KAJIAN LITERATURE STRATEGI PEMASARAN PADA PERBANKAN SYARIAH

Alma Talitha Sitaremi

Abstract


Pentingnya strategi pemasaran dalam perbankan khususnya pada perbankan syar’iah sama seperti tujuan dari pemasaran sendiri yaitu menigkatkan kulitas dari produk, peningkatkan penjualan, menginformasikan tentang produk baru. Hal ini perlu adanya kajian lebih lanjut bagaiman pemasaran harus dibentuk atau dimana saya strategi pemasaran pebankan syari’ah yang sudah dilakukan, apakah bisa menjadi salah satu contoh untuk diterapkan pada cabang atau lembaga keuangan lainnya. Artikel ilni bertujuan untuk mengkaji strategi pemasaran pada perbankan syari;ah, sehingga dapat menjelaskan bagaimana strategi tersebut di terapkan dan menjadi sumber bacaan untuk pengelola perbankan syari’ah guna meningkatkankan strategi pemasarannya.  Penelitian ini menggunakan desain dalam bentuk studi literature. Didapatkan 6 artikel ilmiah yang dibahas. Dapat disimpulkan bahwa setiap bank mempunya strategi masing-masing mulai dari penawaran pada nasabah yang data di bank, Cross Selling, Via telephone, Pengajuan proposal dan sosislai ke lembaga pendidikan/perusahan, media sosial dan bisa menggunakan pembuatan segmentasi, targeting dan positioning serta marketing mix.  Selain itu, adanya pemasaran dapat meningkatkan kualitan dari pelayan sehingga nasabah bisa puas.


Keywords


Pemasaran, Perbankan, Syari’ah.

Full Text:

PDF

References


Ahmed, S., Mohiuddin, M., Rahman, M., Tarique, K. M., & Azim, M. (2021). The impact of Islamic Shariah compliance on customer satisfaction in Islamic banking services: mediating role of service quality. Journal of Islamic Marketing, ahead-of-print(ahead-of-print). doi:https://doi.org/10.1108/JIMA-11-2020-0346

Batubara, S., & Nasution, A. (2021). Strategi Pemasaran dan Upaya Menarik Minat Nasabah Pada Produk Tabungan Emas di PT. Pegadaian Syariah Unit Sadabuan Padangsidimpuan. Aghniya Jurnal Ekonomi Islam, 3(1), 1-14.

Jannah, B. R. (2021). Strategi pemasaran Produk "Tabungan UB Hijrah Rencana" pada PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk Kantor Cabang Pembantu Nganjuk. Artikel Ilmiah Universitas Hayam Muruk Perbanas, 1-18.

Martini, D. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Pembiayaan Murabahah Pada BRI Syariah KCP Ngawi. Skripsi, 1-85.

Mukaromah, H., & Rani, W. S. (2021). Analisis Marketing Mix Terhadap Produk Tabungan Pada Bank BRI Syariah KCP Kebumen. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 11(2), 225-236.

Rizal, S. (2013). Manajemen Marketing Perbankan Syariah. Retrieved Oktober 07, 2021, from http://blogger.com/blogger,g?blogid;7142469583975504551

Sari, N. (2012). Manajemen Marketing (Pemasaran) Produk Jasa Keuangan Perbankan dalam perspektif islam . Media Syariah, XIV(2), 199-211.

Zouari, G., & Abdelhedi, M. (2021, Februari 26). Customer satisfaction in the digital era: evidence from Islamic banking. Journal of Innovation and Entrepreneurship, 10(9). Retrieved from https://innovation-entrepreneurship.springeropen.com/articles/10.1186/s13731-021-00151-x




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v6i2.302-307

Article Metrics

Abstract view : 2488 times
PDF - 773 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.