secara umum, pembelajaran PAI pada metode pembelajaran aktif tipe cooperative script dan index card macth memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. terlihat pada tes akhir hasil belajar siswa. Rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yaitu 78,95% dengan persentase ketuntasan 89,47 % dan ata-rata pada kelas kontrol yaitu 66,67 % dengan persentase ketuntasan 66,67%. Berdasarkan hasil analisis pada taraf = 0,05 dan pada DF = 34 diperoleh T-Value =2,99 dan P-value = 0,005, karena P-value < , maka hipotesis penelitian diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan penerapan metode pembelajaran aktif tipe cooperative script dan index card macth lebih baik dari pada hasil belajar siswa dengan pembelajaran secara konvensional. Kata kunci: Pelajaran PAI, Metode Pembelajaran Aktif Tipe Cooperative Script Dan Index Card Macth

References


Abdul Majid, Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Jakarta: Rajawali, 2005

Agus Suprijono, Cooperative Learning, Yogyakarta: Pustaka belajar, 2010

Anas Sujono, Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2014

Asnelly Ilyas, 2006, Evaluasi Pendidikan, Batusangkar: STAIN Batusangkar Press

Hamzah B, Uno, Model Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2008

Hisyam Zaini, Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: CTSD, 2007

Melvin L. Silberman, Active Learning, Bandung: Nusamedia, 2004

Nana Sudjana dan Ibrahim, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Baru Algensindo, 2004

Nana Sudjana, Media Pengajaran, Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2002

----------, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo. 2003

Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009

Oemar Hamalik, dkk, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005

Riduwan, Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, Dan Peneliti Pemula, Bandung: 2005

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta, 2012.

Suharsimi Arikunto, Manajemen Penelitian, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2005

Suharsismi Arikunto, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2005.

Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2008

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Jakarta: Kencana Prenada Meda Group, 2014.

Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Pendidikan Jakarta: Bumi Aksara, 2012




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v1i1.783

Article Metrics

Abstract view : 573 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 445 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.