ANALISIS PENGHAPUSAN BADAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN MENJADI BADAN STANDAR, KURIKULUM DAN ASESMEN PENDIDIKAN
Abstract
Dalam sesuatu negeri tentu terdapat salah satu yang sangat berfungsi berarti dalam tingkatkan sumber energi manusia salah satunya yakni pembelajaran. Dari pembelajaran lah terciptanya generasi yang unggul serrta kompetitif yang bermutu dalam mengalami sesuatu permasalahan yang hendak terjalin di masa saat ini apalagi pada waktu yang hendak tiba. Supaya bisa tingkatkan sumber energi manusia diupahyakannya lewat kenaikan kualitas pembelajaran di Indonesia. Hendak namun dalam melaksanakan perihal tersebut nyatanya ada sebagian factor penghambat. Salah satu factor penghambat semacam penghapusan sesuatu lembaga ialah Badan Standar Nasional Pembelajaran serta digantikan oleh Tubuh Standar Kurikulum serta Asesmen Pembelajaran. Alibi nya yakni badan standardisasi penjaminan serta pengendalian kualitas pembelajaran, hendak namun bersumber pada UU 12 Tahun 2011, didalam paparannya kalau tidak terdapat yang jadi bawah hukum buat membuat peraturan lebih lanjut serta tidak boleh dicantumkan dalam rumusan yang bbersifat norma. Oleh sebab pada pasal 35 UU Sisdisknas tidak bisa digunakan selaku bawah hukum yang melaporkan BSNP diatur dalam UU Sisdiknas. Ada pula dalam penghapusan lembaga BSNP serta PP SNP yang baru serta peraturan kemendikbudristek tentang Oraganisasi serta Tata Kerja malah buat mengindari duplikasi ataupun tumpang tindih kewenangan dalam penyususnan, penetapan standar nasional pendidikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Merdeka, Rancangan Kurikulum. “Arah Baru Pengembangan Sistem Pendidikan,” 2022, 0–14.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2022. “PP No. 4 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan.” Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2022, 2022, 1–11.
https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/196151/pp-no-4-tahun-2022.
Poerwati, Endang. “Standar Penilaian Sesuai BSNP.” Standar Penilaian Sesuai BSNP, 2008, 2–42.
Prasetyo, Okhaifi, and Amanda Ridho Pratomo. “Evaluasi Penghapusan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 6 (2021): 4102–7. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1281.
Rachmawati, Nugraheni, Arita Marini, Maratun Nafiah, and Iis Nurasiah. “Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe Di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 3 (2022): 3613–25. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714.
Rahmi Rivalina, Rahmi Rivalina. “Mengapa Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh (PTJJ)?” Jurnal Teknodik, 2013, 109–22. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.93.
Ulum, Miftahul. “Kebijakan Standar Nasional Pendidikan” 11 (2020): 105–16.
Warso, Agus Wasisto Dwi Doso. “Pembelajaran Dan Penilain,” 2017, 101.
Nur, L. (2020). Asesemen Ujian Nasional Dari Masa Ke Masa Dan Solusinya. Al-Mafahim : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 11–20.
Ilmi, M. U., Setiawan, F., Hikmah, M. N., Kharisma, A., Feryawan, D., Hanafie, A. A., Ahmad, U., & Yogyakarta, D. (2021). Konsep Dasar Evaluasi Dan Implementasinya Di Ire Pelajaran Di Era Pandemi. 2(2), 175–190.
Jl, G. E., Sudirman, J., & Jakarta, S. (2014). PENCAPAIAN PRESTASI BELAJAR CONTRIBUTION OF EIGHT NATIONAL EDUCATION STANDARDS TOWARDS. 20, 470–482.
Ar, A., Awaludin, R., Studi, P., & Informatika, T. (2017). No Title. 2(1), 12–21.
Untuk, K. K., & Pemulihan, M. (2021). ht ps:/ ain muly .b ogsp t c m/ lide-ba n st d r-ku i l m dan.ht. November.
Luis, F., & Moncayo, G. (n.d.). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title.
Kepala, K., Nasional, B., Bencana, P., Status, P., Tertentu, K., Bencana, D., Penyakit, W., Virus, A., Badan, K., Nasional, S., Operasional, P., Penyelenggaraan, S., Nasional, U., Pelajaran, T., Xvi, B. A. B., Dinas, P., Provinsi, P., Indonesia, S., Negeri, L., & Sma, U. N. (2020). Siaran Pers Badan Standar Nasional Pendidikan Tentang Usulan Pembatalan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2019 / 2020. 2020, 2019–2020.
https://mastiokdr.com/keputusan-kepala-badan-standar-kurikulum-dan-asesmen-pendidikan-tentang-capaian-pembelajaran-pada-pendidikan-paud-sd-smp-sma-dan-smk-pada-kurikulum-merdeka
https://uns.ac.id/id/uns-opinion/menguak-paradigma-baru-kurikulum-prototipe-2022.html#:~:text=Kurikulum%20prototipe%20merupakan%20kurikulum%20berbasis,sesuai%20dengan%20Profil%20Pelajar%20Pancasila.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v7i2.174-185
Article Metrics
Abstract view : 1445 timesPDF - 341 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.