MARKETING DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Aulia Rahman, Deery Anzar Susanti

Abstract


Perkembangan ekonomi Islam saat ini menganali peningkatan yang signifikan. Hal tersebut tentunya dapat dilihat dari perkembangan lembaga-lembaga yang menggunakan brand ekonomi Islam itu sendiri. Bila dilihat dari kaca mata keuangan, perkembangan ekonomi Islam saat ini masih dipegang oleh bank syariah, dapat dilihat dari pertumbuhan bank syariah yang dari tahun ketahunnya mengalami peningkatan. Selain bank syariah, kini juga banyak masyarakat yang mengembangkan usahanya dengan system syariah, seperti minimarket syariah, fashion syari’I, rumah makan halal, dan life stayle halal lainnya yang kini terus dikembangkan. Perkembangan ini tentunya tidak terlepas dari yang namanya system pemasaran yang digunakan, dalam mengenalkan maupun meningkatkan penjualan produk yang mereka tawarkan. Artikel ini akan membahas tentang system pemasaran yang harus diterapkan dalam perusahaan yang menggunakan system syariah,  pemasaran ini tentunya berbeda dengan system pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan konvensional

Keywords


Ekonomi Islam, Sistem Pemasaran Syariah

Full Text:

PDF

References


Damanik, C. S., Tasya, A., Pranata, R., & Harefa, Y. I. (Al-Sharf Jurnal Ekonomi Islam). Analisis Strategi Bisnis Untuk Memajukan Ekonomi. 1(1), 87-93.

Huda, N., Hudori, K., Fahlevi, R., Badrussa'diyah, Mazaya, D., & Sugiarti, D. (2017). Pemasaran Syariah Teori dan Aplikasi. Depok: Kencana.

Jasman, & Agustin, R. (2018). Strategi Pemasaran Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pedagang Di Pasar Tradisional) . Khozana, 1(1), 66-95.

Leli, M. (2019). Strategi Pemasaran Dalam Prespektif Islam. JURNAL AT-TASYRI’IY, 2(1), 27-43.

Ofera, D. Z., & Pradesyah, R. (2019). Pengembangan Pemasaran Produk Halal Dalam Peningkatan Pendapatan Masyarakat Kelurahan Jati Makmur Kecamatan Binjai Utara. Ihsan Jurnal Ekonomi Islam, 1(1), 1-9.

Pradesyah, R. (2020). Pengaruh Promosi Dan Pengetahuan Terhadap Minat Masyarakat Melakukan Transaksi Di Bank Syariah (Studi Kasus Di Desa Rahuning). AL-Sharf: Jurnal Ekonomi Islam, 1(2), 113-122.

Pradesyah, R., & Bara, A. (2020). Analisis Pembiayaan Usaha Di Bank Syariah. SCENARIO 2020 (pp. 604-609). Medan: Universitas Pembangunan Panca Budi.

Sahla, H. (2019). Konsep Pemasaran Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Pionir, 5(2), 57-61.

Tahlohding, S. (2015). Pemasaran Dalam Ekonomi Islam Studi Integrasi. Hukum Islam, 230-243.

www.ojk.go.id




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v6i2.308-314

Article Metrics

Abstract view : 3427 times
PDF - 861 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.