STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KUALITAS BACAAN ALQURAN PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 5 LEMBAH MELINTANG

Septia Erisa

Abstract


Posisi Alquran sebagai pedoman hidup bagi setiap muslim akan terealisasi bilamana setiap muslim memiliki kemampuan untuk membaca dan memahami isi kandungan Alquran secara baik, jika tidak demikian maka petunjuk-petunjuk yang terdapat di dalamnya sulit untuk diamalkan dalam kehidupan. Kemampuan membaca Alquran peserta didik di SMP Negeri 5 Lembah Melintang secara umum masih tergolong rendah, begitu juga dengan lantunan ayat-ayat Alquran pada hari yang ditentukan tidak seperti yang terdapat pada lembaga lain. Oleh karenanya, penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana strategi yang dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi dan kualitas bacaan Alquran peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptip, data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi, semua data yang didapatkan dianalisis secara interaktif. Hasil penelitian ini ialah bahwa guru pendidikan agama Islam di SMP Negeri 5 Melintang meningkatkan motivasi belajar Alquran bagi peserta didik dengan memberikan reward dan punishment, sementara untuk meningkatkan kualitas bacaan Alquran, guru melakukan dengan cara penggunaan metode yang sesuai dengan dasar kemampuan peserta didik, media yang relevan dengan materi pembelajaran.


Keywords


kualitas bacaan Alquran, motivasi belajar Alquran, strategi

Full Text:

PDF

References


Abbas, Syamsu Nahar, and Mardianto. “Pembelajaran AlQuran Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Kota Medan.” Edu Religia 2, no. 4 (2018): 546–557.

Alim, Nur, Mahyudin Ritonga, and Mafardi Mafardi. “Korelasi Kegiatan Ekstrakurikuler Sanggar Al-Quran Dengan Hasil Belajar Al-Quran Hadits Di MAN 4 Pasaman Barat.” Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam 12, no. 2 (2020): 246–255.

Baihati, Listi, and Santika Lya Diah Pramesti. “Peningkatan Kemampuan Baca Tulis Al-Quran Mahasiswa PAI Melalui Program Matrikulasi BTQ.” TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 2 (2020): 29–38.

Caffyn, Rachel E. “Rewards and Punishments in Schools: A Study of Their Effectiveness as Perceived by Secondary School Pupils and Their Teachers.” School Psychology International 8, no. 2–3 (April 1, 1987): 85–94. https://doi.org/10.1177/0143034387082004.

Ching, Gregory S. “Looking into the Issues of Rewards and Punishment in Students.” International Journal of Research Studies in Psychology 1, no. 2 (2012): 29–38.

Dumiyanto, Eko Putut, Galang Baqiyudin, and M Arfin Basri. “Reward and Punishment in Online Learning PJOK of The Covid-19 Pandemic on Students of Karangwinongan State School, Mojoagung.” Widyagogik 9, no. 1 (2021): 34–47.

Fauziah, Reni, Mahyudin Ritonga, and Fitri Alrasi. “Korelasi Tsiqah Tahfidz Al-Qur’an Dengan Maharah Al-Lughah Al-‘Arabiyyah Mustawa Tsalits Ma’Had Az-Zubair Bin Al-Awwam.” El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA 19, no. 1 (2020): 25–36.

Gopinath, Deepak. “Discourses and Practices in Teaching Methods and Assessment: Insights from an Early Career Academic.” SAGE Open 5, no. 1 (2015): 1–6.

Harackiewicz, Judith M, Jessi L Smith, and Stacy J Priniski. “Interest Matters: The Importance of Promoting Interest in Education.” HHS Public Access 3, no. 2 (2016): 220–227.

Hidayat, Rahmat. “Strategi Pembelajaran Qirã’at Al-Quran.” Jurnal Pendidikan Islam 17, no. 2 (2012): 277–291.

Ismail. “Pelatihan Dan Pengajaran Baca Tulis Al- Qur ’ an Pada TK -TPA At-Taqwa Dalam Mengatasi Buta Aksara Qur’an Di Kelurahan Kambiolangi Ismail.” Maspul Jounal Of Community Empowerment 1, no. 1 (2019): 21–27.

Jabeen, Lubna, Nadeem Iqbal, Najib Haider, and Sajid Iqbal. “Cross Correlation Analysis of Reward & Punishment on Students Learning Behavior.” International Letters of Social and Humanistic Sciences 59 (2015): 61–64.

Kasmira, Ainun Jariyah, Melinda, and Maya Reski Tasman. “Peningkatan Kemampuan Membaca Alquran Melalui Metode Tajwid Card Pada Santri TK/TPA Nurul Iman Jalan Rappokalling Kelurahan Tammua Kec. Tallo.” Pena 2, no. 2 (2015): 329–338.

Kazi, MÜmtaz Ali. “The Concept of Scientific Knowledge in Islam.” Journal of Islamic Academy of Sciences 1, no. 1 (1988): 7–9. https://jag.journalagent.com/ias/pdfs/IAS_1_1_7_9.pdf.

Khaira, Mutia, Mahyudin Ritonga, and Syaflin Halim. “The Effectiveness of Scrabble Game Media in Improving Learning Outcomes.” Journal of Physics: Conference Series 1933, no. 1 (2021): 012128.

Khozim, Nur. “Strategi Pembelajaran Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an Santri Di Pondok Pesantren Al Fatich Surabayai.” IAIN Sunan Ampel Surabaya. IAIN Sunan Ampel Surabaya, 2010. http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/8274.

Komariah, Kokom, Herminarto Sofyan, and Wagiran. “Problem-Based Learning: Implementasi Dan Urgensinya Bagi Peningkatan Kualitas Pembelajaran.” Jurnal Kependidikan 3, no. 2 (2019): 207–219. https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/20792/pdf.

Mahdali, Fitriyah. “Analisis Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dalam Perspektif Sosiologi Pengetahuan.” Mashdar: Jurnal Studi Al-Qur’an dan Hadis 2, no. 2 (2020): 143–168.

Mariati. “Manajemen Pembelajaran Al-Qurâan Pada Sekolah Dasar Islam Terpadu Cabang Iii Ingin Jaya Aceh Besar.” Jurnal Pencerahan 6, no. 2 (2012): 64–74.

Nurlaili, Mahyudin Ritonga, and Mursal. “Muroja’ah Sebagai Metode Menghafal Al Quran Studi Pada Rumah Tahfiz Yayasan Ar-Rahmah Nanggalo Padang.” Menara Ilmu XIV, no. 02 (2020): 1–5.

Priyadi, Unggul, Syarif Nur Hidayat, and Aprillia Islamawati. “Peningkatan Mutu Pembelajaran Taman Pendidikan Al-Qur’an Dengan Pembuatan Kurikulum TPA.” Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan Seri Pengabdian Masyarakat 2, no. 3 (2013): 204–221. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/download/7879/6888.

Ritonga, Mahyudin, Fitri Alrasi, Bambang Bambang, Yoni Marlius, Sri Wahyuni, Elvia Susanti, and Vivi Lorenza. “Pedampingan Terhadap Tukang Ojek Muaro Panjalinan Padang Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran.” Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 5, no. 1 (2020): 9–18.

Ritonga, Mahyudin, Hendro Widodo, Munirah, and Talqis Nurdianto. “Arabic Language Learning Reconstruction as a Response to Strengthen Al-Islam Studies at Higher Education.” International Journal of Evaluation and Research in Education 10, no. 1 (2021): 355–363.

Sartika, Fitria. Redesain Kurikulum TPQ / MDTA Sebagai Lembaga Pendidikan Informal Dalam Membentuk Generasi Muslim. Edited by Mahyudin Ritonga. 1st ed. Padang: UMSB Press, 2020.

Sartika, Fitria, Elni Desriwita, and Mahyudin Ritonga. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PAI Di Sekolah.” Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum 20, no. 2 (2020): 115–128.

Sibanda, Lucky, Chux Gervase Iwu, and Olumide Henrie Benedict. “Factors Influencing Academic Performance of University Students.” Demography and social economy 2, no. 24 (2015): 103–115.

Srijatun. “Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Dengan Metode Iqro Pada Anak Usia Dini Di RA Perwanida Slawi Kabupaten Tegal.” Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam 11, no. 1 (2017): 25–42. http://journal.walisongo.ac.id/index.php/nadwa.

Suraijiah. “Strategi Pembelajaran Berbasis Ava (Audio Visual Aids ) Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Pada MIN Di Kota Banjarmasin.” Management of Education 1, no. 1 (2015): 84–93.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v6i2.272-283

Article Metrics

Abstract view : 267 times
PDF - 89 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.