FENOMENA ISLAM DAN MEDIA SOSIAL DI INDONESIA

Ahmad Ihsan Syarifuddin, Dzurrotun Afifah Fauziah

Abstract


Media sosial menjadi salah satu paradigma baru dalam masalah ekspresi keagamaan di Indonesia, di era industri teknologi komunikasi yang berkembang begitu pesat, media sosial tidak dapat dipisahkan dengan pengguna internet, kegunaannya yang beragam mulai dari saling bersosial, pencarian informasi berita, berjualan, memasarkan jasa, sampai dengan digunakannya dalam berdakwah keagamaan juga dapat ditemui. Tulisan ini akan membahas tentang dinamika ekpresi keagamaan di Indonesia yang didasari oleh realita fenomena Islam dan media sosial sekarang. Media sosial dapat memberikan dampak yang begitu luar biasa dalam penyampaian sebuah informasi terlebih dalam konteks keagamaan, semangat dan fanatisme yang berlebihan juga sangat mempengaruhi, sehinga ketergantungan warganet dalam bermedia sosial harus benar-benar dikontrol dalam mengaksesnya. Dari hasil kajian yang penulis lakukan sampai pada kesimpulan bahwa; perkembangan teknologi tidak bisa dihentikan karena memang keharusan, Sebenarnyan media sosial sangat efektif sebagai sarana dalam penyampaian sesuatu hal, hanya saja penggunaannya harus dengan cara yang baik dan bijaksana, tidak diskriminatif, konfrontatif dan provokatif. Sehingga perkembangan teknologi mampu benar-benar tepat sasaran. Peran keluarga, masyarakat dan pemerintah sangat diperlukan dalam problematika media sosial yang ada sampai hari ini.

Keywords


Islam, Media Sosial, Indonesia

Full Text:

PDF

References


Al-Ghazali. Muhammad, Fiqhus Sirah: Menghayati Nilai-nilai Riwayah Hidup Muhammad s.a.w., Penerjemah: Abu laila & Muhammad Tohir, (Bandung: Al-Ma’arif, cet ke-10, tanpa tahun.

Fajriani. Suci Wahyu, Hijrah Islami Milenial Berdasarkan Paradigma Berorientasi Identitas. Sosioglobal: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Sosiologi, Vol. 3 No. 2, 2019.

Hatta. M., Media Sosial sebagai Sumber keberagamaan Alternatif Remaja dalam Fenomena Cyberreligion, Jurnal Kajian Dakwah dan Kemasyarakatan, Vol. 22, No. 2, 2018.

Hosen. Nadirsyah, Tafsir al-Qur’an di Medsos: Mengkaji Makna dan Rahasia Ayat Suci pada Era Media Sosial, Yogyakarta: PT Bentang Pustaka, 2018.

Ilaihi. Wahyu, Komunikasi Dakwah, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.

Machmud, Adat Istiadat Dalam Kehidupan Bermsyarakat, Jakarta: Balai Pusataka 2007.

Pondia. Hendri, Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Jakarta: Erlangga, 2004.

Saputra. Eddy, Dampak Sosial Media Terhadap Sikap Keberagamaan Remaja dan Solusinya Melalui Pendidikan Islam, Jurnal SOSISO-E-KONS, Vol. 8, No. 2, 2016.

Wahidin. Asep, Jaringan Komputer untuk orang Awam. Palembang: Maxicom, 2014.

Damar. Agustinus Mario, Pengguna Internet Di Iindonesia Tembus 134 Juta. diakses dari https://www.liputan6.com, pada tanggal 29 Desember 2020.

Herman, Indonesia Masuk Lima Besar Pengguna Twitter, diakses dari https://www.beritasatu.com, pada tanggal 29 Desember 2020.

Riyanto. Andy Dwi, Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2020. diakses dari https://andi.link, pada tanggal 02 Januari 2021.

Ubaidillah. M. Faruq, Sesekali lagi hijrahmu bukan hijrah palsu, diakses dari https://kumparan.com, pada tanggal 03 Januari 2021.

Yudhianto, Smartfren: Kami Sekarang Rajanya MiFi, diakses dari https://www.detik.net, pada tanggal 29 Desember 2020.

Yusuf, Kominfo Temukan 1.401 Sebaran Isu Hoaks terkait Covid-19, diakses dari https://aptika.kominfo.go.id/, pada tanggal 29 Desember 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v6i2.185-198

Article Metrics

Abstract view : 430 times
PDF - 149 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.