PERAN PENGASUHAN AYAH TERHADAP MOTIVASI MENGHAFAL ALQURAN PADA ANAK DI TK ABA 2 KOTA PADANSIDIMPUAN

Adek Kholijah Siregar

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini  dilaksanakan untuk mengetahui apakah ayah juga berperan untuk memotivasi anak dalam menghafal Alquran. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1. Peran pengasuhan ayah terhadap motivasi menghafal Alquran pada anak TK ABA 2 Kota Padangsidimpuan, dan 2. Motivasi menghafal Alquran pada anak TK ABA 2 Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1. Peran pengasuhan ayah  terhadap motivasi menghafal Alquran pada anak  TK ABA 2 Kota Padangsidimpuan, dan 2. Motivasi menghafal Alquran pada anak TK ABA 2 Kota Padangsidimpuan. Untuk mencapai tujuan penelitian ini, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data kualitatif yaitu dengan melakukan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1. Peran pengasuhan ayah terhadap motivasi menghafal Alquran pada anak TK ABA 2 Kota Padangsidimpuan, adalah sangat jauh dari harapan karena kurangnya kesadaran para ayah untuk memotivasi anak menghafal Alquran  dan 2. motivasi menghafal Alquran pada anak TK ABA 2 Kota Padangsidimpuan adalah menurun karena anak tidak mendapat motivasi yang serius dari ayahnya dalam menghafal Alquran.

Keywords


Kata kunci: Peran pengasuhan, Ayah, motivasi, menghapal Alquran

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Agustini, R. R. 2018. “Pengaruh Reward terhadap Motivasi Belajar Akidah Akhlak Siswa di Min Sihadabuan Padangsidimpuan”. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman, 3(1).

Ahmad, A. 2017. “Peran Ayah pada Pengasuhan Anak Usia Dini dalam Keluarga di Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1).

A.M. Sardiman. 2005. “Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar”. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Asriyah, P. W., Taftazani, B. M., & Budiarti, M. (2016). “Peranan Orang Tua terhadap Perilaku Anak sebagai Pemirsa Televisi di Rumah”. Prosiding KS, 3(2). 155-291.

Darmawan, A. S., Hamid, D., & Mukzam, M. D. (2013). “Pengaruh Motivasi Kerja dan Kemampuan Kerja terhadap Kinerja Karyawan”. Jurnal Administrasi Bisnis, 1(1), 199-207.

Harahap, F. F. I. N. 2018. “Pengaruh Hasil Program Parenting dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Anak Usia Dini”. Al-Muaddib J. Ilmu-Ilmu Sos. Keislam, 3(1).

Hidayah, A. 2018. “Metode Tahfidz al-Qur’an untuk Anak Usia Dini (kajian atas Buku Rahasia Sukses 3 Hafizh Quran Cilik Mengguncang Dunia)”. Jurnal Studi Ilmu-ilmu Al-Qur'an dan Hadis, 18(1), 51-70.

Rofiq, A., & Nihayah, I. 2018. “Analisis Peran Keluarga dalam Membentuk Karakter Anak”.

Soekanto, Soerjono. 2012. “Sosiologi Suatu Pengantar”. Jakarta: Rajawali Pers,




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v6i2.346-352

Article Metrics

Abstract view : 95 times
PDF - 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.