POLA ASUH KELUARGA JAMA’AH TABLIGH DALAM MEMBINA KELUARGA SAKINAH

Ana Rosyidatu Ummatin, Rini Agustini, Dedi Yuisman

Abstract


Pola asuh atau pendidikan dalam keluarga memiliki nilai strategis dalam pembentukan kepribadian anak. Sejak kecil anak sudah mendapatkan pendidikan dari kedua orang tuanya melalui keteladanan dan kebiasaan hidup sehari-hari dalam keluarga. Baik tidaknya keteladanan yang diberikan dan bagaimana kebiasaan hidup orang tua sehari-hari dalam keluarga akan mempengaruhi perkembangan jiwa anak. Keteladanan dan kebiasaan yang orang tua tampilkan dalam bersikap dan berperilaku tidak terlepas dari pengamatan anak. Meniru kebiasaan orang tua adalah suatu hal yang sering anak lakukan, karena memang pada masa perkembangannya, anak selalu ingin menuruti apa-apa yang orang tua lakukan. Dakwah bi al-hal biasa dilakukan oleh jamaah tablig di dunia, mereka keluar dari rumah-rumah mereka dan kemudian mendakwahkan Islam dengan konsep al-khuruj. Konsep pencariaan jati diri melalui khuruj tersebut ternyata digunakan pula dalam membentuk keluarga sakinah. Pola asuh yang diterapkan orang tua dalam keluarga Jama‘ah Tabligh adalah keteladanan, ta’lim rumah, mengajak anak-anak keluar (khuruj), menyekolahkan anak di pondok pesantren, dan melakukan usaha batin (Infirodi). Pola asuh ini sangat berdampak bagi pendidikan agama anak. Faktor keberhasilan pendidikan agama anak adalah keimanan, ekonomi, kesungguhan, latar belakang pendidikan orang tua, dan lingkungan.


Keywords


Pola Asuh, Jama’ah Tabligh, Keluarga Sakinah

Full Text:

PDF

References


Alquran dan Terjemahan. Surabaya: PT. Al-Hidayah. t.t.

Abdul Aziz Dahlan (ed). Suplemen Ensiklopedi Islam. Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoeve, Cet. 9. 2003.

Abdullah Naashih ’Ulwan. Tarbiyatul Aulaad Fil Islaam. t.t.p: Darussalam li ath-thibaa’ah wa an-Nasyr wa at-Tauzi’, t.t, Juz. I - II.

Abdurrahman Ahmad as-Sirbuny. Mudzakarah Masturat. Cirebon: Pustaka Nabawi, 2009.

Abu ‘Abdullah Muhammad ibn Isma’l al-Bukhori. Al-Jami’ Ash-Shahih. al-Qahirah: Mathba’ah Salafiah, Juz 1, 1400 H.

Abu Muhammad Ahmad Abduh. Kupas Tuntas Jamaah Tabligh 1. Bandung: Khoiru Ummat, Cet. I, 2008.

Afifuddin dan Beni Ahmad Saebani, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia, Cet. II, 2012.

Ahmad Syafii Mufid. “Faham Islam Transnasional dan Proses Demokratisasi di Indonesia”. Harmoni: Jurnal Multikultural & Multireligius, Vol. III, No. 31, April-Juni 2009.

al-Imam al-Hafiz Muhammad ibn Isa ibn Saurah at-Tirmizi. Sunan at-Tirmizi. Riyad: Maktabah al-Ma’arif li an-Nasyr wa at-Tauzi’, cet. I, t.t.

AN. Ubaedy. Cerdas Mengasuh Anak: Panduan Mengasuh Anak Selama Periode “Golden Age”. Jakarta: KinzaBooks, 2009.

Ani Siti Anisah. “Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Terhadap Pembentukan Karakter Anak”. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, Vol. 5, No. 1, 2011.

An-Naddhr M. Ishaq Shahab. Khuruj Fi Sabilillah: Sarana Tarbiyah Ummat Untuk Membentuk Sifat Imaniyyah. Bandung: Al-Ishlah Press, t,t.

Anonim. Direktori Kasus-Kasus Aliran, Pemikiran, Paham, dan Gerakan Keagamaan di Indonesia. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama, 2010.

Aunu Rofiq Djalani. ”Teknik Pengumpulan Data dalam Penelitian Kualitatif”. Majalah Ilmiah Pawiyatan, Vol. XX, No. 1, Maret 2013.

Basidin Mizal. “Pendidikan dalam Keluarga”. Jurnal Ilmiah Peuradeun, Vol. 2, No. 3, September 2014.

Bety Bea Septiari. Mencetak Balita Cerdas dan Pola Asuh Orang Tua. Yogyakarta: Nuha Medika, 2012.

Binti Qoni’ah. “Pendidikan Anak dalam Perspektif Hadis”. Disertasi, Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidyatulllah Jakarta, 2007.

Budimansyah. “Gerakan Jama’ah Tabligh Dalam Tinjauan Maqashid Al-Din”. Al-‘Adalah, Vol. X, No. 3 Januari 2012.

Daar an-Nadwah al-‘Aalamiyah li asy-Sabaab al-Islamy. al-Mausu’ah al-Muyassarah fii al-Adyaan wa al-Madzaahib wa al-Ahzaab al-Mu’aashirah. Ar-Riyaadh: Daar an-Nadwah al-‘Aalamiyyah li ath-Thibaa’ah, 1420 H / 1998 M.

Didi Junaidi. “Memahami Teks, Melahirkan Konteks: Menelisik Interpretasi Ideologis Jamaah Tabligh”, Journal of Qur’an and Hadits Studies, Vol. 2, No. 1, 2013.

Dindin Jamaluddin. Paradigma Pendidikan Anak Dalam Islam. Bandung: CV. Pustaka Setia, 2013.

Djam’an Satori dan Aan Komariah. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta, 2011.

Elmanora, dkk. “Gaya Pengasuhan dan Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Sekolah pada Keluarga Petani Kayu Manis”, dalam Jurnal Ilmu, Keluarga dan Konseling, Vol. 5, No. 2, Agustus 2012.

Eva F Nisa. “Insight Into the Lives of Indonesian Female Tablighi Jama’at”. Modern Asian Studies, Vol. 48, No. 2, 2014,

Farish A Noor. Islam on the Move: The Tablighi Jama’at in Southeast Asia. Amsterdam: Amsterdam University Press, 2012.

Muhamad Bisri Mustofa Hukum Nafkah Terhadap Keluarga Pada Gerakan Dakwah Jamaah Tabligh, NIZHAM, Vol. 07, No. 01Januri-Juni 2019.

Siti Zulaiha : Jamaah Tablgh dalam Perspektif Psikologis, Fokus : Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan, Vol.1, No. 02, 2016, hal. 103.

A.M. Ismatullah, Konsep Sakinah, Mawaddah dan Rahmah Dalam Al-Qur’an ( Perspekif Penafsiran Kitab Al-Qur’an dan Tafsirnya), Mazahib; Jurnal Pemikiran Hukum Islam, hal.66.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v6i1.109-125

Article Metrics

Abstract view : 1069 times
PDF - 332 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.